Refleksi Pengalaman Mengasuh Bayi 0-3 Bulan

Dalam tujuh tahun terakhir, (tak terasa) sudah tiga bayi Allah percayakan dalam asuhan kami. Sedikit banyak, ada beberapa hal yang ingin saya refleksikan dari masa-masa pengasuhan ini. Di bagian ini khusus masa 0-3 bulan dulu, yang kata orang-orang masa paling “sulit”. 

Disclaimer= Tiap bayi bisa berbeda yaa. Ini refleksi dari ngasuh bayi-bayi saya semata. Endingnya tetap kudu sesuaikan dengan karakter bayi dan intuisi masing-masing ibu. Semoga bermanfaat!

- Tiap Anak Punya Karakter Sendiri

Memang sih sebagai bayi mereka cuma bisa nangis, tapi cara merespon terhadap rangsangan luarnya bisa berbeda antar bayi. Ada yang gampang banget nangis dan sekalinya nangis stereo, pas gedean baru ketauan ternyataa memang hatinya lembut dan peka. Begitu juga ada yang gampaang banget diasuhnya alias easy baby, ternyata memang pas gedean keliatan anaknya strong dan lebih selow. 

Satu yang pasti, pada fase newborn dan infant (0-6bulan) keinginan bayi adalah kebutuhan bayi. Syaraf mereka masih semuda itu, belum bisa pura-pura apalagi manipulasi(?). Semakin muda bayi, maka semakin “udah lah mak ikutin aja maunya”, just do what works for her/him. Kalo perkataannya Ali bin Abi Thalib RA kan masa 0-7tahun anak ibarat raja, nah maka pas newborn itu udah raja kuadrat. Jangan coba-coba melawan keinginan ‘raja’ mak :D Segala mata tujukan padanya deh pokoknya bikin mereka senyamaan mungkin

- Fase 2-3 minggu pertama 

Di fase ini bayi cenderung mudah tertidur, kayak ada filter aja di pendengarannya. Belum terlalu terganggu sama stimulus luar. Disusuin dikit langsung (ke-)tidur(-an). Dengan catatan bayi sehat (gak kembung dkk) dan proses persusuan lancar ya. 

- Fase 3-10minggu

Nah ini periode transisi nih, bayi lagi tahap mengembangkan awareness dan respon terhadap dunia luar. Ini fase yang bagi saya (paling) menantang karena bayi gampang banget overstimulated. Kalo di dunia barat istilahnya bisa ada “witching hour”, alias rewel di waktu-waktu rutin (biasanya menjelang maghrib). Gak pasti tiap bayi ngalamin sih, bayi saya pun ada yang gak mengalami sama sekali. Kakak Asiyah bayi itu ada jam rewelnya dulu mulai jam 8 - 10 malam (kadang maks jam 11 malam). Kalau Uni Maryam sama sekali gak ada (tapi saya jagain banget tidurnya tiap abis maghrib udah di kamar gak terganggu). Sedangkan Baby Salman ada dulu tiap jam 4 - 6 sore tapi gak selalu nangis kadang gelisah aja, atau nangis pun sebentar. 

Kalau yang saya perhatikan itu karena bayi capek / overstimulated tapi syarafnya belum cukup matang untung menanganinya. Biasanya ditandai bayi gelisah (atau bahkan nangis kenceng) tapi diapa-apain serba salah. 

Biasanya perlahan hilang sendiri seiring jadwal yang teratur dan kemampuan orang tua membaca bayi makin baik. Kalo di saya si sebisa mungkin selalu biasakan bayi bangun di jam yang sama tiap pagi, pola tidurnya akan terbantu kebentuk nantinya.

Di usia sekitar 6-8minggu biasanya bayi sudah mulai bisa senyum sosial.  Nah perlahan tapi pasti hari-hari ibu makin ceria deh dikasi senyum polos surgawinya :D

- Fase >10 minggu

Jelang 3 bulan bayi sudah makin menyenangkan dan syarafnya semakin matang. Tetep ya masih berpotensi nangis goak-goak kalau telat handle sinyal/cues-nya. 

Kalo bisa saya simpulkan, sebenarnya hari-hari awal bersama bayi itu adalah tentang orang tua belajar mengenali anak, dan anak belajar mengkomunikasikan keinginannya serta belajar sabar dengan respon orang tua.

Kelarnya kapan watak anak keliatan? Dalam sepengamatan saya sih biasanya sekitar dua tahun keping mozaik diri anak mulai jelas, wataknya gimana mulai kebaca. Puzzle-nya dimulai dari baru lahir bahkan dari pas hamil.

Beberapa tips menjalani masa newborn=

- Take Your Time to Heal

Saya dengan sengaja mematok waktu dua minggu pertama sebagai zona saya banyak di kasur demi pemulihan rahim, padahal alhamdulillah gak ada sobekan perineum. Tapi namanya udah melahirkan tiga kali, rahim dan otot sekitarnya perlu waktu untuk pulih. Biarin dikata manja kek, males kek, sabodo. Badan-badan kita ya. Kalo pas tua otot pelvis (bener gak sih namanya ini) lemah jadi gampang beser emang netijen mau tanggung jawab?

Lalu saya juga mematok zona aman kedua yakni 40 hari untuk kembali ke ritme tugas domestik sehari-hari. Jadi saya dengan sadar dan bangga akan tidak mengerjakan beberapa tugas domestik dan mendelegasikannya ke orang lain (alias pak suami secara di rantau ya mak). Diantaranya suami yang akan handle morning routines (atur anak-anak yang gede ke toilet, siapin sarapan, buang sampah). Sedangkan saya akan fokus urus bayi sahaja, mandi pagi dengan tenang dan tahu-tahu sarapan udah siap aja hehe (makasi Ayah sayang ❤️)

Ini bukan waktunya berbangga-bangga banyak-banyakan kerja. Fokus utama di 40 hari pertama bagi ibu (menurut saya) adalah urus bayi. Itu udah cukup menyedot hari, waktu, dan tenaga. Sisanya biarkan dengan sadar di take over orang lain dulu. 

Hal ini penting menurut saya. Dengan ngasih jeda waktu “libur” itu selain bisa istirahat untuk pemulihan, sebenarnya justru kita jadi ada tenggat waktu kapan akan kembali ON lagi. Kalo dibiarin capek babak belur dari awal takutnya yang ada malah gak prima berlarut-larut. 

- Kerjasama dengan Pasangan

Kehadiran pak suami yang sangat sigap kerja sama juga masyaAllah sangat meringankan hari-hari. Walau udah kerja seharian beliau tetap handle aneka kerjaan rumah kayak cuci piring, cuci baju, mandiin kakak-kakak, weekly deep cleaning nyapu ngepel serumahdkk (lah banyak banget ya 🙃).  Barakallahu fiik ❤️  

- Pastikan bayi selalu dalam kondisi NYAMAN. Apa aja ceklistnya?

>> Perut tidak lapar. Kalo saya biasanya susuin segera setiap setelah bangun tidur (termasuk tiap bangun tidur siang ya). Biasanya pas bangun tuh mereka lebih bisa nyedot optimal. Sisanya sesuai kemauan bayi (nursing on demand).

>> Pakaian nyaman dan tidak kedinginan/kepanasan

Selama dua-tiga bulan pertama saya pakeinnya sleepsuit alias piyama terus hampir tiap hari. Saya suka sleepsuit yang one piece gitu yang nyambung atasan sampai ke celana nutup kaki. Setelah atau menjelang tiga bulan baru deh siang pake atasan-bawahan (sebanyak mungkin permukaan tubuh terbuka untuk stimulasi) dan malamnya baru pakai sleepsuit. Malam pakai sleepsuit (bukan celana) biar enak perutnya ga ketekan-tekan.

Kalau di Belanda diajarin seminggu pertama itu SETIAP ganti popok suhu badan bayi diukur pakai termometer. Caranya dicolok ke bokongnya, bukan ditempel di ketiak ya. Range normal 36,5-37,5 c. Kalau suhu dibawah 36,5c berarti bayi kedinginan, kasih topi dan tambah layer baju. Kalau suhu diatas 37,5c artinya bayi kepanasan, segera lepas topi dan kurangi layer baju. Di pekan kedua dan kalau suhunya udah stabil terus, tinggal pagi dan sore aja cek suhunya. Pekan ketiga udah ga perlu lagi.

>> Stand by gendongan nyaman. Di saya kepake intens biasanya sejak bayi usia dua minggu. Saat ia mulai aware sekitar. Dalam gendongan dia bisa tidur lelap (kadang bisa bobo siang 3-4 jam) dan kerjaan rumah tetap beres. Menggendong bayi posisi m-shape juga sangat baik di usia ini biar otot leher bayi makin kuat, dan sebagai rangsangan vestibular cikal bakal motorik kasar.

- Pastikan supply makanan rumah terjaga

Saya melalukan meal prep di tiap akhir pekan untuk meringankan tugas sehari-hari. Jadi gak perlu lagi masak berat tiap hari. Tinggal angetin makanan aja menjelang waktu makan. Ini kebantu banget kalau pas bayi lagi rewel yang biasanya rentan di menjelang maghrib alias deket jam makan malam keluarga. Menjelang tiga bulan saya udah bisa lebih longgar weekly meal prep-nya karena bayi udah lebih mature.

- Siapin diri untuk contact sleep di 40 hari pertama

Bayi newborn itu kan masi fragile ya. Kadang bisa pencernaannya belum terlalu matang lah (jadi reflux), terganggu refleks sendiri lah, dsb. Maka di 40 hari pertama itu saya akan sebisa mungkin ikut tidur saat bayi tidur dan siapin diri kalau akan tidur nempel bayi. Selain untuk jaga stamina, seringkali baby bobo nyamannya sambil dipeluk (kepala diatas lengan atas ibu/ di dada).

- Siapin white noise machine 

Ini membantu meningkatkan kualitas tidur bukan hanya bayi tapi juga ibu sih. Kadang kan sering tu kebangun nyusuin, terus keganggu jadi susah merem lagi. Nah karena ada white noise jadi lebih gampang masuk ke fase tidur lelap lagi, membantu ibu gak wide awake pas abis nyusuin. 

Pas zaman Kakak Asiyah dan Uni Maryam kami pake yutub aja, tapi sekarang beli alatnya kecil 20euro, works wonderful 👌 Kami suka nyalain suara air mengalir. Sangat ngaruh buat kenikmatan tidur sekeluarga.

- Ikut tidur siang setidaknya di 40 hari pertama

Di masa ini krusial bagi ibu untuk istirahat juga. Sebisa mungkin tiap siang tidur siang antara 2jam atau power nap 20 menit. Setelah 40 hari si saya udah jarang tidur siang, alhamdulillah udah seger aja (dan gak sempet juga karena udah mulai balik handle kerjaan domestik).

Banyakin juga makan bergizi biar ASI berkualitas, dan makanan enak biar ASI lancar keluarnya. Apalagi kalo bisa makan bernutrisi dan disukain, combo deh dapetnya hehe. Saya suka sekali meniatkan kurma dan susu almond untuk nutrisi dan kelancaran ASI.

- Know (and Set) Your Limit, and Prioritize

Kondisi internal dan support eksternal tiap orang berbeda-beda ya. Maka kenali batas diri. Pas zaman Uni Maryam (bayi nomer 2) itu sepanjang siang saya banyak lowong karena Kakak Asiyah sekolah sampai sore. Saya bisa bebas ngeblog, beberes, masak, dkk. Sedangkan di zaman Baby Salman (bayi nomer 3), sepanjang siang saya akan juga mengasuh dua kakaknya (yang mana lagi pandemi ya Bund banyak di rumah aja / sekolah online). Maka saya berdamai dengan diri sendiri. Dengan sadar menerima kalo emang malem udah capek maka saya gak ngoyo ngejar “produktivitas” diri. Kebukti kan blog baru mulai keisi menjelang tiga bulan haha. Sedangkan pas zaman Uni Maryam itu rajin bener langsung itungan hari udah ngepost tiap hari.

Lakukan aja apa yang dibisa dengan nyaman. Sisanya yang “belum kepegang”, relakan dulu dengan sadar. Hargai diri sendiri, grace ourselves. We’re doing a BIG thing afterall, taking care of little humans. 

Sekarang saya membatasi untuk tidur teratur. Kalo di saya itu tidur jam 9 optimal, jam 10 okey lah,  jam 11 malam batas banget. Tidur malam diatas jam itu, sejauh yang saya rasakan di badan sendiri, bakal bikin kepala pusing dan mood berantakan karena badan ga optimal istirahatnya. Maka saya memprioritaskan istirahat cukup (demi bisa jadi istri dan ibu yang lebih fungsional) daripada menggeber ini-itu yang sebenarnya diluar tugas utama saya (sebagai istri dan ibu).

Kayaknya segitu dulu aja deh. Kalau keinget ditambah lagi nanti-nanti insyaAllah. Mata udah sepet tandanya harus tidur dulu hehe. 



bulan 1


bulan 2


bulan 3

Eindhoven, 22.04, Sabtu, 30 Januari 2022,

Diantara uni maryam dan baby salman yang sedang tertidur lelap. 





Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia