Sunday, February 11, 2018

Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day10

Penanaman materi hari ini melalui buku. Sebelum tidur, kita kaca buku ''Halo Balita; Aku Belajar Menabung". Ceritanya tentang Saliha yang mau beli buku baru, tapi perlu nabung dulu. Sayangnya Saliha keterusan jajan jadi jarang nabung. Setelah diingetin Bundanya, akhirnya nabung lagi deh dan jadi kebeli bukunya.

"Asiyah kalo punya uang banyak mau beli apa?"

*berpikir sejenak*

"Mau beli jus!!"

Hihihi..

Barakallahu fiik..

*Dede maryam masi bapil, hiks, semoga cepat sembuh, mohon doanya ^^

#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Friday, February 9, 2018

Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day9

Ketinggal sehari dokumentasinya, heu. Gapapalah. Qadarallah, anak-anak lagi abis gantian sakit. InsyaAllah sebentar lagi fit semua ya, aamiin.

Asiyah mupeng berat main keluar hari ini. Setelah hampir seminggu 'dikarantina' alias dirumahkan karena bapil (dan suhu diluar lagi minus terus). Jadilah dibolehin main tapi di halaman belakang aja. Boneka Panda diajak juga sambil gegayaan main Pulka. Dede Maryam masih bapil jadi ga ikutan, sama Bunda aja liatin dari dalam rumah.

Hari ini review aja tentang materi rezeki. Serunya hari ini Asiyah bantuin potong tahu di dapur, hehe. Tapi malah dicomot-comot duluan padahal kan belum dimasak haha.

Terus main celengan lagi. Asiyah banyak ciptain permainan sendiri hari ini saat Bunda sibuk di dapur. Misal susun-susun buku, tapi disusunnya selang-seling gitu hadap depan belakang hihi. Serius pisan lagi. MasyaAllah..

Terus murojaah sampai ad-dhuha, kadang ganti-gantian satu ayat-satu ayat sama Bunda biar tetep semangat.

Asiyah sebut-sebut tentang es krim hari ini, tapi tahu lagi dibatasi makan manis-manis jadi ga sampe minta banget. Kasihan sih tapi ya gimana kata dokter gigi begitu. Disini para dokter gigi begitu telaten banget meriksain dan menjaga gigi anak. InsyaAllah untuk kebaikan ya nak. Sesekali boleh nanti insyaAllah..

#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day8

Hari ini temanya tentang 'Hujan' sebagai rezeki dari Allah. Rezeki untuk siapa aja? Pohon (dan tumbuhan), hewan-hewan, dan manusia juga. Melalui gambar dan cerita.

Bunda gambar-gambar pake spidol (yang bisa dihapus) di jendela sambil kita memandangi salju di luar.

Namanya anak-anak, kadang ada aja pengen main keluar tapi ga saya kasih karena hujan. Nah, semoga melalui penanaman materi ini, image hujan adalah baik. Jadi kalo ada hujan kita senang, berdoa, tahu kalo hujan adalah rezeki.

Kapan-kapan hayuk mandi mandi hujan juga, asal ga pas winter begini ya hehe.

Sorenya Asiyah main 'celengan' lagi alias alias masukin beads boardgame Ayah ke celengan.


Barakallahu fiik..

#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial


Tuesday, February 6, 2018

Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day7

Hari ini pembahasan tentang rezeki masih seputar dialog juga, dan pembiasaan mengucap 'hamdalah' tiap abis makan atau dapat nikmat. Perlu sering-sering dilatihkan, Bundanya juga dalam mencontohkan. Heu bener yaaa ngajarin anak teh sama dengan ngajarin diri sendiri.. MasyaAllah..

Terus saya ajak main celengan lagi, Asiyahnya ga mau, "kan udah penuh Bunda". Hahahaha. Yowes..

Jadilah hari ini kita bikin cookies sama-sama aja. Resep yang dulu pas Asiyah (menjelang dua tahun) pernah dibuat juga dari buku perpustakaan. Resep kesukaan ini, simpel dan rasanya pas.

baca juga: Resep Volcano Cookies

Kalo dulu Asiyah bantunya cuma dibagian bolong-bolongin cookies, sekarang udah lebih berpartisipasi mulai dari masukin bahan-bahan (plus ngemilin gulanya), dan ngaduk dikit. Dari awal sampe akhir masih stay di dapur, ga ngibrit di tengah-tengah kayak dulu pas masi piyik hahaha.

Barakallahu fiik..

#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial


Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day6

Asiyah di usia 3 tahun 3 bulan ini (tentunya) belum ngeh sama uang. Sebatas tahu kalo mau beli-beli pake uang. Tapi belum ada hasrat banget mau beli sesuatu jadi perlu uang/nabung. Jadi kegiatan menabung itu motivasinya belum untuk konsep ''biar uangnya banyak untuk bebelian", tapi karena dia suka aja masuk-masukin koin (atau apapun yang muat) ke dalam celengan.

"Asiyah, kita bikin celengan yuk."

*Asiyah menatap dengan bengong beberapa detik*

"Biar bisa nabung, nanti kita masukin koin ke dalemnya."

Tiba-tiba anaknya antusias banget, langsung beranjak dari kursinya dan lompat-lompat kegirangan siap memulai aktivitas.

Yes! Alhamdulillah. Kalo anaknya udah 'engage' begini baru nendang, ga perlu dianggurin  padahal-emak-udah-siapin-prakarya.

Nah, kali ini kami bikin celengan dari toples bening bekas astor aja. Bolongin atasnya pake pisau.

"Yeeay! Asiyah senang main sama Bunda. Asiyah main sama Bunda." Kata Asiyah sambil dilagukan, tanda suasana hatinya riang.

Setelah celengan artistik(?) itu rampung, ia pun mengisinya dengan antusias.. pake.. mainan boardgame :))

Asiyah manjat rak buku untuk ambil kantong beads dan kartu kecilnya boardgame 'carcassone' punya Ayah, dan sepenuh hati mau masukin mainan itu ke dalam toplesnya.

Hahaha, duitnya mah ga penting ya naak. Yang penting bisa nyemplung-nyemplungin mainan. Baiklahh, anggap saja latihan motorik halus :))

Sambil Bunda sisip-sisipkan melalui dialog konsep menabung (yang anaknya belom tertarik, da belom banyak butuh/tertarik sama benda-benda). Ke toko mainan aja masih bisa lempeng ga ngarep apa-apa. Malah kita yang nawar-nawarin mainan (buat memastikan kalo dibeliin bakal dimainin). Dia lebih fokus sama mainin apa yang ada disana, belom terlalu peduli sana konsep bisa dibeli dan dibawa pulang. Kalo ada benda yang Asiyah pengenin banget itu adalah.... es krim! :")

Nanemin konsep nabung ke anak 3 tahun aja begini, apalagi ke 5 bulan yha.. hehehe. Dede Maryam masih edisi menikmati dulu aja rezeki yang Allah beri melalui menyusui dan pengasuhan ya naak..

Alhamdulillah 'ala kulli hal..

Barakallahu fiik..




#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial