Iya, gitu

Saling nasihatin itu, bukan karena pertanda diri kita udah baik. Sama sekali enggak lah.
Kita ini, se-ngerasa-soleh/ah apapun, cuma manusia akhir zaman. Hafalannya ga ada seujung kuku periwayat hadits dhaif sekalipun (ini kata Ust Firanda). Apalagi sekaliber ulama-ulama besar di abad pertengahan, apalagi zaman tabi'in, ke zaman sahabat apalagi jauh lah..

Walau begitu, kita tetep harus nguat-nguatin diri saling ngingetin, saling ngasih nasihat. Kenapa? Karena Allah suruh begitu..

Dan tatanan dunia ini ga ngasih kita opsi untuk baik sendiri. Pengaruh lingkungan itu begitu kuat, pengaruh teman bergaul itu adalah hal pasti. Jadi kita ga bisa berlindung dibalik alibi yang penting bener sendiri. Dalam ngasuh anak aja, otomatis tiap paparan itu diserap anak, bisa memberi efek ke anak. Makanya amar ma'ruf, nahi mungkar itu sering disebut-sebut, bagian dari risalah agama ini.

Ga perlu berpikir besar pisan. Seminim niat dalem hati pun bermakna. Dan uniknya, tahu gak, untuk mengubah apapun, kita paling harus mengubah diri sendiri dulu. Mulai dari apa yang dibisa, dan tentu paling bisa ngontrol kelakuan dan isi hati/pikiran diri sendiri ya.

Misal, mau anak seneng alquran, maka orang tuanya juga harus sadar diri buka alquran, pelajarin alquran, jangan gengsi belajar dari 0 tentang cara bacanya gimana yang Allah dan Rasulullah SAW mauin..

Kalo katanya Teh Dea, adalah ke-omdo-an (omong doang) mau anak sholeh/ah tapi orang tuanya ga berusaha juga jadi sholeh/ah. Jleb ga sih?

Ah, ga perlu jadi emak-emak atau bapak-bapak dulu juga kok untuk nampar diri urgensi menyolehkan diri. Jadi sholeh toh untuk diri sendiri kan? Karena takut sama Allah dan berharap bisa merasakan rahmat-Nya yang terbesar yakni surga?

Intinya mah. Jangan ragu, jangan kasih celah setan untuk berhenti berkebaikan. Ga akan beramal kalo nunggu diri kita jadi malaikat. Dan jangan pernah ngerasa cukup sholeh cuma karena jadi bagian dari penyeru. Da'i mah tugas tiap muslim. Udah gitu aja self reflection hari ini. Semangat terus!

_untuk dibaca dengan nada selow
tertanda, emak hamil 9 bulan lebih_



Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia