Catatan Toilet Training Asiyah

Kami memulai toilet training (TT) saat Asiyah berusia 33 bulan. Sengaja mau ngajarin TT setelah sapih beres, dan saat summer. Ga kebayang ngajarin TT di bulan selain summer, di summer aja mataharinya ga nendang, apalagi di musim lain. Dan berhubung kami abis ke Indonesia dua bulan di awal summer, jadilah TT di mulai setelah kita settle lagi di Swedia sekitar empat hari setelah landing. Hoho. Alhamdulillah ga pake jetlag, semua langsung tune in sama daily life biasa.

Day 0, 5 Agustus 2017:
Sebelum TT di mulai, kami gulung karpet, pasang sepre anti ompol di kasur dan sofa, siapin CD dan training pants (TP) di posisi lemari yang terjangkau Asiyah.

Day 1: pakai training pants alias TP tiga biji, semuanya sukses kena ompol, sekali kena pup. Karena pakai TP anaknya tetap lempeng aja, kurang merasa ga nyaman karena terserap. Diperhatikan pola pipisnya satu jam sekali, tapi sedikit-sedikit jadi semua terserap ke TP. Karena stock TP sudah habis mulai beralih pakai CD aja.
- Pertama kali bocor di CD anaknya bengong, pertama kalinya merasakan sensasi pipis itu basah dan ga nyaman
- Tidur siang dan malam masih pakai pospak

Day 2:
- Bangun tidur pospak penuh dan malah ada pupnya
- Start the day pakai CD, berhasil pipis di potty dua kali. Yeay, good job! Di tatur tiap jam, belum bilang sendiri
- Dua kali bocor, di dapur dan di ruang tamu. Di dapur waktu mau snack time, saya udah feeling ini jadwalnya dia ke potty, eh bener aja baru dia buka kulkas mau ambil yoghut taunya bocor.. "Bunda, Asiyah bocor." Masih keliatan bingung tiap kali bocor. Saat udah keluar selalu lapor. Yang kedua saat lagi main di ruang tamu, Bunda di dapur, "Bunda, Asiyah pipis, tapi di pojokan." Kayak agak merasa bersalah sekaligus kaget sekaligus bingung gitu. Langsung cebok ke kamar mandi

Day 3:
- Mulai dicoba sistem reward kalo berhasil pipis/pup di potty *lirik jemuran ga kering-kering. Rewardnya apa? Smarties tiga butir yang ukuran kecil, hahaha.
- Ga ada bocor sama sekali. Yeay! Alhamdulillah
- Sore udah bisa nahan pipis sekitar dua jam. Main ke playground depan rumah tanpa diapers, juga ke laundry room. Sampe rumah baru dipipisin. Good job! Udah bisa nahan pipis, pe-er selanjutnya gimana Asiyah bisa bilang dulu sebelum pipis.
- Diapers selama bobo siang kering
- Diaper selama bobo malam ada pipisnya sedikit (mungkin cuma sekali menjelang pagi)
- Pas mau dipakein diaper malem anaknya bilang, "Yeay asik" Wkwkwk, berasa lagi SPMB ya nak..

Day 4:
- Sekali bocor abis mandi, kayaknya karena kebanyakan minus jus terus dingin terus abis mandi lama juga jadi dia ga sadar, hehe. Lupa juga dipipisin lagi abis mandi berendem lama.
- Diapers selama bobo siang kering (atau basah dikit ya saya lupa)
- Diapers bobo malam masih basah

Day 5:
- Ga ada bocor. Well, sebenernya ada sih. Jadi karena bobo siang dan malam masih dipakein diapers, pas bangun tidur siang dia kelepasan pipis di diapersnya karena kelamaan gogoleran setelah bangun tidur (harusnya segera pipis). Lucunya, pas dia 'ga sengaja' kelepasan pipis di pampersnya, dia langsung ngerasain celana dan kasurnya terus bilang, "Asiyah bocor, tapi kasurnya engga basah." Hehe, antara merasa bersalah tapi bingung juga kali ya..
- Bisa pup di potty, yeay. Awalnya disuruh pipis, eh pup yang udah ditahan dari kemarin (dari kemaren jadi gassy perutnya), akhirnya keluar juga. Asiyah bilang, "Asiyah pipis eh keluar *** wkwk."
- Reward mulai ditiadakan
- Karpet mulai dipasang lagi

Day 6:
- Ga ada bocor. Tapi masih belum bisa/mau bilang kalo mau pipis. Lebih pilih menahan sampe disuruh pipis lagi.
- Main puddle keluar dilanjut ada tamu sampai malam, saya pakein diapers deh. Nah salah saya males belum telaten naturnya di aneka kondisi, seperti kalo bertamu begitu. Jadilah dari sore sampe malem anaknya bebas berbocor-bocor ria di pampers.

Day 7:
- hari ini kita ke IKEA, tetep dipakein diapers, cuma sampe sana langsung dipipisin. Sayangnya saya dua kali kelupaan ngepipisin dia, harusnya tiap saya pipis (yang mana sering banget udah hamil 9 buan) saya ikut ajak anaknya. Jadilah bocor juga 2x. Kok tahu? Soalnya tiap bocor anaknya bilang :)) "Asiyah bocor, tapi di pampers." Wkwk..
- Selebihnya selama di rumah ga ada bocor
- Udah dua hari belum pup, padahal perutnya udah gassy banget. Udah nongkrong lama belum mau keluar juga.. Masih kagok kayaknya ngeluarin pup di potty. Semangaat nak!
- Lusa sekolah!!

Day 8:
- Kelepasan bocor dikit sekali. Kok dikit? Iya karena sisanya ditahan, cuma keluar dikit di celana ga sampe rembes, pas didudukin di potty baru keluar banyak.
- Akhirnya yang ditunggu-tunggu nongol juga; poopoo! Sampe tiga ronde saking banyaknya, nahan tiga hari heu. Setelah diiming-imingi smarties enam butir hihi
- Main keluar ga pake diapers, lantjar
- Tidur siang masih ada pipisnya dikit di diapers, kayaknya sekali deh

Bisa dibilang hari perjuangan (cucian celana kotor melimpaaah) adalah di dua hari pertama. Selebihnya udah ga banyak bocor selama dipipisin sering-sering. Pe-ernya gimana Asiyah bisa bilang tiap mau pipis dan pup, lalu lepas diapers sama sekali di bobo siang pun malam pun pergi-pergi. Atau sekalipun dipakein diapers anaknya udah tetap risih jadi tetap bilang dan pipis dan pup pada tempatnya.

Saya bersyukur juga sih memulai TT di usia Asiyah yang udah siap (udah cukup lancar dan jelas komunikasi dua arah), pelvic mussle juga udah cukup kuat untuk nahan pipis, jadi ga banyak drama. Sejauh ini kami melalui proses TT dengan happy tanpa frustasi atau esmosi. Nyaman aja gitu. Saat dia bocor diawal-awal sempet khawatir sih, ini gimana bocor sering banget mana kalo disini nyuci lama keringnya (mataharinya ga kuat sedangkan laundry room ada jadwalnya). Tapi ternyata kekhawatiran saya ga bertahan lama karena cukup dua hari dan anaknya menunjukan progress berarti, setidaknya cucian kotor ga numpuk pisan. Alhamdulillah saya dan suami bisa bawa santai dan maklum saat Asiyah bocor ini, ga baper gitu. Ya namanya anak belajar. Apalagi ekspresinya juga udah kasian, bingung plus ga enak hati gitu tiap bocor. Saya ga mau ngajarin TT buru-buru cuma karena ngejar keren atau apa, heu, tiap keluarga punya alasan tersendiri kapan memulai proses ini. Selama punya alasan kuat ya jalanin aja.

----
Setelah catatan diatas, Bunda vakum lama nulis jurnal TT ini, sampai akhirnya lahiran dede Maryam dan beginilah updatenya..

Alhamdulillah terhitung sejak akhir agustus, mungkin sekitaran adeknya lahir ya (21 Agustus 2017), Asiyah udah lulus 100% toilet trainingnya. yeayy! Berarti lamanya TT ini sekitar 2 mingguan ya..

Asiyah yang minta sendiri untuk lepas pampers malem-malem. Pas pergi jauh sekarang masih suka dipakein pampers sih untuk jaga-jaga, tapi Asiyah dibilangin kalo itu untuk jaga-jaga aja, harus tetep bilang. Soalnya kadang toilet susah dicari atau mahal (haha), kadang malah ga bisa pakai cash..

Alhamdulillah proses TT ini terasa dimudahkan dan menyenangkan, mungkin karena memang timingnya pas, yakni udah nyambung komunikasi dua arah, dan dari sisi kognitif juga udah siap.

Tips:
- Saat masa berbocor-bocor ria, jangan dibawa ke hati, anggep lucu aja, apalagi ekspresi kebingungan anaknya pas bocor emang beneran lucu heu.
- Di kami, lebih ampuh anaknya langsung pakai celana dalam, tanpa training pants. Emang sih kalo ompol langsung rembes, tapi anaknya jadi ngerasa ga nyaman yang akhirnya lebih terpacu untuk belajar (tahu kalo ompol tuh ga enak sendiri). Apalagi kalo Asiyah tipenya diawal-awal itu pipisnya sering tapi dikit-dikit, bisa kayak cuma satu sendok teh, kalo pake training pants kan jadi ga kerasa karena keserap sama bantalan handuknya. Belum lagi kalo abis dicuci, ngeringinnya lebih lama, ga Sweden-friendly banget (haha, kecuali punya dryer sendiri yaa)
- Reward works. Namanya toddler ya doyan hadiah. Pas masa-masa belajar pup di toilet Asiyah bisa nahan pup sampe 2-3 hari karena belum biasa. Setelah dijanjiin hadiah (sesederhana kismis atau smarties tiga biji), anaknya langsung bersemangat berusaha pup.

Sekian catatan TT Asiyah, buat kenang-kenangan ^_^

You did a greaatt job, my lovely big girl :)

Göteborg, 1 September 2017


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia