Pohon Literasi #Day7

Hari ini Asiyah baca buku Halo Balita seri 'Aku Anak Sabar dan 'Aku Suka Buku', buku Finding Dory, dan buku tentang ulat (caterpillar). Bunda yang pilihin buku 'Aku Anak Sabar' dari Halo Balita, karena ada kejadian sore ini, heu. Tiba masanya anak sulung mulai bisa gemes sama mainannya. Jadi Asiyah bikin lego es krim tinggi sekali, lalu pas mau diangkat dipegang atasnya jadi aja jatoh semua. Diulang lagi, jatuh lagi. Diajarin Ayah kalo biar ga jatuh maka pegangnya dari bagian bawahnya, tapi anaknya tetap kekeuh megang bagian atasnya aja. Berkali-kali jatuh, akhirnya, pecahlah tangisnya. Iya, karena lego yang selalu jatuh. Hihi.. Itu namanya gravitasi, naaak. Megang lego tinggi kalo pegang atasnya terus dijinjing ya pasti jatuh. Bunda dan Ayah nenangin Asiyah antara kasian, tapi juga pengen ketawa. Tapi itu lah logika anak-anak. Bagi mereka kejadian begini bisa cukup bikin 'frustasi'. Setelah dipeluk dan tenang, plus bujukan maut sate bakso (Asiyah lagi suka ini), akhirnya mood nya bagus lagi deh. Nah, kejadian yang mirip ada di buku Halo Balita 'Aku Anak Sabar', dimana Saliha marah-marah karena ga bisa-bisa nyusun puzzle.

Pas dibacain buku itu, Asiyah jadi antusias karena merasa senasib sama Saliha. Hihi.. "Kalo pelan-pelan insyaAllah jadi bisa. Yang sabar ya.." Bunda nge-copy kalimatnya ibu Saliha..

Maryam hari ini baca buku touch and feel yang at the zoo sama yang tentang pet. Bacanya sambil tummy time. Maryam sekarang udah bisa tummy time sekitar lima menit sebelum protes, tabarakallah. Tadi pagi juga dibacain buku tentang peternakan yang dipilihin Asiyah. Sempet juga pagi dibacain Ayah sebelum berangkat kantor.

Bunda hari ini baca buku 'Menanamkan Iman Kepada Anak' karya Dr Amani Ar-Ramadi, bab tentang keteladanan dari Rasulullah. Huks. Kalo udah ngomongin akhlak Rasulullah, rasanya selalu ada yang tertampar dan teringatkan. Semoga kita bisa meneladani beliau. Salah satu hadits yang selaluuuuu sukses jadi reminder adalah, "Diantara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat." (HR- At-Tirmidzi nomor 2318). Buku ini ringkas, sekitar 270 halaman, mencakup pembahasan pengasuhan anak pada tiap fase usia (misal 0-2 tahun, 3-5 tahun, 6-8 tahun, dst). Walaupun kalo diperhatikan beberapa susunan kalimat kurang sempurna, tapi ga bikin sampe kehilangan makna sih.

Ayah masih setia bacain paper hehe.

#BundaSayang
#IIP
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#GameLevel5
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia