Review Gendongan Bayi

Babywearing alias ngegendong anak adalah salah satu hal yang lekat dengan dunia peremak-emakan saya. Babywearing makes my life easier and happier.

precious chapter in life; 
menggendong dan menggandeng

Waktu zaman Asiyah bayi dulu, sekitar 3 tahun lalu, babywearing belum serame sekarang. Pas hamil dulu ga kebayang bahkan kalo akan butuh gendongan nantinya. Bayangan saya adalah, bayi bobo cantik di crib dalam kamar, pintu kamar dibuka dan saya masak dengan tenang di dapur. Nyatanya? Alhamdulillah Asiyah baby begitu ngefans sama ibunya, hihi, sampai tidur pun harus nempel saya.

Sayangnya, saya belum terlalu ngeh sama soal babywearing terutama untuk bayi muda. Ada sih ring sling, ada sih stretchy wrap, tapi kurang paham gimana makenya yang benar dan nyaman. Lagipula menggendong bayi sambil beraktivitas saya kira adalah hal yang tabu(?). Takut dibilang bau tangan lah, manjain lah, apa lah.. Jadi aja akhirnya saya jadi 'tahanan kasur' alias kerjanya ngelonin bayi tidur sepanjang siang-malam.

Efeknya kerjaan rumah ga kepegang, cucian piring menggunung, dsb dkk.. Bingung banget ini gimana bisa ngapa-ngapain kalo 'tersandera' begini? Ujung-ujungnya ngenet deh, atau ikutan bobo, atau rungsing sendiri.

Akhirnya di kehamilan kedua saya mulai membuka mata tentang babywearing, plus bertekad lebih teguh pendirian dalam mengambil keputusan sebagai ibu (baca juga= "Persiapan Menyambut Hari-hari Berbayi Newborn"). Dan ternyata, emang menggendong adalah kunci! Kebutuhan tidur-menyusui-closeness bayi terpenuhi, urusan rumah bisa dikerjain tanpa banyak interupsi, dan si kakak tetep bisa ditemenin (plus Bunda sekalian membakar lemak  olahraga).  Alhamdulillah jadi terhindar dari episode rungsing akibat ngerasa terbatasi ruang geraknya karena berbayi. Bonus juga berbagai manfaat lain dari kegiatan ini (seperti dibilang disini). Tapiii ngegendong juga ada ilmunya ternyata, kalo ga pas bisa bikin pegel yang ada malah nambah masalah.


Udah banyak ya sumber tentang gimana cara ngegendong yang benar (misalnya postingan blog mba leila ini). Sekarang saya mau sedikit cerita aja tentang review beberapa gendongan alias babycarrier yang pernah saya coba.

macam-macam gendongan

prinsip menggendong optimal; TICKS

1. Sling alias gendongan selempang bayi.
Sling adalah tipe gendongan yang menumpu beban anak di satu pundak, melingkar sampai ke pinggang. Ini jenis gendongan yang praktis, cepet masukin dan keluarin bayinya, nyaman untuk menyusui, dan mudah transfer bayi ke tempat lain (misal kasur) tanpa harus banyak gerakan ekstrim yang bisa membangunkan bayi. Posisi gendongan bisa menyamping seperti pada umumnya menggendong bayi baru lahir, atau juga bayi digendong tegak alias M-shape alias dipekeh.

Kekurangannya, beban cuma ditumpu di sebelah pundak. Selain itu, saya terkadang masih harus menyangga kepala bayi saat lehernya belum betul-betul kuat. Buat saya, maksimal penggunaan gendongan tipe sling ini 1-2 jam aja sekali pakai. Di rumah masih beberapa kali dipakai sampai saat ini (usia 4 bulan). Kalo keluar rumah udah dipensiunin sejak baby umur sekitar sebulanan, pegeell..

Ini beberapa gendongan model sling yang pernah saya gunakan=

--> No sew ring sling with JARIK
Awalnya, saya ga pernah tertarik bahkan sekedar nyobain make jarik. Di bayangan saya make jarik itu udah pasti ribet, belum lagi kain yang tipis saya kira bakal ngegigit banget di bahu. Sampe suatu hari di grup WA babywearing, saat saya nanya tentang rekomendasi ringsling, ada ibu yang memberi tahu bahwa gendongan favoritnya saat ini adalah jarik dikasih ring. Beliau meyakinkan kalo pake jarik with ring(?) itu nyaman. Saya coba cari tutorialnya di youtube, dan lihat action picture di IG.

Ga pake lama, saya pun nyoba sendiri, kebetulan di rumah ada dua jarik dikasih kakak ipar. Setelah dicoba, ternyata, ya ampun pengen nangis saking terharunya. Ini nyaman bangeeett. Ga ada ngegigit bahu sama sekali. Ternyata kain jarik itu walopun terlihat tipis tapi kokoh dan nyatanya karena dia cukup lebar jadi pas dipake dia seperti jadi bantalan tersendiri. Dan karena kalo 'no sew ring sling' ini ga ada jahitan, cuma jarik yang diselipin ring, maka proses transfer bayi ke kasur dari gendongan jadi lebih mudah. Sebelum mindahin anak ke kasur, ring bisa dicopot sempurna jadi ga khawatir berisik kalo anak gerak-gerak.

Pada bulan-bulan awal, no sew ring sling pake jarik ini jadi andalan saya untuk di rumah. Makenya cepet, adjust-nya juga mudah. Dan yang utama, baby Maryam nyaman disini. Kalo ngeliat saya pake jarik, matanya langsung berbinar seolah diajak tamasya melihat serunya dunia.

Maryam usia 3 bulan kurang seminggu
*entah kenapa cuma nyisa foto yang udah dikasih sticker :))


--> Ringsling Tenun - Havi
Awal nerima paketnya saya agak kaget karena terlihat kaku. Apa nyaman dipakenya? Setelah dicuci, ternyata bahannya lembut, meski tetap kokoh (karena namanya pun tenun ya). Nyaman deh makenya.

Kekurangannya paling kainnya panjang banget jadi menjuntai sampe lantai (atau saya yang kependekan ya). Poin ini bisa diakalin dengan menyelipkan sisa kain jadi bantalan leher bayi.

--> Baba Sling replica alias KW
Nah kalo ini modelnya bukan pake ring, tapi buckel gitu alias cetekan. Ada bantalan di bahunya jadi terlihat nyaman.

Tapi ternyata.. saya nyesel banget belinya. Entah kalo yang original ya. Bagian buckle-nya sukses bikin saya hampir nangis di tengah jalan saking menderitanya neken-neken punggung (setelah dipake sekitar 2 jam). Kainnya juga suka melorot setelah dipakai kurang dari sebulan. Pelajaran juga bagi saya untuk lebih hati-hati beli gendongan, dan sebisa mungkin ga beli yang KW (lagi), huhu.

--> Pouch sling - mybabypouch
Ini tipe gendongan selempang yang ga pake ring juga, melainkan dijait gitu jadi nyambung kainnya. Cukup dipasang aja dibahu sampai melingkari pinggang. Di merk yang saya beli ini bahannya enak sih, tebel adem gitu, keliatannya kokoh.

Ada ukuran sizenya bergantung berat badan kita. Nah ini cukup tricky karena berat hamil dan berat pasca lahiran kan beda ya. Rate turun beratnya gimana juga sulit diprediksi. Saya terlalu optimis beli dengan berat sebelum hamil, haha. Dan sukses kekecilan dong.. huks.. Walhasil sampe sekarang gendongan ini masih bertengger manis dalam lemari, belum pernah dipake. Jadi semacam reminder untuk segera mengembalikan berat badan, hhe..

2. Stretchy Wrap (SW) - Hanaroo Babywrap
Ini model gendongan kain panjang lentur (stretch) yang dililit sedemikian rupa (tersedia tutorialnya di youtube). Enaknya gendongan ini adalah bayi terdekap erat menempel badan ibu, bisa dipakai sambil menyusui, dan beban tersebar simetris. Kekurangannya butuh usaha untuk mempelajari dan terbiasa untuk melilit kainnya, transfer bayi yang tidur ke dalam atau keluar gendongan lebih sulit dibanding tipe sling atau SSC (akan dibahas dibawah).

Pas Asiyah bayi dulu saya udah nyiapin SW. Beberapa kali uji coba bemodalkan tutorial di youtube dan buku panduan. Tapi entah kenapa rasanya belum pas aja. Dipake sih beberapa kali. Tapi di rumah aja, belum PD pake keluar. Rasanya masih suka ribet aja.

Alhamdulillah mungkin karena udah uji coba sama Asiyah dulu, waktu kelahiran Maryam dicoba lagi belitin SW ternyata enakeun. Jadi ketagihan deh pake SW, terutama kalo durasi pemakaian akan lama. Tapi setelah berat baby lebih dari 6kg, SW jadi kurang ajeg lagi. Saya jadi butuh menyangga tubuh bayi tiap berjalan (ga total handsfree lagi). Memang SW ini peruntukannya untuk bayi muda sih. Nyaman banget untuk newborn..

ini waktu maryam 3 bulan

3. Soft Structure Carrier (SSC) 
Gendongan SSC ini mirip tas ransel(?) alias ga sekedar kain aja, ada buckle alias cetekannya (maafkan keterbatasan diksi saya). Gendongan tipe ini memberi ruang gerak bagi bayi, praktis lepas-pasangnya, beban berat tersebar simetris, bisa dipakai sambil menyusui, dan so far ini yang paling bisa bikin total handsfree bagi saya. Saya pernah gendong bayi pake SSC sambil nyapu, ngevakum rumah, masak, bahkan cuci piring. Untuk beberapa merk juga disediakan aksesoris tambahan seperti teether, windshield, raincover, dsb. Kelemahannya adalah lebih butuh usaha untuk mindahin anak yang tidur ke kasur (plus resiko bangun lebih tinggi) dibanding gendongan tipe sling, walau kalo dibanding SW sih lebih mudah.

Disclaimer= postingan ini ga bermaksud mempromosikan penggunaan gendongan KW sama sekali yaa. Mohon dicatat penggunaan gendongan KW ini tahun 2012 disaat local babycarrier (terutama SSC) belum semarak sekarang (atau ya setidaknya saya ga tahu, heu). Penulisan pengalaman ini jujur aja, dan justru jadi tanda move on dari gendongan KW ke original ^^Jadi buat buibu yang menyayangkan penggunaan gendongan KW, mohon dibaca sampai tuntas dengan hati ADEM yah ^^ Salam.

- Ergobaby Original (replica alias KW)
Dulu zaman Asiyah bayi, belum banyak babycarrier lokal yang terjangkau. Sedangkan saya masih medit terlalu perhitungan untuk beli gendongan import yang harganya bikin bengong. Pas banget di masa itu lagi merebak edisi replica dari ergobaby, saya pun latah beli. Saya pake ini sejak Asiyah dulu umur 5 bulan sampai sekitar 2 tahun. Sejak Asiyah disapih, pensiun juga lah penggunaan gendongan ini. Pas banget juga gendongannya mbladus alias molor alias tak layak pakai lagi. Selama dipakai nyaman dan bisa menyusui dengan mudah.

bisa gantian sama Ayah pakenya


- Ergobaby 360 replica alias KW
Ini seri ergobaby yang bisa hadap ke depan juga gendongnya (front facing). Dulu beli pas lagi mudik di Indonesia pas Asiyah umur 9-10 bulan. Itu fasenya Asiyah seneng banget mengamati sekitar. Jadilah beli gendongan yang bisa hadap depan juga.

Tapi ternyata saya kurang nyaman make ini. Karena hoodie-nya (bagian kain kanopi penutupnya) kurang besar, jadi kurang melindungi anak yang lagi bobo dengan baik dari sinar matahari atau untuk privasi menyusui. Selain itu strap pinggangnya pakai velcro jadi lepas pasangnya lebih berisik dan lebih makan waktu. Dan ternyata fase Asiyah mau hadap depan cuma sebentar, selesai mudik, ga pernah lagi digendong hadap depan.

Asiyah usia 11 bulan, ketiduran diajak masak

Walopun begitu, saya pribadi ga menyarankan pakai replica alias produk KW. Mendingan pake gendongan lokal yang sekarang udah banyaak banget pilihannya. Dengan harga yang sama, bisa dapet produk asli dengan jaminan keamanan. Ya namanya produk replica kan ga ada standar kualitasnya ya, untung-untungan aja mana bagus dan enggaknya. Lagipula, maaf ya Allah, baru tergerak juga ini hati bahwa produk bajakan kan ga baik ya. Hiks. Dan percayalah, pas nyoba yang asli, jauuh lebih nyaman. Terlebih buat saya khususnya, gendongan tipe SSC ini penggunaannya cukup intensif, jadi ga sayang juga kalo pun mau beli yang berkualitas sekalian.

- Ergobaby Adapt (Authentic)
Balik ke cerita zaman now, alias gendongan untuk baby Maryam. Menginjak Maryam usia 3 bulan, SW maupun ringsling jadi terasa kurang praktis lagi. Dengan berat badan sekitar 6,5kg, cukup bikin punggung nyeri kalo digendong kelamaan pakai ringsling. Sedangkan kalau pakai SW udah 'ngeper' dibawa jalan. Belum lagi Baby Maryam seperti perlu lebih banyak ruang untuk bergerak di usia ini karena ia mulai suka masukin tangan ke mulut. Maka gendongan SSC jadi jawabannya.

Hanya saja, kebanyakan gendongan SSC mensyaratkan usia minimal 4 bulan dan berat minimal 7kg. Saya pun mulai pasrah kalo harus pakai SW sampai usia Maryam 4 bulan yang artinya sekitar sebulan lagi. Walaupun dalam hati agak berat karena pengen banget bisa gendong dengan nyaman, sebulan berasa lamaa banget.

Hingga suatu hari teman saya ngasih tahu, Ergobaby punya gendongan yang bisa dipakai dari newborn tanpa perlu insert tambahan! Namanya Ergobaby Adapt. Wah ini menarik banget. Karena saya emang males pake tambahan infant insert lagi, bisi ribet atau susah adjust untuk menyusuinya.

Setelah baca-baca review, plus bertepatan sama pekan diskon, akhirnya di order lah Ergobaby Adapt itu. Dari awal emang saya udah kadung jatuh hati sih sama Ergobaby. Karena nama mereknya mengandung kata 'ergo' alias 'ergonomis', jadi anggapan saya udah pasti gendongannya mengutamakan sisi ergonomis alias sehat untuk bayi. *yak, beli karena efek nama doang* *sasaran empuk marketing*

Pas dicoba pertama kali, awalnya saya agak kecewa, kok ini rasanya longgar banget tali punggungnya padahal udah ditarik maksimal. Sempet kebayang-bayang nyesel ya tahu gitu beli yang tipe original aja udah pasti nyamannya (ya sekalipun dulu mah KW).

Sampe akhirnya beberapa hari kemudian saya coba lagi. Saya kencengin strap bagian pinggang, eh, ternyata pass. Jadi sebelumnya saya kurang tepat cara makenya, terlalu kebawah gitu. Alhamdulillaahh jadi lega deh. Ternyata nyaman sekali gendongannya.  Strap bahu kokoh dan empuk. Emang beda deh kualitas produk asli sama KW.

Bedanya dari Ergobaby tipe original adalah, Ergobaby Adapt ini ada bantalan tengkuk yang bisa di sesuaikan ketinggiannya. Kalo bayi lagi bobo tinggal ditinggiin deh untuk sandaran bobo. Kalo bayinya dibawah 3 bulan bantalannya bisa dilipat ke dalam jadi penahan kepala. Hoodie-nya juga besar, bisa memberikan privasi maupun melindungi baby dengan baik dari sinar matahari atau angin. Dan tentunya ukuran body panel-nya bisa di adjust makanya bisa dipakai dari newborn sekalipun tanpa tambahan infant insert, cukup atur velcro pada body panel bagian paha aja.

Keunggulan lainnya adalah, buckle punggungnya dibuat tinggi, dekat tengkuk. Jadinya mudah dilepas pasang sendiri. Model strap pinggangnya juga ga bulky dan didesain khusus biar lebih nyaman (lumbar support).

Kekurangannya adalah ga bisa hadap depan. Tapi so far saya pake SSC emang jarang untuk hadap depan sih, jadi ga masalah. Karena mostly bayi saya mau digendong pas lagi capek, mau didekap, atau mau nyusu.

Sejauh ini, puas banget pake Ergobaby Adapt ini. Dipake berjam-jam ga berasa pegel. Sejak sedia Ergobaby Adapt ini, ga hanya untuk jalan-jalan, gendong dalam rumah pun hampir selalu pakenya ini.

bisa dilihat hoodie-nya besar


pakai wintershield, dijual terpisah

###

Ga sayang punya gendongan aneka jenis begitu?

Nope.

Saya merasa tiap tipe gendongan punya penggunaan masing-masing. Ibarat alas kaki(?), ada yang pas kalo dipake untuk aktivitas sebentar, ada yang nyaman dipake untuk acara yang lama, ada yang pas untuk dipake terus-terusan (ga perlu sering dilepas-pasang), dsb. Jadi sesuaikan pola penggunaan kita dengan tipe gendongannya. Saya pribadi ngerasa dunia lebih berwarna(?) setelah bayi nyaman di gendongan SSC. Tipe gendongan ini (dari sejauh tipe gendongan yang saya pernah coba diatas) adalah yang paling bisa bikin saya total handsfree, beban tersebar merata bahkan nyaris ga menyisakan sisa pegal walopun dipakai berjam-jam, dan juga praktis lepas pasangnya.

Semua emang ada ilmunya ya, menggendong pun begitu. Gimana posisi yang benar, apa gendongan yang tepat, sangat mempengaruhi kenyamanan saat menggendong. Semoga sedikit catatan ini bisa bermanfaat! Selamat menikmati masa menggendong yang romantis :)

"A child may not know what direction he is going, but when he is attached to you, he doesn't feel lost." -Gordon Neufeld



Bisa beli gendongan Ergobaby original alias authentic no kw-kw dimana? Di @lagomie.store bisa, suka buka PO berkala. Yang pasti sih harganya jauh lebih murah daripada di Indonesia hehe. bisa sewa juga ke seluruh indonesia


Comments

  1. Masya Allah canggih amat gendongan bayi sekarang?

    ReplyDelete
  2. iya teh, baru jeda 3 tahun aja udah banyak inovasi.. alhamdulillah

    ReplyDelete
  3. Beli dimana mba ergobaby adaptnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di swedia mba, kebetulan saya domisili disini, pas lagi diskon dan lebih murah dari di Indonesia. kalau mau titip bisa insyaAllah akhir juni saya mudik ke jakarta :)

      Delete
    2. Di swedia harganya brp mbak?

      Delete
  4. 2juta udah sama jastip, tinggal plus ongkir aja :) modelnya kaya yg saya pake

    ReplyDelete
  5. Mbaa masih bisa titip ergo nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru baca mba, fast response via email yang di bio. mohon maaf skrg lagi close PO mba, mungkin buka lagi november 2018 :)

      Delete
    2. Halo mba, skrg sy lagi buka jastip lagi nih sampai 25 oktober 2018, bisa di cek ke ig highlight @dhefimaputri ya :) thanks

      Delete
  6. UPDATE--> sy sedang buka jastip lagi dari swedia. ergobaby masi diskon, ergobaby adapt jadi 2jt yg omni 360 jadi 2,75jt semua sudah include jastip. Pengiriman dr jakarta. More info bisa ke ig @dhefimaputri ya, ada di high light story nya :)

    Salam,
    Dery

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitu uda termasuk ongkir ke indo blm mbak?

      Delete
    2. sudah mba, harga sudah include jastip, tinggal tambah ongkir dari jakarta ke alamat masing2 di indo aja.

      Delete
  7. Halo mbaa mau tanya, yang paling nyaman kan SSC ya, boleh tau mba dulu pake merk apakah SSC nya? Thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai ergobaby yang seri adapt mba :D kalo diamanahi baby lagi pengen upgrade ke yang omni 360 hihi. kerangkanya sama dengan ergobaby adapt, cuma bisa hadap keluar juga. tapi so far ergobaby adapt juga cukup banget kok

      Delete
  8. saya lagi open jastip ergobaby adapt lagi ya. bisa di cek di IG (at)jastipsweden :) nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama akun berubah ya jadi (at)lagomie.store tetep kontennya sama cuma ganti nama aja. tack tack

      Delete
  9. Ini klo pk ergobaby, nyusunya gmn ya? Soalnya saya biasa pk ring sling tinggal tidurin si anaknya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal dilonggarin aja mba sampe posisi kepala bayi pas dengan PD ibu, handsfree

      Delete
    2. dimlorotin gtu mba? soalnya kalo dilonggarin doang apa ga terlalu neken pinggang dan punggung baby?

      Delete
    3. ga ko mba saya udah biasa nyusuin di gendongan, trial error aja sampai nyaman, emang dirancang breastfeeding friendly ergobaby

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia