Kemana-mana

Liat kasus bullying yang sekarang banyak ke blow up, sungguh bikin miris hati. Beberapa pengakuan dari teman-teman di medsos yang mengalami bullying bahkan ada yang pernah berpikir bunuh diri sejak masa SMP, bikin saya sadar juga kalo ini bukan hal baru. Udah ada dari dulu. Cuma baru ke blow up sekarng aja di zaman medsos.

Saya pun mengingat kembali, dulu di zaman SD saya menyaksikan sendiri ada teman yang di bully di kelas. Di kelas. Masih di area sekolah. Dan ini parah banget. Dia (cowo) sampe digotong rame-rame dan dimasukin ke tong sampah biru gede di luar kelas. Anak-anak cewe udah ribut ngebelain dan ngasi tahu kelakuan mereka kelewatan, tapi cuma ada satu anak cowok yang saat itu jadi primadona SD yang nolongin korban bully, dibantu keluar dari tong sampah. Parah banget sih. Para pembully itu ngerasa yang mereka lakuin lucu, dikira keren. Anak yang jadi korban emang terkesan lemah, manja, dan anak mami. Semakin diisengin, ibunya dateng ke sekolah, dan dandanan ibunya yang mencolok (rok pendek dan seinget saya ber make up cukup kentara) bikin temen-temen malah makin semangat bully anak itu. Sampe akhirnya anak tersebut pindah sekolah. Ini peristiwa bully yang paling berkesan buat saya.

Alhamdulillah saya pribadi ga pernah ngerasa di bully. Pembawaan saya emang rada tegas sih apalagi sama anak-anak cowok. Sedangkan sama anak-anak cewek alhamdulillah Allah selalu kasih circle yang baik, sekalipun di lingkungan yang ga ideal sekalipun.

Salah satu yang bikin saya kuat dan rada siap mental menghadapi situasi di sekolah yang unexpected adalah nasihat-nasihat mama untuk jadi anak yang kuat. Ngeliat mama yang juga lempeng sama temen-temennya, saya jadi punya potret yang baik tentang hubungan pertemanan. Dulu temen-temen kantor mama udah kayak tante saya sendiri. Terus dari kecil biasa main sama sepupu yang lebih tua, jadi sedikit banyak menyerap cara bersosialisasi di luar sana dan sekaligus juga keberadaan sepupu tersebut bikin saya ngerasa aman. Keluarga yang penuh kasih memberikan rasa nyaman dan tempat berpulang yang menyenangkan.

Hem. Tapi ada sih peristiwa besar yang 'meretakkan' diri saya. Bukan bullying ala teman seperti yang lazimnya diketahui. Melainkan proses kaderisasi yang sangat berat. Saat pemilihan ketua salah satu organisasi di sma tepatnya. Peristiwa-peristiwa tak terdokumentasi di seleksinya, sedikit banyak mempengaruhi psikis saya. Kaderisasi yang cukup wow (berusaha hati-hati mendeskripsikannya), terus beban mental dan ekspektasi yang tinggi dari berbagai pihak, ini yang sukses bikin mental saya menciut. Sempet ada masa rasanya pengen kabur aja dari dunia, pengen tidur aja dan males bangun lagi. Dan sejak saat itulah saya jadi punya kebiasaan tidur sepanjang jalan di mobil. Ini habit yang saya sadari, saya paksakan mulainya, karena bener-bener pengen 'lepas sejenak' dari dunia. Jadi ya beban yang terlalu berat juga bisa bikin mental down, bukan cuma bully.

Kalo sekedar diteriak-teriakin kakak kelas rame-rame mah biasa, saya juga tahu mereka pada acting, mama udah ngebekelin dari awal. Masalahnya proses penggodokan ini lain dari yang lain, mainnya mental. Seolah kita jadi mikir, "apa bener ya yang mereka bilang? that I'm not good enough?". Peristiwa-peristiwa itu cukup bikin saya ilfil sama organisasi sejenis, makanya pas masuk kuliah langsung eneg sama BEM, ga selera bahkan sekedar daftar. Pengen tetep aktualisasi diri, tapi di wadah yang jelas menyentuh langsung masyarakat dan ga ada prosesi-prosesi makan tenaga-waktu yang ga perlu. Peristiwa itu juga bikin saya jadi lebih 'diam', lebih 'nyimpen'. Dan ini jadi pelajaran bagi saya untuk ke anak. Saat anak jadi makin pendiam, ini tanda bahaya. Mentalnya bisa lagi 'melumpuhkan diri', lagi 'save mode'. Biasanya di masa itu saya akan cerita apapun ke mama, tapi mengenai prosesi kaderisasi tersebut saya bahkan ga selera untuk mengingatnya lagi.

In the end, sisi humor di perlukan dalam hidup. Bahwa yang terjadi ya sudahlah. Jadi lelucuan aja. Walopun kalo bisa kembali ke masa itu sih rasanya pengen bilang ke diri saya untuk ga usah abisin waktu dan tenaga ke hal yang ga perlu, set prioritas. Privat masak sama mba ros gitu misalnya, atau terjun langsung ke kolong jembatan ngajar anak jalanan, atau jadi volunteer ke panti asuhan rasanya lebih baik. Dan semoga ga terulang di masa depan ke anak cucu. Ada sedikit bangga juga sih bisa ngelewatin itu semua dan tetap 'hidup'. Ya setidaknya berhasil melewatinya.

Ini baru intro da.

Saya sebenernya mau bilang kalo saya bener-bener berdoa dan meminta perlindungan ke Allah untuk keselematan mental dan fisik anak keturunan kami. Komunikasi yang baik dan rasa percaya semoga selalu terjaga sampai kapanpun antara saya dan anak. Harapan saya cuma satu, goal besar saya adalah, anak akan selalu merasa nyaman ada di dekat saya, selalu merasa nyaman menceritakan apaaaapuuun ke saya. Izinkanlah ya Allah.. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia