Semua Anak Adalah Bintang #Day7

Hari ini Asiyah sekolah, Bunda dan Maryam jemput ke sekolah. Pulangnya ke supermarket dulu karena Bunda kelaperan heu..

Sampe rumah Asiyah main masak-masakan lagi. Dua hari ini lagi favorit main masak-masakan. Pake peralatan makanan mainan yang dikasih kakak sofia, plus kompor-komporannya juga. Berbinar mainan ini. Nextnya pengen ajak masak beneran di dapur, sejauh ini belum diprogram banget ikut ke dapurnya, masi sesuai mood aja..

Kami banyak berbincang sebenernya. Dan saat lagi ngobrol itu saya suka terhenyak(?) sama jawaban-jawaban Asiyah, yang menurut saya untuk anak 3 tahun nalar dan pembentukan kalimatnya cukup baik. Tabarakallah. Sayangnya saya suka lupa kalo udah malem begini apa aja highlight-nya.

Maryam masih paling berbinar kalo digodain hehe. Sekedar kontak mata ngegodain aja udah suka, ketawa lebar masyaAllah. Umur segini belum butuh hiburan kompleks(?), wajah orang tua udah lebih dari cukup. Bermain diatas badan orang tua juga betah berlama-lama. Tabarakallah. Bunda menikmati sekali bisa puas uwel-uwel Maryam, detik tiap detiknya. Semoga Allah izinkan Bunda bisa banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak, mengoptimalkan kesempatan yang ada.

Malamnya, kita baca buku "Yuk Belajar Bersuci" mengenal apa itu najis, apa saja yang najis, cara thaharah, dsb. Penjelasannya versi sederhana tentunya.. Dan harus diulang-ulang namanya juga anak-anak, entah berapa persen yang udah tercerna dengan baik.

Sebelum tidur, saya berkisah tentang Oma Nurma (Nenek saya dari pihak ibu). Tentang betapa beliau adalah sosok yang begitu senang mengaji.

"Dulu Oma Nurma itu tiap hari pasti ngaji. Alqurannya harus yang besar, besar sekali, karena matanya udah susah melihat. Kalo ngaji harus pake kacamata..

Suatu hari Oma Nurma keliatan sedih, ternyata kacamatanya rusak. Oma sedih bukan karena jadi susah lihat jalan, atau susah lihat barang dan orang, tapi karena jadi ga bisa mengaji lagi.

Akhirnya kacamata Oma dibenerin sama Nek Mem (seingat saya tante saya ini yang perhatian membetulkan, wallahualam). Oma Nurma seneng deh karena jadi bisa ngaji lagi."

Asiyah memperhatikan dengan serius. Asiyah mulai kenal dengan sosok Oma Nurma, yang ditandai pernah voluntarily berujar tentang Oma Nurma di lain kesempatan (berarti udah tertanam di memorinya).

Walaupun ga pernah lihat sosok Oma Nurma secara langsung (beliau meninggal saat saya kelas 3 SMP), saya pengen anak-anak tetap tahu dengan nenek buyutnya tersebut. Sosok beliau begitu istimewa di hati. Interaksi beliau dengan quran yang saya saksikan di masa kecil sedikit banyak mempengaruhi saya. Nasihat, kasih sayang yang apa adanya, perlindungan, ketulusan, kecintaan beliau pada ibadah, mengisi ruang-ruang khusus dalam hati iie kecil. Semoga Allah lapangkan kuburnya, terima segala amalan, dan ampuni dosa beliau sebesar dan sebanyak apapun. Ya Rabb, lindungilah Oma..

Alhamdulillah 'ala kulli hal.

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia