Long-haul Flight while (Heavily) Pregnant

Siapa sih yg mau (beresiko) lahiran di pesawat? Siapa juga yang mau lama-lama sempit-sempitan di kursi pesawat apalagi dengan perut yang udah guede? Itu baru di pesawatnya, belum lagi kerempongan sama bawaan kabin yg ga mungkin sedikit karena berbatita dan perjalanan puluhan jam?  Belum lagi transit berjam-jam juga yang ke gate nya bisa perjuangan tersendiri? Tentu hal tersebut ga akan dilaku kalo ga perlu banget. Kayak saat ini 😃 

Setelah dua tahun ga mudik, otomatis tahun ini udah ditekadkan pulang dari jauh-jauh hari. Allhamdulillah, sebelum beli tiket Allah kasih hamil lagi, dua bulan setelah kami balik haji. Berhubung kami cuma bisa balik summer, maka perkiraannya saat berangkat mudik ke Indonesia saya lagi hamil 28 minggu dan balik ke Swedianya sengaja di mepetin di waktu boleh terbang biar bisa lama mudiknya yakni, kisaran 35 minggu. Wow, mepeeet bangeet, tapi mau gimana lagi. Kami ngerasa udah genting untuk pulang, berhubung Asiyah udah mulai besar, kami mau mengajak silaturahim sama keluarga di Indonesia. Terakhir pulang si kecil masih bayi belum inget apa-apa. Dan kenapa juga maksain balik lagi ke Swedia dan bukannya lahiran di Indonesia aja?

Begini jawabannya, saya penganut, "lahiranlah di kondisi ternyaman", dan bagi saya kondisi ternyaman adalah saat dekat dengan suami. Saya mau bisa mendampingi suami selama beliau kerja di Swedia, dan juga sekaligus didampingi suami dalam mendidik anak-anak kami. Dan Swedia- Jakarta bukanlah sedekat Sudirman-Bogor yang bisa disamper kapan aja semaunya :D Dan berhubung suami harus kerja, jadilah saya yang harus balik ke Swedia.

Tentunya juga beberapa kali berdikusi tentang case seandainya saya gagal terbang balik ke Swedia, tapi itu ada di least option bagi kami karena artinya saya dan pak suami harus LDR berbulan-bulan sampe adik bayi lahir (bisa dua bulan lagi kalo pas di due date) dan juga harus nunggu lagi sampe adik bayinya bisa dibawa ke Swedia (bikin paspor, dsb dulu).

"Kayaknya mas ga rela kalo kita harus pisah seadainya kamu lahiran di indonesia. Mana bisa aku ga ada kamu. Belum lagi Asiyah, dalam dua bulan bisa banyak banget perkembangannya yang mas bisa kelewatan. Aku ga mau ketinggalan sedikitpun ngeliat perkembangannya." 

Maka bismillaaah! Mari kita usahakan semaksimal mungkin biar bisa kembali ke 'rumah' kami di Swedia. Beginilah catatan perjalanannya :D

Teknis Pelaksanaan
Ini adalah kali ke lima saya naik pesawat saat trimester ketiga. Dulu pas hamil Asiyah saya juga ke Swedia pas hamil 27 weeks, trus nemenin suami conference ke Manchester (Gothenburg-Manchester-Gothenburg) seminggu setelahnya, yakni di 28-29 weeks. Hamil sekarang Gothenburg-Jakarta pas hamil 28 weeks, dan Jakarta-Gothenburg saaat.... 35 weeks (lebih sekian hari)! 

Kami naik Cathay Pasific dan British Airways, menurut webnya dan kroscek via email dengan pihak maskapai katanya dibolehin terbang dengan usia kehamilan single pregnancy (bukan hamil kembar) maksimal 35W5D cathay airlines dan 36W british airways, tentu dengan berbagai ketentuan lain seperti kondisi fit dan kehamilan berlangsung normal. Sejak saat itu mulailah kami menambah perbekalan tentang terbang long-haul flight saat hamil tua, beberapa pengalaman teman ada yang happy ending (boleh terbang padahal udah diujung masa boleh terbang), ada yang butuh pemeriksaaan lagi di bandara, ada juga yang ditolak terbang. Walau begitu, kami tetap optimis dan usaha semampunya, kami mau mengikhtiarkan tetap bisa mudik ke Indonesia karena alasan-alasan yang udah disebutin di awal tadi.

Cerita
1. Pastikan ke dokter/bidan bahwa kehamilan memang layak terbang
Pada dasarnya hamil itu bukan penyakit yang perlu ditakuti berlebihan. Ga ada dasar kuat juga untuk ngelarang ibu hamil terbang. Selama di swedia, tiap nanya tentang boleh terbang saat hamil atau tidak, bidannya selalu jawab sama (saya nanya ke 2 dokter saat jadwal usg dan 2 bidan): "Secara medis ga ada masalah terbang saat hamil, tinggal gimana ketentuan maskapai aja." yang beberapa kali dijawab sebelum saya beres nanya saking yakinnya, heu.

Cara pandang terhadap kehamilan di Swedia dan Indonesia kadang terasa berbeda sih. Di Indonesia, bahkan susternya komentar, "Ibu mau terbang pas hamil gede? Nanti kan bisa bahaya tekanannya, dsb." Pas saya cerita ke suami, beliau pun bilang, "Emang tekanan udara di pesawat berapa bar? Harus sama lah kalo ga bahaya ke manusia." Hehe, iya juga. Kadang saya ngerasa banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang entah dasarnya apa. Pas di Swedia kontrol hamil, pertanyaan bidannya begini, "Sejauh ini rutin kan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari? Jalan cepat gitu atau semisalnya?" Sedangkan di Indonesia, saya jalan koboy dikit udah diprotes, jalan di turunan dikit udah dipanikin, turun tangga dikit dipegangin. Disatu sisi saya melihatnya sebagai ungkapan sayang ya tapi sekaligus juga bisa bikin ibu hamil ngerasa 'ga berdaya'. Padahal merasa berdaya itu kebahagiaan tersendiri loh. Tapi berhubung mudik di Indo juga cuma sementara jadi saya nikmati aja kemanjaan-kemanjaan tersebut, kapan lagi, hahahaha #doeeng..

2. Menyiapkan surat layak terbang
Tiap maskapai biasanya bilang di webnya untuk menyiapkan surat layak terbang dengan ketentuan tertentu. Ini sebaiknya cek ke web maskapai masing-masing. Kalo di Cathay Pasific ada 5 poin statement yakni pernyataan bahwa hamil single atau multiple pregnancy (kembar apa engga), perkiraan hari lahir, usia kehamilan saat ini, pernyataan bahwa kehamilan berjalan normal, dan ibu hamil dalam kondisi fit dan layak terbang.

Surat ini ada masa berlakunya (klo di Cathay maksimal 10 hari sebelum terbang). Pertimbangin juga spare waktu saat minta ke RS karena bisa aja ada kesalahan (cek berkali-kali), dan ga semua RS udah berpengalaman bikin surat ini. Saya sendiri harus nunggu 3 hari baru akhirnya surat beres res res..

3. Menjaga kenaikan berat badan (semampunya)
Sebelum berangkat mudik, saya udah coba jaga badan biar ga melar banget, biar ga terlalu kentara pas di bandara maksudnya hehe. Alhamdulillah lumayan berhasil selama di Swedia mah, sampe hamil 6 bulanan juga teman-teman kampus saya masih ga nyadar saya lagi hamil (yeay!). Perjalanan ke Indonesia pun (usia kehamilan 28 minggu) alhamdulillah lancar tanpa pemeriksaan atau ditanya-tanya sedikit pun di bandara.

Nah tapiii, selama di Indonesia godaan makanan luar biasa. Saya sukses naik 8kg dalam waktu 8 minggu! Terlebih lagi, hamil kedua ini kandungan saya terasa udah turun alias 'udah kayak orang mau melahirkan' dari usia 8 bulanan, beberapa minggu sebelum jadwal balik ke Swedia. Model mblendungnya juga munjung ke depan, jadi kalo dari samping tuh keliatan banget udah hamil gede, walopun kalo dari depan atau belakang katanya sih ga keliatan pisan kalo lagi hamil (iya gitu? :D). Jadi, gimana dong? Lanjut di poin berikutnya ya :D

4. Pilih pakaian yang tepat 
Udah dijaga segimana juga (apalagi kebobolan makan banyak edisi mudik kayak saya) tetep aja namanya hamil badannya melar juga (eh ga semua orang deeng, heu). Maka saya menyiasati postur tubuh dengan mencari pakaian yang tepat saat berangkat terbang. Biar ga kentara banget lagi hamil. Bukannya apa-apa sih, secara prosedur kita berhak terbang (bawa surat sesuai ketentuan maskapai), tapi tetep aja jaga-jaga biar ga perlu dipermasalahkan atau ditanya-tanya yang ga perlu. Ada kejadian soalnya teman saya terbang domestik di usia kehamilan 32 minggu harus diperiksa ulang di klinik bandara, ada juga yang ditolak terbang di usia kandungan 34 minggu. Padahal keduanya terbang jarak pendek alias short-haul flight, gimana saya udah nyaris 36 minggu dan terbangnya lebih dari 20 jam pula?

Setelah nyobain aneka abaya hitam milik mama (punya saya tentu udah pada ga muat, hahahaha), akhirnya ada satu buah yang pass. Kerudungnya tadinya mau pake hitam juga, tapi ternyata kurang panjang, jadinya pake krem biasa aja model bergo praktis gitu yang penting panjang sampe dibawah perut. Ga lupa pake coat juga deh dibawah kerudung, setidaknya kalo dilihat dari samping ga kentara banget perut buncitnya :D Saya juga pakai pregnancy belt, jaga-jaga untuk menahan guncangan maupun banyak gerak sepanjang jalan.

Di bandara saya nanya ke pak suami, "Ayah, aku ngerasa kayak kinder egg di kerudungin." Dan jawaban pak suami sungguh suportif, "Emang, haha." -_____-


Bye bye, Opa.. See you soon, insyaAllah


5. Stay cool dan bismillah
"Jangan mikir yang negatif-negatif dulu ya, Bunda. Bismillah aja, yakin.." bekal suami menjelang terbang. Karena memang opsi adegan cuma dua: kami bisa melenggang naik pesawat bertiga, atau saya (dan tentunya sepaket sama Asiyah) tereliminasi pulang lagi. Suami mau ga mau harus tetap ke Swedia, ada disertasi yang harus digarap, dan baru mungkin pulang lagi menjelang due date. Keluarga pun nungguin sampe saya udah boarding, hehe, siap-siap kalo emang opsi kedua yang terjadi.

Menjelang keberangkatan. Makasi banyak semuanya :)

Detik-detik penentuan pun tiba, titik aman pertama, yakni di counter check in. Karena di website maskapai ga dibilang wajib lapor, maka kami pun bertekad ga ngomong kalo ga ditanya, surat disimpen aja dulu. Dan ternyata memang ga ditanya, alhamdulillah..

Bunda, lihat! Itu dia pesawatnya. Halo pesawat!

Begitu pun di pengecekan mau masuk gate, titik aman kedua, alhamdulillah lagi-lagi ga ditanyain. Kami sepanjang jalan merasa tenang juga sih, banyak senyum dan ramah sama petugas. Kalo prinsipnya kuantum ikhlas sih ini ngaruh, positive feeling, namanya.. Mencoba yakin bahwa memang Allah Maha Kuasa, yang bisa bikin kita bareng, bisa pulang lengkap ke 'rumah' bersama, cuma Allah.. jadi saat ikhtiar udah dilaku, sisanya hanya berserah dengan tenang..

mandatory photoshoot before take-off

Alhamdulillaah, kami pun bisa duduk manis di pesawat. Tentu masih ada titik-titik aman lainnya yakni saat transit di bandara Hongkong dan juga London. Tapi alhamdulillah sepanjang jalan tersebut ga ada sama sekali petugas yang nanyain. Surat layak terbang pun tetap tersimpan rapi ga keluar dari amplopnya.

transit di HK, suka bandaranya!


Nah selanjutnya tips seputar di perjalanan..

6. Perbanyak minum air putih sepanjang jalan. ga usah malu minta. sebaiknya bawa botol minum sendiri, jadi tinggal minta tolong pramugarinya untuk isi botol itu. saat transit juga lebih mudah ambil airnya, gelas disposable bisa aja lagi abis pas kita mau minum di bandara (kejadian di hongkong, di london malah ga keliatan mana gelas disposablenya di water dispenser yang kita temui).
7. Sedia snack untuk pengganjal perut. Kami biasa bawa bekal yang agak ngenyangin juga untuk jaga-jaga. Sesederhana nasi dan nugget juga membantu.
8. Bawa bantal leher minimal dua, satu jadi alas duduk, karena percayalah duduk lama bikin tulang ekor dan sekitarnya peuriih dan pegel. Memang sih di pesawat di kasih bantal, tapi ga ada yang jamin bantalnya ajeg, kadang cuma bantal tipis yang kurang begitu 'nendang'.

Behind the scene (Thanks to lovely husband and daughter <3 Let me document this part )
Waktu lagi terbang ini, saya udah ngerasa hidung meler sejak sektiar dua hari sebelum berangkat. Awalnya cuma meler-meler aja, tapi didorong juga sama tidur yang kurang (susah cari posisi pewe buat tidur lama), jadilah kebobolan juga ngedrop. Puncaknya pas di pesawat 13 jam Hongkong-London, badan menghangat dan kepala berat. 

Hamil tua, bawa batita, bawaan banyak, dan flu. Perfect combination. Tapiiii ada Allah yang Maha Baik. Dikasih suami yang begitu pengertian, siaga, dan sehat. Anak juga sehat dan sangat koperatif. Maka perjalanan ini tetap terasa nikmat dan menyenangkan. Paling terharu, sempet suami lagi tidur, dan saya juga ga kuat pengen tidur, akhirnya Asiyah yang udah puas tidur melek sendirian dalam jangka waktu lama. Anaknya anteng aja nonton video "Fat Cat" di TV pesawat. Padahal anaknya ga hobi nonton, biasanya ga betah nonton lama-lama. Sepanjang perjalanan juga kuat banget jalan sendiri, cuma setelah di London aja (yang artinya udah 20 jam lebih diperjalanan, dan barengan jam tidur dia juga) baru mulai maunya digendong. Dan Ayah kembali jadi hero disini, geret koper sambil gendong bocah 13kg, masyaAllah..

So proud of you, my big girl :)

selfie yang diambil saat Bunda terlelap

:D

:)

:O

Dua dari tiga landing dilalui dalam keadaan tidur


Kendala
Alhamdulillah, walopun bisa dibilang lancar dan tanpa masalah, tentunya ada juga perjuangan alias sisi ga enaknya. Diantaranya,
- Pegel sekitaran tulang ekor (dan area bokong) karena lama duduk. Solusinya: jalan ringan di sepanjang koridor, kalo saya sih biasanya sekalian ke toilet aja, karena emang tiap bentar mau ke toilet juga selama ga lagi tidur, hehe.
- Pergerakan dede bayi hebooh banget. Kayaknya itu gerak terheboh dan terlama selama ini, tulang bawah sampe ngilu dan saya ngira udah mau membobol jalan lahir si dede, heu. Ini terjadi di awal-awal terbang, JKT-HK dan HK-London. Saya menerka-nerka bisa jadi karena dedenya protes duduk terus(?), atau laper (soalnya diperjalanan gitu suka nyaru lapernya), atau kurang minum, atau lagi pengen aja gitu. Saat akhirnya si dede anteng lagi, saya pun tenang. Bayangan lahiran mendadak pun mulai sirna, heu.
- Guncangan pesawat bisa tak terduga. Namanya turbulen ya bergantung cuaca saat itu. Sepanjang perjalanan kemarin, saya ngalamin dua kali turbulensi yang cukup terasa, salah satunya kuenceng banget. Cuma bisa pegangin perut aja deh selama itu. Saya udah pake pregnancy belt dan perut juga selalu diganjel bantal lagi bawahnya untuk meredam aneka guncangan.

Kurang lebihnya tiga poin itu sih yang perlu persiapan fisik maupun mental. Setidaknya dengan tahu hal diatas, saat kejadian ga kaget lagi, hehe.

Sekian catatan perjalanan kali ini. Semoga bermanfaat :) Mohon doanya juga untuk kelancaran kelahiran dan semua proses seterusnya.. Wassalamu'alaykum!

pemandangan London dari langit.. sedikit lagii menuju Göteborg :)


Dery Hefimaputri
Göteborg, 1 Agustus 2017.
_seminggu menjelang fullterm_

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Catatan Toilet Training Asiyah