Komunikasi Produktif pada Anak #Day7

Perilaku anak itu cerminan diri, mungkin ada benarnya. Apa yang saya rasakan, sedikit banyak terpantul pada psikis anak. Saat saya sedang bahagia, syukur, hati lapang, maka anak sepertinya happy dan 'mudah dikendalikan'. Tapi saat sayanya mutung, bete maka anak juga jadi rewel. 

Dan entah kenapa, udah hampir dua minggu di Indonesia ini saya masih aja ngerasa lelah. Bukan fisik sih utamanya, walopun emang lagi ga fit. Tapi lebih ke mental. Rasanya belum siap aja bahkan untuk ketemu orang banyak. Kayak udah cape duluan mikirnya. Padahal kan salah satu tujuan pulang untuk silaturahmi ya. 

Lalu saya mikir. Kenapa ini ya. Sejak kapan ya. 

Pelan-pelan saya mulai menerka-nerka sebabnya..

Kayaknya saya kecapean. Dari masih di Swedia ga ada jedanya mulai dari homeexam, project work, ngejastip (ini cape loh ternyata), dan sampe Indo juga bak anak kehilangan induk karena emang induknya lagi pergi umroh dulu heuhe. 

Begitu orang rumah udah lengkap, rasanya lebih lega dan senang. Tapi ga sampe beberapa jam menikmati eh Asiyah demam. Orang rumah juga pada sakit. Saya pun kalo diturutin juga berasa tumbang, tapi manalah bisa mamak-mamak sakit saat anak sakit, lawan terus pdhl kepala juga berat. Dan saat sakit, Asiyah jadi makin menantang. Huhu. Makin lelah deh hayati. Ini kenapa jadi curcol dan ngeluh semua gini. Semoga ga ya. Ini mah bagian dari mengurai isi kepala, demi mencari solusi.

Balik ke poin pertama, saat sayanya rungsing, anak ya ga jauh-jauh juga. Maka saya harus nyetop lingkaran setan ini. Saya harus move on segera, bikin happy diri, dan semoga semua jadi lebih baik dan menyenangkan. Karena gimana mau berkomunikasi produktif kalo ga relaks dan 'sakit'. Mulai dari.... Berdoa kali ya. Mohon doanya juga ya!

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia