Bunda dan Anak-anak

Hari ini perdana bawa anak-anak pergi (yang agak jauhan alias butuh naik tram) tanpa suami. Sebelum-sebelumnya paling banter daerah sekitar rumah.

Apa yang didapet? Bahwa berjalannya hari, detik tiap detik, lancar engga-nya, itu bukan semata ikhtiar diri. Yang saya rasakan sejauh ini, pelajaran dalam menjadi ibu (terutama dengan bayi dan balita) itu utamanya adalah perihal BERSERAH pada Allah. Modal bismillah. Kalo ada kekhawatiran nanti gimana, ubah ke zikir dan balikin jadi 'gimana nanti'. Semoga Allah tunjukin, gerakin ini pikiran dan badan harus gimana.

Tadi kita ke Angered centrum. Mau beli sepatu boot winter untuk Asiyah sama ke supermarket beli beberapa stationary dan kebutuhan rumah yang udah abis. Maryam digendong pake soft structure carrier (SSC), Asiyah duduk di stroller.

Pas udah berangkat, di deket halte, tiba-tiba Asiyah bilang mau pipis. Waduw bener tadi lupa pipisin dulu sebelum berangkat. Mau balik udah kejauhan, jadilah kita numpang pipis di restoran deket situ (sekalian beli lauk juga sih, hitung-hitung untuk makan malam heu). Seru lah, gembol bayi, sambil nurunin si kakak dari stroller tinggi, naikin ke toilet tak lupa bongkar pasang jaketnya.

Kelar urusan toilet, kita melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Karena di indoor hangat, Asiyah buka jaket lagi disana. Turun dari stroller, jalan sendiri.

Sesampainya di toko, bolak balik nyobain sepatu. Akhirnya ada yang klop, boot winter warna hitam. Anaknya yang milih, 'Asiyah suka warna hitam' katanya. Baiklah, bungkuuuss..

Abis itu dede Maryam nyusu dalam gendongan dan tidur siang. Kita belanja deh, Asiyah dorong trolley-nya. Walopun pas akhir-akhir keburu cape jadi Bunda deh yang dorong trolley sambil dorong stroller (plus ada dedek dalam gendongan). Hauhahaha. Kehidupan cem sirkus gini kalo ga makin langsing mah kebangetan ini xD

Alhamdulillah cukup menyegarkan pikiran ini jalan-jalan, melihat dunia sekitar lagi. Ketemu tante dan om polisi yang ramah, Asiyah disapa, Asiyah balas nyapa. Di tram juga ada orang bawa anjing terus Asiyah ajakin ngobrol, "halo anjing", heu pake bahasa inggris atuh nak mana ngerti orang sini bahasa kita.. Terus tadi juga ketemu sama Mama Jasmine, ibunya temen Asiyah di open daycare. Ngobrol-ngobrol bentar sampe akhirnya kita harus turun duluan.

Kadang dengan mengamati sekitar, ada aja insight yang masuk, hal-hal yang bisa direfleksikan tentang hidup. Kayak tadi, lihat segerombolan nenek kakek yang duduk-duduk di halte sambil minum-minum dan kongkow ala anak muda. Huks, sedih lihatnya. Bukan kali pertama lihat yang begini teh. Di usia senja belum tahu ini hidup akan kemana, jadi ngabisin waktunya ya begitu aja. Kasian sebenernya. Semoga Allah berikan hidayah islam..

Alhamdulillah 'ala kulli hal :)






Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia