Melatih Kemandirian Anak #Day7

Alhamdulillah, saat ini kami sudah di Swedia lagi. Ga berasa delapan minggu waktu mudik di Indonesia. Asiyah excited banget pas tahu harinya naik pesawat lagi ke Swedia tiba, happy dan sangat koperatif sepanjang perjalanan 27 jam lebih itu, alhamdulillah.

Oke, kami sampe di apartemen sekitar tengah malem, Asiyah yang ketiduran di carseat taksi langsung dipindahin ke kasur dan bablas tidur lagi sampai pagi. Untungnya sebelum take off dari transit di London udah makan dan ganti pampers, perjalanan dari London pun ga lama, cuma dua jam aja di pesawat. Selama di pesawat anaknya tidur terus, bahkan sampe landing. Melek selama di Bandara dengan mata 5 watt, dan bablas tidur lagi di taksi.

Paginya sekitar jam 7an anaknya bangun. Langsung girang saat sadar udah di Hjällbo. Ga lama sesi manja-manjaan di kasur, karena anaknya langsung beringsut menyapa semua mainannya dan keluar kamar menuju... tenda-tendaannya di ruang tamu! Hihi, emang dari di Indo udah bilang mau main tenda-tendaan kalo udah di Swedia.

Karena udah di Swedia lagi, maka Bunda dan Ayah pun bertekad memulai lagi pembiasaan makan mandiri sendirinya. Start dari sarapan. Bunda udah siapin makaroni dan sup miso pagi itu. Sounding makan sendiri sesampainya di Swedia udah dilakukan jauh-jauh hari, jadi anaknya udah siap mental.

Sesi makan pertama ini cukup baik, mau nyuap sendiri. Catatannya masih suka terdistraksi dengan minta aneka hal, main-main (naik-naik kursi, dsb), dan butuh berkali-kali diingetin supaya fokus nyuap lagi. Untuk percobaan pertama udah bagus alhamdulillah. In the end abis juga.

Abis makan kita belanja ke supermarket deket rumah karena kulkas kosong dan persediaan makanan udah tipis. Beras aja ga ada, hehe. Asiyah yang lagi-lagi udah di sounding untuk mandiri pake apa-apa sendiri juga nurut pake kaos kaki sendiri, sepatu sendiri, topi sendiri, cuma jaket agak dibantu Bunda dikit.

Snack pagi makan yoghurt 2 cup, sekitar 100ml, sama alpuket segigit (sisanya sebiji diabisin Bunda, enaak ternyaa alpuket pake yoghut, yummy!).

Makan siang pake sup makaroni, dan roti panggang mentega 1,5 buah. Saya awalnya skeptis pas Asiyah bilang mau roti panggang, takut ga kemakan kayak tadi pagi minta tapi dianggur aja. Eh ternyata malah lancar jaya. Hehe. Alhamdulillah.

Snack sore: apel dua potong, yoghurt 50 ml.

Makan malam: sup makaroni dan salmon. Ini nih yang drama. Awalnya makan bertiga, tapi saat anaknya mulai sendet makannya, Ayah pun keluar dapur dan milih nunggu diluar daripada gemez.

Sama Bunda makan awalnya lancar jaya sekitar 20 menit udah abis semua. Tappiiiiii di suapan terakhir (yang sebenernya adalah tiga suapan disimpan jadi satu dalam mulut), mandek ga ditelen-telen. Bunda ngamatin selama ini kalo nyuapnya kebanyakan Asiyah jadi susah nelennya, ujung-ujungnya diemut. Anaknya berusaha ngunyah, tapi entah kenapa itu makanan ga lolos-lolos ketelen. Segala cara dicoba untuk nyuruh telen tapi tetep ga bisa ketelen. Yang lucu, lagi hopeless nyuruh nelen, dan berujung saya diemin, eh anaknya terisak sambil bilang, "Bunda, doain dong." Huks, padahal sepanjang nyuekin itu saya juga lagi komat-kamit berdoa, biar dilancarin proses ngajarin ini. Saya emang suka berdoa sambil bersuara biar anaknya denger, begitu juga kalo anak lagi berulah, esmosi jiwa suka dialirkan jadi doain kenceng-kenceng. Eh anaknya hapal, di sikon begitu request doa hihihi. Bunda jadi ga konsen kan nih 'ngomel'nya. Heu

Kalo gini gimana sih moms baiknya? Ditegasin suruh telen apa biarin aja dilepeh? Abis beberapa kali di Indo saya ngelonggarin boleh lepehin kalo udah ga ketelen-telen (biasanya yang suapan kegedean atau dagingnya kurang lembut), tapi keliatan jadi kurang berusaha gitu seterus-terusnya, ngarep bisa dilepehin kali jadinya. Jadi kali ini saya tetep teguh pendirian kalo anaknya harus ngabisin itu suapan terakhir. Setelah segala cara ga mempan akhirnya urusan diserahkan ke Ayah. Bunda ngambek.

Anaknya ngobrol empat mata sama Ayah, entah ngapain di kamar. Bunda nyuci piring, beberes dapur, terus ke kamar mandi mau wudhu. Pas mau keluar kamar mandi terdengar pintu kamar mandi dibuka (emang sengaja ga ditutup rapet). Asiyah nongol dan minta maaf. Heu. Adegan ini nih yang udah Bunda nantikan. Kami emang biasain tiap bikin ulah kudu minta maaf pas udah tenang. Kan garing ya kalo abis bersitegang(?) terus ujug-ujug sayang-sayangan lagi, harus ada adegan minta maafnya dulu :D Ditutup dengan janji makan sendirinya makin cepet, ga diemut, dsb dsb. Semoga jadi pembelajaran ya nak kejadian ini, biarlah berkesan sedikit, semoga emang worthed. Dan Bunda tetep harus belajar terus anger managementnya, dan memisahkan mana yang patut dibawa tegas mana yang boleh longgar.

In the end, Bunda senang dan bangga dengan usaha Asiyah hari ini. Ini baru hari pertama di Swedia. Hari pertama ke 'kehidupan normal', setelah dua bulan lamanya kita mudik di Indonesia.

Bismillah ya, kita berlatih terus semoga segera menetap jadi habit yang baik. Aamiin!

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia