Komunikasi Produktif Pada Anak #Day3

Niat hati mau rutin tiap hari posting, tapi ternyata selama mudik ini suliit ya pegang laptop. Hehe, halasan.. Baiklah, langsung saja mari kita tuliskan progress penerapan komprod anak..

Sepengamatan saya, asiyah mirip sama saya, kita tipe yang butuh energi untuk ketemu orang, bahsa kerennya introvert ya. Bukannya anti ketemu orang, sepi juga mereun, tapii akan ada limit tertentu sampe akhirnya ngerasa 'cape'. Bukan tipe yang dapet energi dengan makin rame orang. Kalo udah kelamaan ngariung, saya lihat Asiyah dan saya sama-sama ngerasa ga nyaman, saya coba baca bahasa tubuhnya, lihat matanya, menerka-nerka apa yang ia rasakan. Biasanya dengan melipir ke kamar yang tenang untuk sementara waktu, cukup memulihkan mood kami. See? Ternyata komunikasi ga melulu lewat kata-kata, apalagi untuk anak yang kemampuan mengutarakan perasaannya masih terbatas. Bahasa tubuh dan eye contact boleh jadi lebih ampuh :)

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia