Kuliah sambil mengasuh bayi, mungkinkah?

A= "bismillah ya, Bunda. Diniatin untuk cari ilmu, untuk ibadah.." nasihat suami di hari pertama kuliah (lagi)

B= "gitu ya ayah, tapi aku ga ngorbanin dede kan?"

A= "gak lah bunda, lagian dede kan dipegang sama aku. Dia juga udah cukup gede."

Ah, Allah emang paling tahu kondisi hamba-Nya. Apalah jadinya saya ini tanpa keluarga kecil ini, tanpa dukungan suami. Bisa dibilang beliaulah 'dalang' dari nyemplungnya saya kuliah lagi. Mulai dari ngingetin jadwal-jadwal akademik (course registration, jadwal kuliah, dsb), nge-email course administrator, sampe nge-email course secretary demi dapet jadwal ramah anak. Huhuhuhu.

Beberapa orang yang tahu saya udah punya suami-anak nanya, 'hahhh gak ribet tuuh kuliah sambil ngurus orang lain juga? Aku ngurus diri sendiri aja udah rempong'.

Memang, akan ada perjuangan lebih, akan ada waktu tidur yang lebih sedikit, akan ada waktu senggang yang terpangkas. Tapi ga terasa memberatkan kalo kita ga melihatnya sebagai beban. Justru, sejujurnya yang saya rasakan adalah kebalikannya. Saya ga bisa membayangkan kuliah tanpa mereka, tanpa senyuman tulus anak-anak, tanpa bantuan suami, tanpa pelukan mereka.

Allah tahu saya ini gampang tersedot sama satu urusan, katakanlah gampang terlalu ambisius sama kuliahan. Nah mereka adalah penyeimbang dunia saya. Kalo lagi terlalu absorb sama urusan akademik, ngeliat mereka saya jadi serasa diingatkan bahwa duniamu ga mentok di tugas dkk kok, merekalah real world bagi saya.
Merekalah source of happiness yang ngasi energy dan keceriaan dalam menjalani hari. I just can't imagine doing all of these stuffs without them beside me. Ga kalah penting juga adalah support system yang ada. Ga kebayang juga kalo kita bukan di Swedia, dimana para ayah juga dikasih paid parental leave sehingga bisa terjun langsung jagain anak. Kalo ga gitu mungkin ceritanya akan berbeda. Wallahu'alam.

Terima kasih ya Rabb, sungguh, segala kebaikan, segala kemudahan, hanya dari-Mu..

Jadi mari mulai dengan; Bismillaah 😊

Hi again, Chalmers!

Disaat Bunda ngampus

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Catatan Toilet Training Asiyah