Anak-anak Hari Ini

Udah lamaa ga bikin jurnal perkembangan Asiyah, dan alhamdulillah sekarang bertambah anggota sama baby Maryam. Bunda tulis aja perkembangan Asiyah dan Maryam di usia yang sekarang ya, untuk dokumentasi dan kenangan di masa depan, biar ga keburu lupa.

Asiyah 3 tahun satu minggu
Emang kayaknya ada maknanya kenapa para pakar(?) menggolongkan usia anak batita (lalu balita). Karena setelah usia tiga, seorang anak jadi kerasa bedanya dibanding sebelumnya, ada milestone besar gitu. Di usia sekitar tiga tahun, Asiyah udah lebih kayak orang(?), alias ga bayi lagi. Usia 2 ke 3 masa peralihan antara masih bergantung penuh sama kehadiran Bunda (bisa pisah 3 jam aja udah berasa rekor banget deh dulu), sampai akhirnya mulai bisa pisah setengah hari tanpa kekangenan Bunda. Hiks. Antara seneng artinya Asiyah berkembang baik, alhamdulillah, tapi sekaligus juga ada rasa 'nyess' di hati. Bunda kayak kesentil, bahwa anak Bunda semakin besar, udah makin mandiri. Doa Bunda, semoga Allah jaga kesucian diri anak-anak, sehingga kita bisa jadi golongan yang selamat. Mikirin anak (mulai) gede, mau ga mau kepikiran tentang kondisi zaman. Gimana situasi saat kalian besar nanti? Ini akhir zaman, masanya fitnah yang semakin besar. Semoga Allah jaga kalian selalu.

Asiyah lagi senang lompat-lompat, hobi banget main trampolin. Jalan biasa aja suka refleks lelompatan. MasyaAllah. Energi anak-anak itu luar biasa. Hihi. Bergeraklah sayang, eksplor dunia :D

Asiyah juga udah bisa mengemukakan pendapat "Menurut Asiyah kan bagusnya begini.", bisa nego "Makan dulu aja baru mandi", dsb dsb. Ngomong R dan L udah sangat jelas. Ngomongnya udah kayak orang gede banget deh. Tabarakallah..

Asiyah juga lagi seneng role play. Kadang Asiyah yang jadi Bunda, kadang jadi Ayah, kadang jadi Kakak Maryam. Hehe. Terus suka main bener-benerin(?) juga. Jadi, Bunda atau Ayah disuruh jawab pertanyaan tapi ngasal, ga boleh jawab yamg bener (misal nanya "ini huruf apa?"), terus Asiyah bakal mbetulin dengan semangat "Bukaaan, itu huruf B, bukan A" misalnya gitu.

Asiyah lagi seneng baca iqra, sekarang sampai huruf dza. Sehari satu halaman. Suka ngajarin Bunda juga, kita tukar peran Bunda jadi Asiyah ceritanya, dan teteup jawabnya kudu ngarang-ngarang biar dibenerin sama Asiyah. Hihi

Asiyah lagi seneng main puzzle, baca buku, masak-masakan, lego (suka bikin gedung dan es krim), magnet, dsb.

Makan lagi suka sama yoghurt dan teh maniis. Biar Asiyah semangat bangun pagi Bunda suka siapin teh manis, hehe.

Di sekolah juga baik-baik, kalo berangkat pagi sama Ayah suka bilang "Bye-bye Bunda, jangan menangis ya, be happy!" Haha ngikutin pesen Bunda aja dehh..

***
Maryam Qanita

Maryam sekarang usianya 2 bulan 1 minggu. Alhamdulillah udah bisa balik badan dari tengkurep, kepala udah bisa tegak 90 derajat, seneng ngobrool ngoceh-ngoceh kadang sampe ngikik juga, seneng senyum

Maryam suka nemenin Bunda makan, masak, ngaji, shalat juga disamping Bunda.

Maryam seneng dimandiin, hehe. Bobonya cepet sekitar jam 5-6 sore, selama 12 jam (beberapa kali nyusu, setelah 3-5 jam biasanya abis itu Bunda ga inget karena ikutan teler hehe). Alhamdulillah. Siang Maryam bobonya sering qailulah alias 20-3menit, tapi kadang bisa juga sih sampe sejam lebih kalo disambung nen. Gak papa, siang itu untuk belajar ya nak, malam untuk istirahat. Yang penting bobonya mudah dan bangun seger maka gpp. Bunda jadi mikir, bayi ini ada alarm nya 20 menit bangun, persis kaya power nap/qailulah. Ternyata emang 20 menit itu golden time, restful sleep. Kalo lebih dari 30 menit, kita masuk ke deep sleep, bangunnya bisa ga seger, kecuali bisa bobo sampe 90menit barulah akan terbangun setelah fase light sleep lagi. Rasulullah juga ternyata dua kali power nap lho, sebelum subuh dan tengah hari. MasyaAllah. Bayi-bayi ini memang dekat sekali dengan fitrah.

Sebelum usia dua bulan, Bunda suka gendongin Maryam sepanjang bobo siang, karena takut kurang tidurnya. Tapi setelah tanya-tanya, anak teman juga rata-rata tidur siangnya kurang dari setengah jam. Lalu baca tentang fakta power nap, ditambah kebiasaan Rasulullah qailulah, Bunda pun jadi tenang aja kalo pun Maryam bobo siangnya sebentar. Dan ternyata bener, pas bangun tetap ceria aja dan kuat sampe 45-60menit baru bobo lagi (sama aja kalo tidur 2-3 jam dalam gendongan bangun pun selama itu). Bunda mencoba berpikir kalo memang bayi ini mau banyak belajar di siang hari, dan istirahat yang efektif diperlukan ya power nap ini. Nurse anak di klinik juga bilang kalo nap itu bisa kok 2o menit aja dan gak masalah. Jadinya Maryam lebih sering bangunnya, bisa lebih banyak terstimulasi dengan ikut Bunda beraktivitas.

Bunda berdoa semoga Allah ajarkan dan bimbing Bunda dalam mengasuh dan mendidik anak-anak. Aamiin..

Semoga jadi anak-anak shalihah penyejuk mata Bunda dan Ayah ya sayang.. Doa kalian, syafaat kalian yang kelak kami harapkan :)

31 Oktober 2017
Bunda

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia