Semua Anak Adalah Bintang #Day5

Hari ini Asiyah sekolahnya sama Bunda, alias di rumah. Sejak libur 2 minggu kemarin, yang artinya sehari-hari kita bertiga saat Ayah kerja, mulai keliatan ritme hariannya. Pagi-siang Bunda beberes lalu nemenin Asiyah main dan ngaji (main imajinasi, main mainan, kadang craft, kadang tematik play sama Bunda, kadang bantu bunda beberes, sambil dengerin kakak maryam). Setelah ashar, kita keluar deh. Sorenya Bunda masak sambil nunggu Ayah pulang. Maryam main juga atau digembol Bunda.

Nah sore ini kita pergi ke Angered Centrum, to do nya beli sarung tangan winter Asiyah.

Di perjalanan seperti biasa Asiyah berhenti untuk mengamati gorong-gorong air dulu. 5-10 menit sendiri disini. Pas udah puas Asiyah jalan lagi. Pas liat ada palang pendek gitu, berhenti lagi, "Ini ceritanya microphone" katanya, "Asiyah mau ngaji al-kautsar". Jadilah Asiyah ngaji disana sambil Bunda rekam. Tabarakallah..

Pas liat tangga juga Asiyah berhenti dulu, "Asiyah mau ngaji al-maun," Okeh, Bunda standby rekam lagi (haha, mamak seksi dokumentasi sejati). Pas selesai ngaji, Asiyah beranjak masuk ke pintu masuk pertokoan sambil bilang, "Nanti kalo ada tangga lagi Asiyah mau ngaji al-kafirun ya!" Hehehe. Asiyah bener-bener ngikutin literally apa yang dia lihat dari video Maryam Masud. Di salah satu videonya, ada yang Kakak Maryamnya ngaji pake microphone, ada juga yang lagi di mimbar gitu (dan Asiyah mempersepsikan itu tangga). Jadi bawaannya kalo liat tangga pengen ngaji aja. Kalo pun liat benda yang terlihat olehnya seperti microphone juga. Semoga quran selalu dapat membuat matamu berbinar, membuat hatimu tertambat padanya, dan Allah mudahkan kita dalam menjalankan isinya. Nanti ajarin dede Maryamnya juga ya nak.. Aamiin

Disana, setelah beli sarung tangan, kita beli baklava (plus icip-icip juga yang udah dibeli di restonya sekalian istirahat), terus kita ke perpustakaan Angered.

Disana Asiyah seneng banget, berbinar liat interiornya yang emang unik dan colorful. Asiyah seperti biasa main role play gitu. Pojok ruangan child's section ceritanya sekolahan katanya hehe. Bunda dan dede Maryam disuruh ikut mojok kesana, dia gerek-gerek kursi dan sofa gitu lah. Terus susun-susun kursi di lompat-lompatin. Ga baca buku malah jadinya, asik main sendiri aja sama barang-barang yang ada.

Maryam mainan rattle yang dibawa aja. Mainan ini selalu Bunda taro tas, jadi Maryam excited merasa itu baru, bukan yang biasa ada di rumah. Anteng aja gigit-gigit dan guling-guling sendiri. Tabarakallah.

Bunda selalu cek waktu sih, biar dikira-kira kapan jam tidur laginya Maryam. Biar sebelum ngantuk (yang biasanya mood jadi lebih fragile), udah dijaketin jadi siap pulang. Karena winter begini perlengkapan outdoornya banyak bangeet. Pake kardigan dulu, terus jaket overall, pake kerudung, pake topi, masukin babycarrier, pasang wintershield babycarriernya, pake jaket Bunda deh. Ga lupa pastikan sebelumnya udah nyusu dulu. Harus spare waktu tersendiri jadinya.

Terus Asiyah masih sama lagi seneng-senengnya nyapain orang lalu-lalang. Efek nonton Daniel nih, di serial itu emang digambarin dia suka nyapa para tetangganya. Alhamdulillah ini sangat membantu. Tadinya Asiyah cenderung takut kalo ada keramaian. Semoga bisa bertahan terus nilai-nilai baiknya, aamiin.

Kalo dede Maryam, lagi seneng-senengnya main sembur-sembur hahaha. Itu yang kayak bibir dan lidah dibunyiin gitu sampe bergetar, efeknya ilernya jadi kemana-mana. Lucuu banget masyaAllah. Ga bosen-bosen lagi lama banget pas menjelang tidur. Sama paling suka kalo perutnya digeli-geliin pake muka kita. Jadi muka kita dibenamin diperutnya sambil geleng kanan-kiri. Kalo sama Ayah, pas Maryam lagi ngemut jempol, jempolnya diambil duluan diemut Ayah, Maryam ketawa-ketawa kalo digituin. MasyaAllah.

Inilah masa-masanya manusia cukup terhibur dengan hiburan-hiburan sederhana, bahkan sekedar disapa dengan nada jenaka.. Bunda jadi menyadari bahwa bukan mainan mahal lah yang bisa membeli tawa dan kebahagiaan tulus seorang bayi. Babyswing yang harganya bisa jutaan ga bisa bikin Maryam tertawa ngekek-ngekek begitu. Mainan seheboh apapun juga. Sentuhan dan kehadiran manusia lain lah yang bisa, dan semoga orang tua adalah sosok yang paling banyak di scan wajahnya sama anak-anak.

Sekian dokumentasi hari ini.

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia