Semua Anak Adalah Bintang #Day2

Akhirnya weekend datang juga, hehe. Alhamdulillah artinya ada pak suami di rumah. Kebetulan cuaca cerah juga, setelah seminggu terakhir mendung aja..

Setelah makan siang kita jalan keluar. Main di playground dekat rumah sekalian grocery shop (lagi! -- abis ada aja kayaknya yang kurang yaa). Ternyata, walopun di luar cerah, dinginnyaaaaa menusuk tulang jiwa raga, udah minus ternyata temperaturnya. Genangan air pada membeku. Bener deh, rasanya beda banget sama minggu-minggu yang lalu. Muka kayak ditusuk-tusuk, kepala juga terasa pusing kalo ga ditutup kapucong jaket atau topi. MasyaAllah.. 

Asiyah berbinar banget tentunya main kuda-kudaan dan ayunan. Orang tuanya udah pada meringis kedinginan, anaknya tetep girang aja kayak ga ada apa-apa. 

"Itu Asiyah ga ngerasa dingin apa ya Mas? Ga pake sarung tangan lho (dilepas sama anaknya). Kok bisa ya?" 
"Ya namanya anak kecil, Bunda, belum tahu prioritas. Dingin itu tapi ditahan aja."
Ckckck.. Nanti kalo udah bener-bener kedinginan baru deh sarung tangannya dipake lagi..

Asiyah suka banget aktivitas fisik main di playground begini. Dari kecil, dari bayi, ga ada takutnya naik ayunan kenceng sekalipun. MasyaAllah. Naik perosotan tinggi juga hayuk aja. Manjat-manjat juga dijajal. Apalagi kalo playgroundnya sepi. 

Kita juga ke taman trampolin seperti biasa. Oh iya jadi inget kisah kemarin. Asiyah suka kalo main trampolin ada anak lain (apalagi kalo lebih tua), ngajak gantian. Jaadi Asiyah dulu lompat barang 2-4x, terus Asiyah melipir sambil kasih isyarat untuk anak lain main. Kemarin itu udah agak gede anaknya, mungkin 7-8tahun ya. Lucu aja liat mereka ganti-gantian lompat. Hehe. Tabarakallah urusan bergantian Asiyah mudah mempraktikannya, mungkin terbantu juga sama contoh-contoh di lingkungan Swedia ini dimana adab bergantian cukup ditekankan.

Sepanjang jalan Asiyah sambil mainin bola. Kadang main oper-operan bola ditendang gitu sama Ayah. Kalo ada gorong-gorong bisa berhenti lamaaaa banget untuk mengamati apa yang ada di dalam. Matanya berbinar melihat terusan cahaya dari lubang di dalam gorong-gorong, jadi seperti lingkaran-lingkaran kecil yang berenang-renang (cahaya diteruskan dari lubang-lubang kecil gorong-gorong di genangan air di dalamnya). Asiyah masukin kerikil-kerikil kecil ke dalam lubangnya. 

"Duduk disini Bunda, disamping Asiyah. Kita masukin batu yuk." Kalo ga ditinggal bisa betah deh lama banget. Dibujuk-bujuk untuk lanjut jalan ga mempan, ia terpaku sama si gorong-gorong itu. Akhirnya pake taktik 'pura-pura' ditinggal. Ga lama anaknya ngibrit ngejar kita, hehehe, berhasil juga taktik ini.

Abis itu di supermarket seperti biasa Asiyah bakal bantu ambil-ambil dengan girang. Bunda juga suka nak lihat warna-warni barang di supermarket. Jadi inget, dulu, zaman kuliah di Bandung, kalo lagi suntuk banget saya jalan-jalannya ke superindo hahaha. Liat deretan barang tersusun rapi cukup menyegarkan pikiran(?). 

Pulangnya karena stroller penuh belanjaan, Asiyah digendong Ayah. Bunda dorong stroller sambil gembol dede Maryam dalam babycarrier (yang lagi bobo). 

"Ceritanya Asiyah dede Maryam, digendong Bunda. Ayah ceritanya Bunda." hehe iya deh nak. Asiyah suka main peran jadi bayi lagi sekarang. Hihihi.. Pengen disayang-sayang juga. Bersyukur Asiyah udah bisa mengutarakan perasaan dengan gamblang, jadi reminder bagi Bunda untuk lebih mawas dalam membagi perhatian. 

Oiya terkait mengungkapkan perasaan, Asiyah jadi udah bisa juga bilang kalo lagi 'bosan'. "Bunda, Asiyah bosenn.." Wkwkwk.. 

Abis itu sorenya jadwal laundry. Asiyah seneng main ditumpukan baju yang baru keluar dari dryer (masih hangat). Bunda dan Ayah diminta ikutan main juga. "Ceritanya kita diatas daun-daun..(bajunya dihambur jadi daun ceritanya katanya)."

Terus Asiyah juga minta plester (buat dimainin). Satu aja katanya. Yaudah, tapi sayang dede dulu. Terus dede dielus dan dicium. Hehe, gapapa awal-awal dipancing-pancing dulu, semoga makin lama makin terbiasa sayang-sayang dede otomatis ya nak aamiin.. 

Malamnya baca buku kisah nabi, Nabi Yunus AS. Terus cerita tentang kisah-kisah di keluarga, Bunda cerita tentang 'biografi' (halaah) nenek-neneknya Bunda; Oma Nurma dan Ibu Asra. Bunda pengen Asiyah tahu tentang keluarga kita, tentang Asiyah bayi juga .yaa cerita-cerita apa aja deh, tinggal diselipin hikmah sebisa mungkin. Bunda inget dulu pun seneeng banget kalo Oma mulai berkisah tentang sejarah keluarga.

Maryam seperti biasa antusias dan nyengir-nyengir sendiri tiap liatin Asiyah. Apalagi kalo digodain Asiyah. Tabarakallah.. Lagi seneng-senengnya berguling juga, makein popok jadi lebih menantang heu. 

Bisa dilihat Asiyah berbinar dalam hal aktivitas fisik outdoor (playground, jalan sore), imaginative play, dan berkisah. Maryam lagi seneng explore motorik kasar, senang dengan mimik wajah, dan lagi berjuang belajar merayap. Semoga Allah lindungi kita selalu. Aamiin..







#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia