Just ordinary pregnancy check up in Gothenburg

Setelah dua bulan di Indonesia, akhirnya kemarin kontrol bidan lagi di Gothenburg.

Pertama datang saya ngerasa seneng bisa lihat ruangan itu lagi. Kayak nostalgia(?) rasanya, begitu cozy dan khas skandinavia. Ada area bermain anak dan juga aneka majalah parenting (sayangnya berbahasa Swedia). Seperti biasa, ga perlu nunggu lama, bu bidan pun muncul memanggil saya.

Pertama kali periksa, adalah ditimbang beratnya. Dan angkanya udah bikin saya males nimbang lagi, hahaha.

Setelah itu lanjut cek tensi, 110/60. Bagus katanya.

Lalu beliau nanya, di Indonesia ada cek darah ga selama kontrol hamil disana? Saya jawab engga, cuma USG aja, sekitar empat kali. Bidannya agak kaget, dan bergumam pelan "Sebenernya ga perlu," Heu, ya gimana karena periksanya sama dokter kandungan kali ya (spesialis, bukan bidan) jadi perangkatnya udah otomatis cek pake USG gitu? Bisa gak sih cek dsog tanpa USG?

Bidannya bilang, "Saya nanya karena kalo kamu mengalami suntikan selama di Indonesia, maka saya harus test kamu lagi, ngetes germs (kuman) yang ada di tubuh kamu (kurang lebih gitu da). Karena tiap kontak dengan peralatan rumah sakit, kita bisa bawa kuman tertentu, dan tentu kita ga mau ada penyebaran disini." Ada untungnya juga selama di Indo ga tes darah apa-apa batin saya, segitunya banget ya pertimbangannya. Asa pas di Indo ga ditanyain hal ini padahal pastilah banyak tes yang sudah saya lalui selama kehamilan sampai bulan ketujuh di Swedia.

Abis itu, beliau meriksa kandungan zat besi dan kadar gula saya. Ini cek standar di tiap kontrol. Lalu beliau memperlihatkan data saya selama ini, gimana kadar hasil di tiap pengecekan dari awal hamil sampai sekarang. Alhamdulillah hasilnya selalu bagus. Terkait HB, saya cenderung selalu ngepas, kadang pas di batas normal, kadang lebih sedikit, kadang kurang sedikit. Jadi inget dulu waktu mau donor darah, sekitar empat tahun lalu, batas HB yang diboleh 12,5 sedangkan HB saya 12,4 jadilah ditolak donor haha (dan saya agak senang karena masih rada takut-takut disedot darahnya). Tes kemarin ini 12,6 kalo ga salah.

Abis itu disuruh tiduran di kasur periksa, bidannya ngukur lingkar perut, seperti biasa pakai meteran jahit, hihi. Terus bidannya meriksa posisi janin, apakah kepalanya udah dibawah apa belum, dan apakah posisinya udah 'ngunci'. Saya disuruh tarik nafas panjang-panjang, lalu hembuskan yang dalam. Alhamdulillah kepalanya udah bagus dibawah dan posisinya juga udah ngunci. Seru sih sensasinya diperiksa manual gini, kayak sakti aja gitu bidannya, pegang-pegang perut lalu langsung tahu posisi dedenya. Sebelum periksa dielus-elus dulu gitu biar dedenya ga kaget kali ya. Tenang juga deh ibunya, terasa berperi kemanusiaan(?).

Abis itu cek detak jantung, diukur ratenya pake alat yang kayak mikrofon gitu. Awalnya dia ragu mau tes ini, karena posisi dedenya udah ngebelakangin perut maka percuma aja katanya (kalo saya ga salah nangkep sih begitu). Tapi tetep dilakuin juga, dan kedengeran ternyata jantungnya, semua normal alhamdulillah.

Tesnya udah gitu aja. Selebihnya ngobrol dan tanya jawab yang cukup lama.

"Saya mau tanya beberapa pertanyaan, yang juga ditanyakan ke semua ibu hamil setidaknya di region ini. Apakah di rumah kamu ngerasa privasimu terganggu? Misal hp kamu constantly di cek sama suami? Atau ada kekerasan verbal/fisik?" Intinya wawancara tentang kemungkinan KDRT. Hebat juga nih pikir saya, salah satu sisi positif sistem yang terintegrasi dengan baik begini (satu pasien dengan fix satu bidan selama hamil, semua data terekam dengan baik di komputer) adalah memudahkan pendataan terhadap pasien.

Setelah menjawab aneka pertanyaan tersebut (alhamdulillah everything is fine), bidan tersebut bilang. "Ok bagus kalo begitu. Kami cuma mau memastikan lingkungan rumah yang akan ditinggali si kecil, tentu ga baik bagi anak tinggal di lingkungan yang buruk." Betul, semoga rumah kita semua baiti jannati yaa..

Setelah itu, bidan membekali saya dengan buku persiapan melahirkan dan lanjut ngobrol-ngobrol dikit tentang lahiran.

"Jadi mulai minggu depan saya udah bisa lahiran kapan aja ya bu (alias full term, 38 minggu)?"
"Ya dari sekarang juga udah bisa. Saya cek perkembangan janin udah cukup kok untuk lahiran." Heee??? Lalu teringat tas lahiran belum siap, basinet stroller belum di pasang, baby swing belum dibeli, wkwkwk..

Kehamilan kedua ini saya jalani dengan lebih relaks dan tenang, saking relaks-nya saya sampe ga ngetrek usia kehamilan sesungguhnya, alias udah berapa weeks berapa hari gitu. HP saya udah penuuh memorinya sama video dan photo Asiyah yang males belum sempet dipindah ke laptop, jadi aja ga bisa install app kehamilan juga. Untungnya ada temen yang due datenya sehari sebelum saya, saya suka ngetrack usia kehamilan dengan nanyain dia hihihi.. Intinya, kelahiran dedek bisa surprise kapan aja, keluarlah saat sudah siap, matang sempurna.. Semoga si setelah Oma sampe sini ya, jadi Asiyah ada yang megangin. Aamiin

Mohon doanya ya :)


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Catatan Toilet Training Asiyah