Enak Gak Tinggal di Belanda? Nyesel Pindah dari Swedia?

Sekarang 3 Juli 2020, berarti udah sembilan bulan kami tinggal di Eindhoven Belanda, sembilan bulan meninggalkan Gothenburg-Swedia, tempat kelahiran kedua putri kami.

Gimana rasanya sembilan bulan ini tinggal di Eindhoven? Kangen Swedia gak? Nyesel pindah?

Hem hem hem..

Sebenernya dari awal mau pindahan juga saya mah ga gitu sedih sih.. Tahu akan kangen sama beberapa hal dari Gothenburg, secara kan udah lima tahun disana pasti lah ada memori. Tapi yang lebih dominan bukan sedih-sedihannya sebenernya, melainkan rasa excited! Excited sama tempat baru nanti (ya Eindhoven sekarang ini)

Walau katanya mah Eindhoven kota industri alias gak banyak destinasi turis yang bisa dikunjungi, terus kalo dari Indo harus landing di kota lain dulu (Amsterdam) gak bisa langsung wuss sampe rumah kayak pas di Gothenburg.. tapi tapi tapi.. Nyatanya tetep saya excited aja bawaannya..

Dan ternyata gimana kah? Apakah excitement itu beneran berbuah manis ataukah bertepuk sebelah tangan?

Awal pindahan banget waktu belum kenal siapa-siapa sih sempet ngerasa 'homesick', sempet ngerasa sedih dan kangen Swedia aja.. Walopun gak banyak temen juga sih di Gothenburg, tapi walaupun secara kuantitas sedikit orang kitanya, saya mah ngerasa udah kaya keluarga aja. Bahkan sampe sekarang juga masih kontakan..

Tapi setelah akhirnya mulai satu per satu kenalan sama beberapa orang, terutama dari sesama istri perantau (mostly student S3) dan juga ibu-ibu pengajian (kalo ini kebanyakan mukim), alhamdulillah hari saya pun kembali ceria. MasyaAllah seneng banget ternyata orang indo di Eindhoven itu banyak sekali dan guyub.

Disinilah saya bisa ketemu sesama orang indo bahkan kadang seminggu 1-2 kali, baik diacara pengajian atau meet up santai aja (sebelum neng coro melanda ya tentu). Disini juga saya bisa merasakan nikmatnya masakan indonesia baik dari suguhan para teman baik hati, bertukar makanan, bahkan juga banyak bahan makanan indo, open PO masakan jadi, sampai online store masakan indonesia. Di Eindhoven juga saya merasakan bisa tetanggaan langsung sama sesama orang Indonesia, hal yang hanya dalam mimpi mungkin yah bisa terjadi di Swedia.

Di Belanda ini juga saya menemukan nikmatnya bersepeda. MasyaAllah ternyata sepedahan santai itu seasik itu ya, kaya menenangkan banget terutama karena pemandangannya cantik dan udaranya bersih. Langit biru, aneka pepohonan rindang, dan di bingkai rumah-rumah menggemaskan khas belanda bikin saya betah sekali bersepeda disini.

Alhamdulillah 'ala kulli hal..

Downside-nya sih so far hanya 2.. yang pertama adalah tentang betapa bedanya karakter bule londo dan swedia. Jujur kangen sih sama lembut dan pemalunya bule swedia. Berbeda dengan kebanyakan bule londo yang tipenya lebih bold. Mereka baik banget juga ko, cuma ya beda adat istiadat aja mereun..

Nah kedua, urusan housing.
Kita disini masih di rumah yang super sempit heu.. sungguh kadang kasian liat anak-anak terbatas ruang geraknya, mau naro apa-apa tuh mikir banget, kayaknya baru kali ini deh ngerasain yang namanya sebingung itu nambah barang karena bener-bener space limited pisan :" Padahal rumah kita di Swedia juga gak besar, tapi di Belanda ini lebih menciut lagi wkwk. Ya nasib kota industri itu lah, housing shortage itu bener2 dah.. Sekalinya ada ya harganya ga manusiawi.. Ini aja rent kita udah 2x harga apartemen di Swedia untuk ukuran berkurang hampir setengahnya, bayangkanlaah.

Semoga bisa dapat tempat yang lebih lapang lagi.. Ku emang ga terlalu suka housing gede, tapii ya gak yang terlalu cimit juga :" Semoga ya Allah berikan housing yang lapang, strategis, tetangganya baik, kids friendly, tapi tetep bisa nabung sesuai bahkan lebih dari target, aamiin.. Kalaupun ternyata kata Allah yang terbaik disini aja, semoga Ia lapangkan hati kami (saya tepatnya) dalam menerima dan menjalaninya.. Enak kok rumah sekarang, isinya cukup modern dan lengkap, cuma urusan space nya itu ajaa. Kalo cuma berdua paksu sih ini udah more than I can ask banget

(update>> kami udah dapet housing baru! doakan pindahan lancar yaa..
lebih lengkapnya bisa dibaca disini= Pindah Apartemen?)

Jadi kesimpulannya apa? Kalo ditimbang si alhamdulillah malah bersyukur banget sekarang kita di Belanda. Hidup lebih semarak, berwarna, lebih punya social life, lebih dekat dengan bau2 indonesia.. Pasti ga 100% sempurna namanya juga masi di dunia ya kan.. Tapi alhamdulillah ga nyesel sejauh ini si. Termasuk bersyukur pernah ngerasain dulu juga tinggal di Swedia. Karena tiap tempat memberikan pengajaran masing-masing yang insyaAllah sudah Ia rancang sedemikian rupa untuk pas dengan kurikulum kehidupan kita sebagai hamba..

Terima kasih ya Allah atas segala nikmat dan pembelajaran yang Kau berikan :)

Lovely Eindhoven, 3 Juli 2020

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia