Review Serum Malam: Kiehl's Midnight Recovery Concentrate

Tadinya mau tulis review ini di instrastory, tapi biar lebih mudah dilihat lagi dokumentasinya jadilah memutuskan nulis di blog aja. Siapa tahu ada yang perlu review produk ini ya. Karena namanya skincare kan pilihannya banyak sekalii, bisa perlu effort tinggi sekedar untuk memutuskan pakai yang mana.

Sesungguhnya ini tulisan pertama tentang urusan skin care. Bukan berniat mau jadi beauty blogger (*siapa guwee), melainkan kebiasaan kalo suka sama suatu produk bawaan pengen ngasi tahu seluruh dunia aja *lebay harap maklum.

Ini dia..

Pertama kali pakai Kiehls Midnight Recovery Concentrate ini di bulan Juli 2018, sebulan sebelum adik saya nikah. Awalnya saya pake serum merk lain udah hampir sebulan. Tapi saya ga ngerasa ada perubahan berarti. Lalu saya coba lah perkakas skincare adik saya yang bungsu, dia pakai ini. Dan baru coba sekali saya langsung suka!

Rasanya nyesel ga beli di Swedia karena perbedaan harganya cukup signifikan. Akhirnya saya bela-belain nitip produk ini sama temen yang mau mudik ke Indonesia juga dari Swedia, bedanya lumayan soalnya hihi. Untungnya si teman berkenan membawakan dan mengirimkan ke alamat jakarta saya. Maka dimulailah perjalanan saya bersama si concentrate biru ini..

Btw, serum lama dikemanain? Di preloved, sis! Hihi. Sebetulnya serum saya yang sebelumnya itu cukup hits karena seri terbaru dari merk ternama. Merk yang counternya di satu mall aja bisa ada beberapa. Begitu di preloved via instastory, yang waiting list sampe lima orang lebih! Tapi ya gimana, di saya kurang cocok, mungkin di orang lain lebih cocok.

Nah balik lagi ke Kiehls ini. Sejak Juli 2018 itu saya pakai terus setiap hari (kecuali ketiduran) sebanyak 3 tetes setelah cuci muka dan pakai toner, sebelum pakai pelembab malam. Tapi kadang saya ulang pakai lagi kalau wudhu saya batal dan harus wudhu ulang, karena sebaiknya sebelum tidur dalam kondisi ada wudhu kan ya. Jadilah sehari bisa menghabiskan 3-5 tetes. Dengan penggunaan seperti itu, concentrate 30 ml ini habis dalam waktu 8 bulan. Tepat di akhir februari ini botolnya kosong. Senang karena alhamdulillah ga mubazir bisa kepake sampe tetes terakhir, sekaligus sedih karena aritnya harus restock (baca= beli lagi) hihihi.

Sampai tetes terakhir!

Lalu gimana pandangan saya terhadap produk ini setelah 8 bulan penggunaan? Dari pertama kali coba saya udah suka sama produk ini. Ada beberapa alesan sih, diantaranya=

1. Kandungannya alami. Jadi claim dari Kiehls produk ini terdiri dari 99,8% naturally-derived and paraben-free oil for face. Ada kandungan lavender eessential oil yang bisa membantu mencerahkan dan menenangkan kulit wajah. Ada squalene dari zaitun yang mudah diserap kulit dan berguna untuk melembabkan. Ada evening primrose oil, ekstrak dari bunga evening primrose yang berguna untuk hidrasi dan elastisitas kulit. Kalo baca kandungannya natural gini rasanya hati tenang aja gitu. Apalagi saya kan ibu menyusui ya. Pengennya pake produk yang bumil dan busui friendly aja.

2. Wanginya enak banget kaya bunga dan bubble gum gitu. Lembut menenangkan. Mungkin ya efek si minyak ekstrak bunga diatas ya.

2. Konsistensinya pas dan mudah menyerap. Dia emang oil ya jadi cukup melembabkan, tapi ga terlalu pekat (thick). Saya ini udah beberapa kali coba face oil merk lain, selalu sukses munculin jerawat. Tapi pake serum ini alhamdulillah engga. Jadi lembabnya dapet, tapi ga bikin jerawatan. Karena dia oil yang mana cukup melembabkan, sebenernya bisa aja dipake tanpa ditimpa pelembab lagi. Cuma saya biasanya selalu pakai pelembab malam lagi sih diatasnya, biar semakin terhidrasi aja dan juga udah kebiasaan.

3. Terasa efeknya. Baru pake sekali aja saya ngerasa paginya emang muka terasa lebih sehat gitu. Produk ini emang ga menjanjikan wajah lebih putih kayak beberapa produk lain. Dia menekankan membuat kulit wajah lebih sehat dan ga tampak letih. Kalo yang saya rasakan, wajah jadi terlihat lebih segar dan cerah.

4. Ada efek lain yang saya perhatikan sejak menggunakan produk ini. Entah kebetulan atau karena bantuan kombinasi produk lain juga saya ga tahu. Tapi yang jelas pori-pori wajah jadi terlihat mengecil. Awalnya saya kira perasaan saya aja, sampe suatu hari seorang teman bilang hal yang sama.

Ga afdhol ya review tanpa foto dokumentasi. Baiklah.. Berikut sedikit dokumentasinya semacam before-after.

Ini akhir april 2018, sebelum pake skin care apapun. 
Wajah kusam yah hihi, untung latarnya cantik jadi tersamar dikit lah *ya ga sih? :))


Ini bulan Desember 2018. 
Setelah pemakaian serum enam bulan

Baiklah, ini selfi nya mohon maaf

Ingatt, dia ga bikin wajah kita putih bak artis korea karena memang bukan pemutih ya (lihat poin yang ketiga diatas). Dan jangan juga pasang ekspektasi tertentu kalo ketemu saya(?) di lain waktu ya, iya kalo dilanjut terus makenya ya kan, hihihi. Banyak aspek lain yang bisa mempengaruhi.

Jadi kalo ditanya puas atau engga sama produk ini, jelas saya akan bilang sangat puas. Bagi saya ini jenis produk yang memberikan 'spark of joy'. Apalagi awet banget dipakenya, udah double dosis aja (krn saya suka ngulang abis wudhu itu) baru abis setelah 8 bulan lebih.

Harganya berapa? Beli dimana?
Di counter Indo yg size 30ml kisaran 800rb-an ya.. Untuk memfasilitasi biar dapet harga lebih miring, @lagomie.store jual dengann harga lebih murah dari counter. PO lalu 720rb, yg size 15ml 445rb. Ada share size nya juga per 5ml 150rb, asik banget ya kan bisa cobain dulu siapa tahu cocok juga. Lebih manteb lagi siangnya pake serum Kiehls Clearly Corrective Dark Spot Correction (CCDS), beuhh.. hihihi..

Sekian review singkat serum malam Kiehls; Midnight Recovery Concentrate.

Dery Hefimaputri
@dhefimaputri
Gothenburg, Swedia

Comments

  1. Selain ini, pakai skincare apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. macem2 si, cuma kalo rekomendasi pelembab kiehls ultra facial cream, eye cream kiehls midnight recovery, facial wash calendula deep cleansing, toner bisa calendula atau pixi glow + hidrating toner bebas apa aja. kalo saya selain serum bisa bergantung adanya budget aja ga terlalu strict, tapi kalo serum diusahain ini selalu ada

      Delete
  2. Replies
    1. ga masalah gender, bisa cocok/ga sama siapa aja terlepas apapun gendernya. salah satu tips biar efektif adalah pastikan wajah udah bersih banget (double cleansing) dulu, kalo canvas muka belum bersih banget jadinya sayang dan ga optimal dikira ga cocok padahal krg pas aja makenya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia