Cara Membuat Bayi (4-6 bulan) Sibuk Sendiri; Kreativitas di Rumah #Day2

Masih dalam rangka tantangan kelas Bunda Sayang level 9 tentang kreativitas.

Pernah ga, kita butuh waktu untuk ngelakuin sesuatu yang ga memungkinkan sambil gendong bayi? Atau ya lebih nyaman tanpa digelendotin bayi. Sedangkan si dede tengkurep kelamaan bosenan, apalagi diterlentangin aja. Biasanya saat si dede sekitar 3-4 bulan ya, (saat kepala sudah ajeg lah). Nah bisa dicoba cara ini ^^

Semenjak Maryam berusia sekitar 4 bulan, kami 'tanpa sadar' suka melakukan permainan asik ini,  sebut saja 'sensory bin'. Jadi, kami berikan dede satu kotak berisi aneka mainan dengan berbagai rupa dan tekstur. Selain bikin baby asik sendiri untuk beberapa waktu, efek sampingnya (yang insyaAllah bermanfaat ya), melatih baby belajar duduk dan juga menghibur diri sendiri sementara waktu, tentu sambil diawasi ya.

Jadi sambil duduk memegang box tersebut, Maryam mengeksplorasi berbagai benda yang tersedia. Isi box nya bisa macem-macem, ga harus mainan. Kami sangat terbantu dengan aneka printilannya Kakak Asiyah, biasanya saya isi sama buah-sayur mainan, atau aneka bentuk/shapes tiga dimensi, atau bahkan sendok atau perlengkapan dapur lainnya, hehe.

Namanya bayi, antusias sama benda baru apapun, sekaligus cepat bosan. Jadi perlu kreatif dalam mengganti mainan di di sensory box-nya. Dan bayi ga peduli mainannya mahal atau engga, bermerek atau enggak. Centong, sumpit, sama botol vitamin juga cukup menghiburnya beberapa saat. Disinilah kreativitas kita diuji, barang sekitar apa yang bisa bisa dimanfaatkan untuk bayi eksplorasi. Kadang justru ia akan sangat antusias pada benda-benda tak terduga, kalo Maryam sukanya bola spons, sendok bayi, pisang mainan, anggur mainan, dan pulpen! :D

Tabarakallah, bisa dibilang perkembangan duduk Maryam cukup pesat. Di usia 4 bulanan sudah bisa duduk tripod kisaran setengah menit, usia 5 bulan duduk sambil kedua tangan memegang mainan, dan di usia 6.5 bulan sudah bisa dari merangkak ke posisi duduk tanpa bantuan. Tentu tiap bayi bisa berbeda, tugas kita hanya memberi kesempatan dan percaya. Hasilnya biarkan bayi menemukan sendiri waktu nyaman bagi mereka. Wallahu'alam.

Sekian catatan kali ini. Semoga bermanfaat. (Foto insyaAllah menyusul)

#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia