Jurnal Anak-anak, November 2017

Asiyah 37 bulan
- Hobi lompat, tapi udah bisa kontrol kalo di rumah lebih lembut(?) lompatnya.

- Imajinasi setinggi langit. Benda apapun di rumah bisa jadi mainan bagi Asiyah. Asiyah menikmati unstructured play. Asiyah senang menciptakan permainan sendiri, misalnya role play. Bunda bisa tinggal mengamati dan turut serta di permainan Asiyah. Walaupun udah bisa main mandiri, tapi tetep permainan lebih asyik saat orang tua ikut serta ya nak..

- Seneng ngaji iqra sendiri, karena abis ngaji boleh dapet hadiah, wkwk. Asiyah udah hafal huruf hijaiyah dan alfabet (english lancar, indonesia cukup lancar kadang beberapa huruf mikir lebih lama). Halaman iqranya sampe dho sekarang. Tapi Asiyah suka nanyain halaman-halaman seterus-seterusnya jadi aja udah tau sampe ya, walopun ga diitung sih Bunda itungnya kalo halaman iqra huruf tsb udah lancar baru lompat huruf selanjutnya. Sebatas tahu aja sampe 'ya'.

- Asiyah (masih) seneng puzzle. Puzzle 20-30pcs paling cepet, yang 60pcs masih dibantu.

- Sekarang sekolahnya 3 kali seminggu (kadang cuma sekali atau dua kali bahkan). Bunda emang pengen Asiyah ga full tiap hari sekolahnya. Karena beberapa alasan. Pertama, untuk menjaga dan menambah hafalan quran. Kalo sekolah, sampe rumah udah sore, otomatis waktu denger kakak maryam semakin sedikit. Kedua, Bunda kangen kalo Asiyah sekolah tiap hari heu. Rasanya ada yang janggal aja, dan Bunda juga tahu kalo Asiyah pun kangen Bunda kalo sekolah keseringan. Ketiga, bonding time. Biar bisa main sama dede Maryam. Maryam seneng liat kakak main, dapet stimulasi otomatis dengan liatin kakaknya. Asiyah pun belajar berbagi, belajar menunggu, belajar menyayangi, belajar memperlakukan bayi, dsb.

- Saat ini hafalan Asiyah sampe surat al-qariah, al-humazah, dan an-nur ayat 35. Asiyah juga seneng dengerin video asmaul husna kakak maryam (dari nasyidnya syekh mishary rashid) dan qs al-insan (karena backgroundnya kakak maryam lagi main salju). Tabarakallah..

Untuk hafalan Bunda ga mau ngoyo, yang penting telinga mendengar dan diulang-ulang. Bunda lagi mau fokus ke belajar huruf hijaiyah alias makhraj huruf dulu. Kalo Asiyah udah melek huruf hijaiyah dengan makhraj yang benar maka (semoga) hafalannya lebih mudah dan lebih tepat jadinya.

Barakallahu fiik.

Maryam 3 bulan
- Udah kenal Bunda, kalo Bunda mendekat atau keliatan sama pandangannya, tangan dan kaki Maryam bergerak cepat. Wajahnya excited sekali. Aktif waspada.

- Di usia 3 bulan 1 hari, pertama kali Maryam bisa tangkap mainan gantung dengan tepat. Mainan gantung gambar burung kakak tua yang bawahnya bisa diputer-puter. Kalo dulu Asiyah boneka gantung minie mouse benda pertama yang kepegangnya. Alhamdulillah, Bunda bersyukur bisa menyaksikan momen-momen perdana seperti ini.



- Maryam lagi seneng banget mainin tangan, dikenyot, dipandangin, diketemukan di tengah. Hari ini juga suka pegangin telapak kaki. Hihi. Bagi bayi semua hal menarik ya. MasyaAllah..

- Maryam suka ngoceh "ndee.. nggeeh.. nggii.." juga udah mulai banyak ilernya hehe.

- Masih suka gumoh, walopun ga separah bulan pertama dulu.

- Kalo liat Bunda pake gendongan, mata Maryam langsung berbinar dan sabar nungguin hehe. Pertanda excited untuk melihat dunia dari perspektif orang dewasa ya nak..

- Nyaris bisa berguling, tinggal dorongan satu jari. Ayo semangaat nak hehee..

- Udah kuat duduk bersandar, sit with support. Disenderin di sofa juga udah nyaman, di bumbo juga. Kalo dipangku badannya suka maju-maju sendiri, ga mau nyender.

Semoga Bunda bisa lebih peka lagi terhadap isyarat dan bahasa tubuh Maryam. Namanya membersamai bayi, anak manusia yang baru lahir, artinya seorang ibu memulai perjalanan barunya mengenali anaknya. Kalo diinget-inget, butuh waktu sekitar dua tahun sampe mozaik karakter diri Asiyah cukup saya pahami, maka begitu pun dengan Maryam, pasti perlu waktu. Sekarang kita saling mengenal dan memahami. Semoga Allah mudahkan, beri hubungan hati.

Sekian dulu update bulan ini :)













Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia