Melatih Kemandirian Anak #Day2

Seperti yang ditulis dalam postingan sebelumnya, dalam tantangan level dua selama 10 hari ini setidaknya ada dua topik yang mau kami latih ke Asiyah. Pertama, urusan makan sendiri. Kedua, urusan tidur 'sendiri'. Kenapa pake tanda petik? Karena ga bener-bener tidur di kamar sendiri tanpa orang tua, melainkan bisa tidur merem tanpa banyak intervensi alias dikeloninnya minimal.

Urusan makan, dalam kurang lebih tiga hari sejak tantangan ini dimulai, belum ada progress berarti. Selain karena kami makan juga di karpet selama di apartemen Jakarta ini, yang mana lebih susah fokus dibanding duduk di kursi meja makan, saya jg ngerasa Asiyah makannya tetap baik walopun disuapin. Maksudnya? Jadi yang bikin pengen garuk-garuk tembok itu kalo nyuapin tapi si anak makannya diemut atau lama. Nah kalo disuapin tapi makannya cepat dan lahap, saya sih masih enjoy ngelakuinnya, heu. Saya pun menikmati romantisme nyuapin anak mumpung masih kecil. Pas gede semoga doi jg mau nyuapin saya lucu-lucuan(?), alias tanda sayang aja gitu hahahaha. Keinginan yang aneh.. Menurut saya makan sendiri skill yang ntar pas gede juga bisa sendiri gitu. Jadi sekarang ya ga ngoyo biar dia mau. Tentu tetap dilatih, tapi ga mau yang sampe obsesif atau baper atau bikin setres gitu. Fun aja, meninggalkan ngomel-ngomel, baper kalo anaknya lagi ga mau makan sendiri, atau cara keras lainnya.

Jadi saya mau banyakin pembiasaan dan rewarding dulu sekarang-sekarang ini. Dan mensyukuri banyak-banyak tiap usaha kecilnya.

Nah tapi bukan berarti tanpa teknik dong. Ini beberapa yang saya lakukan=
- Melatih dengan reward (termasuk pujian akan sikap dan progresnya)
- Memberi motivasi untuk makan sendiri. "Kalau sudah besar makannya sendiri, nak. Disuapin emang enak si ya? Tapi kalo makan sendiri kita jadi bisa mandiri, ga bergantung orang lain. Bunda berdoa semoga ga lama lagi Asiyah juga senang makan sendiri. Hebat deh" Kurang lebih gitu yang kebayang. Pemberian pemahaman terus menerus
- Mengurangi snack di dekat jamnya makan berat. Atau ya dikit aja. Di waktu snack time baru deh makan snack bebas. Saya juga pengen dia berani nyoba aneka makanan, apalagi mumpung di Indonesia.
- Durasi makan 30menit

Udah gitu aja. Kayaknya selama makannya masih di karpet gini agak susah pembiasaannya. Tapi ya bismillah aja. Utamanya nanti pas di Swedia ya, toh ini masih holiday mode on juga. Hepi hepi lah kau nak!

******

Urusan tidur yang alhamdulillah progressnya pesat. Masih inget beberapa minggu lalu anaknya masih suka minta digarukin sebelum tidur. Terus sempet ganti jadi dielus-elus pake tisu, heu. Sebenernya ga ada yang salah sih, cumaaaa kalo digarukin atau dielusin itu awalnya asik lama-lama anaknya rempong sendiri ngarahin tempat garukinnya yang berujung lama ga tidur-tidur. "(Garukin) di punggung. (Garuk disana). Punggung atas. (Pindahin kesana). Deket kepala. (Pindahin kesana lagi). Kaki. (Pindahin lagi). Bukan ituu.. Ini.." Panjaaang lah ora uwis-uwis. Yang ada matanya makin seger kalo kita garukinnya salah posisi. Mana kadang saya ga boleh sambil rebahan, harus sambil duduk biar dia yakin saya ga ketiduran wkwk.. Tau aja Bunda pelor..

Maka akhirnya kami memutuskan untuk menghentikan ritual ini karena mulai ga hepi ngejalaninnya. Apa yang dilakukan?
- Sounding, kasih pemahaman, dan beri reward. Saya ngerasa Asiyah sangat mudah koperatif kalo dikasih pengertian, dan pengertiannya emang harus jujur dan logis ya. "Asiyah, bobonya jangan digaruk lagi ya. Kalo digaruk Asiyah jadi lama bobonya. Dipeluk aja ya, atau Bunda pegangin aja kakinya." Misal gitu. 
- Reward. Beberapa hari awal dijanjiin reward (jurus ini keluar terutama kalo kepepet yakni emak udah 5 watt tapi anak masih blm tidur-tidur). "Kalo Asiyah bobonya mudah besok dikasih hadiah es loli." Lalu jepp anaknya berusaha menutup mata. Dan besoknya inget dong ga perlu diingetin hahaha. "Asiyah kan bobonya mudah. Mau es loli". Cukup ampuh untuk pembiasaan awal. Lama-lama ga pake dijanjiin lagi udah bisa.
- Tidurin emang kalo dia ngantuk atau udah jam nya. Nidurin anak yang emang ngantuk tentu save tenaga ketimbang maksa anak yang masih seger untuk tidur.
- Oiya disounding juga kalo kebangun merem sendiri lagi. Alhamdulillah beberapa hari terakhir ini udah mulai konsisten tidur sepanjang malam. Kadang jam 4an suka rawan bangun ya, idealnya sih emang jam subuh bangun aja serumah. Tapi kami masih belum pede, asa kepagian untuk anak-anak, apalgi yang nidurannya butuh usaha, jadilah disuruh tidur lagi. Kadang bablas sampe pagi tapi.
Kemarin Bunda dan Oma ke mesjid sunda kelapa minggu pagi, Asiyah masih bobo karena tidurnya juga malem. Bunda udah bilang dari malam kalo kemungkinan pas Asiyah bangun nanti Bunda ga ada (ayah lg conference ke US), jadi ditemenin Opa dulu, bentar kok, tp semoga sblm asiyah bangun bunda udah di rumah lagi. Dan bener dong, anaknya ttp hepi walopun di sebelahnya Opa bukannya Bunda. Ga kaget sekalipun bukan hal biasa baginya. Dan kata Opa selama ditinggal juga ga bangun-bangun. Alhamdulillah. Gooodd job!

******

Teknik mendidik anak (kedisiplinan, kemandirian, atau apapun itu) ada buanyaaak teorinya di internet. Tapi, suatu hari saya baca di buku 'Prophetic Parenting' adalah kisah Rasulullah SAW yang bersegera menenangkan cucunya saat menangis. "
Tidak tahukah kamu tangisannya menyakitiku? ,(atau membuat sedih, terasa berat bagi beliau)." Katanya ke Fatimah RA. Juga kisah saat salah satu cucu beliau (Hasan, atau Husein saya lupa) terjatuh dekat mimbar saat beliau sedang menyampaikan khutbah (ini dari buku anak 'Sahabat Kecil Nabi Muhammad),  beliau bersegera mengambil cucunya dan meninggalkan audiens sejenak. Beliau tidak kuasa membiarkan cucunya terlalu lama jatuh. Betapa lembut hati beliau pada anak-anak. Walaupun tentu yang halal dan haram tetap tegas dibedakan. Ini dapst dipetik dari kisah Hasan memakan kurma sederkah (ada di kajian ust budi ashari dan web parentingnabawiyah), tapi dengan peringatan bertahap beliau keluarkan kurma itu dari mulut Hasan. "Ish ish" (Peringatan pertama, suara menghardik sesuai bahasa saat itu). "Keluarkan kurmanya, tidak tahukah kau bahwa keluarga Muhammad tidak menerima sedekah" (Berkata dan memberi pengertian). Dan terakhir dengan tangannya mengeluarkan kurma tersebut (Dengan perbuatan nyata). Jadi dipertengahan, mendidik dengan penuh cinta sekaligus jelas mana boleh dan tidak boleh. Bismillah dulu yaa!!

InsyaAllah bisa mendidik (kemandirian atau apapun itu) tanpa perlu baper, teknik keras, apalagi menyakitkan. Semoga Allah karuniakan hati lembut tulus penuh cinta, jauhkan rasa malas, dan bimbing ke apa-apa yang Ia ridhoi.

Bismillah!

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia