Pengalaman Anak Terkena Flu Singapura

Dan... Asiyah pun sakit.. Hiks..

Seminggu pertama mudik ke Indonesia ada drama gatel-gatel yang ternyata diketahui adalah biang keringet. Ada lagi, ditambah gigitan nyamuk yang ganas plus kulitnya yang sensitif bikin reaksi bentol yang berlebihan kayak bisul.

Gatal mereda muncul lah demam. Saat demam ini anaknya masih bisa aktivitas seperti biasa, nafsu makan tetap terjaga, cuma lebih lemes dikit dan mood yang agak fragile. Demam dimulai Kamis malam. Ga lama muncul bintil-bintil di tangan dan kakinya. Saya ga curiga apa-apa karena kirain masih reaksi dari gatal sebelumnya (efek gigitan nyamuk atau reaksi demam aja).

Sabtu malamnya bertepatan ada bukber keluarga di rumah. Saya udah ragu mau ajak Asiyah gabung, cuma berhubung acaranya di rumah, jadi mau ga mau ketemu dulu walau cuma bentar karena terbukti Asiyah udah terlalu lemes, ngantuk, dan lelah. Jadi pelajaran buat ke depannya, kedepankan logika daripada perasaan, apalagi untuk kebaikan anak. Anak sakit maka sebaiknya kekep dulu, karantina, untuk kebaikan semua.

Dan benarlah, demam ternyata hanyalah gejala, besok paginya, di hari Minggu muncul lah sariawan! Bukan sariawan biasa karena jumlahnya banyak, tepatnya luka di lidah dan pipi. Ini lebih ngenes karena anaknya jadi susah makan dan minum. Saya gugling akhirnya dapet info kalo sariawan lebih dari 1-2 maka itu bukan sekedar sariawan tapi kemungkinan karena infeksi virus. Bergulirlah selancar itu sampe akhirnya ketemu istilah "Flu Singapura" (penjelasan lebih teknis bisa dibuka disini). Gejalanya klop banget yakni demam (di Asiyah 3 hari), keluar bintil merah berair di tangan dan kaki, dan sariawan. :"(

Karena Flu Singapura ini diakibatkan virus, maka ga ada antibiotik atau obat sakitnya. Tubuhlah yang akan melawan virus itu sendiri seiring waktu. Obat yang bisa dikasih untuk meredakan gejala aja kayak parasetamol untuk demam, maupun obat sariawan, dan vitamin.

Hari pertama sariawan kasian bgt, Asiyah refleks ambil aneka makanan tapi begitu mau dimasukin mulut sadar kalo bakal sakit jadi aja ditaro lagi. Hari pertama ini cuma berhasil masuk sereal 2 mangkok kecil (sebelum dia sadar kalo luka mulut deh kayaknya), jus melon 1/8 cup besar, air putih sedikit, susu, sama air kurma. Saking sakit mulutnya mingkem aja ga bisa, ngeces terus jadinya, baju sampe basah-basah. Mau tidur susah karena kelaperan, akhirnya berhasil masuk spirulina satu sendok makan diminum pake sedotan aqua.

Hari kedua masuk bubur sup semangkok siang hari, susu, puding. Sepanjang sore-malem ga makan minum apa-apa, siang juga popoknya kering aja. Mulai khawatir takut dehidrasi. Akhirnya setelah bujuk dan cara-cara lembut ga mempan, akhirnya terpaksa lake ancaman dan alhamdulillah akhirnya berhasil masuk sup tofu. Abis semangkok anaknya minta nambah, kan laper kan (cuma takut/trauma bakal sakit). Akhirnya abis sop tofu 2 mangkok, susu, air kurma. Lumayan yang penting tidur ga kelaperan. Hari ini lemes aja, kebayang sih makannya aja minimalis. Senyum juga nyaris ga ada.

Hari ketiga masuk puding 2 cup, susu 2 kotak 115ml, sup tofu siang dan malam masing2 semangkok, air kurma, spirulina setengah bungkus, dan air putih sekitar 1 gelas. Protein selama sakit ini mostly dari tofu sama spirulina aja. Sampe hari ini belum ada karbo apapun yang masuk (nasi/roti atau sejenisnya). Mulai keliatan senyum walopun irit.

Hari keempat, bangun tidur langsung minum susu sekitar 100ml. Lanjut puding. Lanjut sup tofu (ini pake perjuangan dan ancaman, khawatir dehidrasi karena pipisnya jadi sedikit). Air putih lebih susah masuknya. Air kurma juga penuh perjuangan. Sup tofu lagi buat siang, puding, dan susu sekitar 100ml. Nah pas maghrib dicobain sirup marjan eh doyan, pake es batu juga padahal hari pertama sariawan dikasi es batu tetep nangis. Terus malemnya makan mi setengah porsi (makannya dipulung kecil-kecil) dan puding 2,5 porsi. Alhamdulillah. Hari ini udah ga ada ences dan mulai mau ngomong apalagi abis minum sirup. Walopun dibanding hari-hari biasa mah ini itungannya diem banget. Mulai ceria selama ga lagi ngantuk atau cape.

Saya mikir keras darimanaaa kira-kira bisa kena virus ini. Lalu saya inget ada anak yang dateng main ke rumah hari selasa, dan anaknya lagi sariawan, makannya jadi susah. Saya jadi curiga apa kena dari situ. Saya coba pastiin eh ternyata bener sariawannya pake demam juga, pake ke dokter (berarti bukan sariawan biasa toh). Hiks. Emang penyebaran virus ini cepet banget. Dua hari abis kontak itu Asiyah demam. :( Ya nasib balik Indo kok kayak masanya diet alami, 2 tahun lalu pas mudik juga Asiyah pertama kalinya kena demam batpil (usia 10.5bulan), sukses bikin lemak yang susah payah ditimbun selama di Swedia menipis. Hiksss.. Montoknya Bundaaa.. Abis sakit genjot makan lagiii ya naaakk... Kasiaan menderita banget anak ga bisa makan (padahal pengen) gini teh..

Agak sedih sih, harapannya di Indo bisa maksimalin liburan dsb eh malah sakit. Mungkin karena udara disini lebih lembab dan subur(?) ya jadi penyebaran penyakit boleh jadi lebih cepat. Ditambah abis perjalanan jauh juga jadi kondisi imunnya mungkin lagi ga fit. Tapi ya balik lagi, ini udah takdir dan sumber penyakit bisa dari mana aja jadi bismillah aja pasti ada hikmahnya.

Untungnya tidur malem masi terhitung mudah Siklus tidur juga udah normal, ga jetlag lagi. Alhamdulillah.

Sebentar lagi lebaran, tepatnya 4 hari lagi. Semoga sebelum lebaran udah sembuh 100%. Kalo dihitung dari demam maka ini udah hari ketujuh. Mohon doanya yaaa. Semoga imunnya Asiyah makin kuat, ga ada sakit-sakit lagi, bisa menikmati liburan di Indonesia dengan optimal. Selama fase awal sakit bahkan emak megang hp lama aja ga napsu (eh ga sempet) heu.

Pelajaran=
1. Demam boleh jadi indikasi atau gejala dari penyakit. Jadi ga tepat kalo dibilang 'sakit demam', demam cuma reaksi tubuh aja, gejala dari sakit yang lain. Jangan remehin demam. Segera karantina anak saat ia demam, biar penyakitnya ga menyebar ke yang lain. Begitu pun saat recovery, karena boleh jadi virusnya masih ada. Flu Singapura sendiri butuh waktu penyembuhan 7-10 hari, walau tentu balik lagi ke imun tiap anak. Penyakit ini cepet banget menular salah satunya lewat udara.
2. Saat sariawan berat, makanan yang paling bisa masuk puding dingin dan susu dingin. Makanan asam dan hangat bikin anak makin menjerit.
3. Siapkan stok sabaaarrrr sebanyak-banyaknya. Berdoa banyak-banyak, istighfar. Karena terutama di hari-hari awal fase luka mulut alias sariawan anak bisa sangat menderita (dan tentu pengasuhnya).
4. Waspada dan jangan langsung diajak ngoboy kalo anak sekiranya daya tahan tubuhnya lagi ga fit misal abis perjalanan jauh yang bisa berakibat tidur belum bener (jetlag) maupun makan belum stabil --> Ini semua kondisi cocok sama Asiyah yang baru sampe Indo, hati-hati para mudikers lainnya, mending istirahat dulu aja dan jangan langsung banyak ketemu orang apalagi yang lagi ga fit juga awal-awal teh (bisa gitu?).

Sekian. Mohon doanya dan semoga bermanfaat.

===
Update 25 Juni 2017

Alhamdulillah, insyaAllah Asiyah udah sembuh. Dari dua hari yang lalu, tepat hari ketujuh sakit udah bisa makan walau masih ragu-ragu mau ngunyah (baru lancar ngunyah malam harinya), hari ke delapan udah lancar jaya segalaaa masuk. Semoga sehat selalu mohon doanya :)

Comments

  1. Iya, perjalanan jauh rentan bikin anak jadi kelelahan dan anti bodi nya menurun. Anak saya jg, tiap dibawa jalan ke jawa malah suka sakit, jadi demam atw diare.. Bahkan tahun lalu pernah masuk UGD tengah malam buta karena demamnya tinggi bgt. Bukan ga cocok ma daerahnya sih, tp mungkin karena capek itu tadi jd gampang kena sakit..
    Cepat sehat dan kembali chubby asiyah :)

    ReplyDelete
  2. Sambil dikasih obat sariawan nggak bu? Anak saya lagi kena flu ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iya dikasih obat sariawan juga. semoga cepat sembuh ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia