Persiapan Menyambut Hari-hari Berbayi Newborn

Alhamdulillah, sekarang usia kehamilan kedua ini sudah menginjak 27 minggu. Belajar dari pengalaman sebelumnya, saya ngerasa akal saya yang terbatas ini makin slow motion pasca lahiran. Orang-orang sih banyak yang bilang 'pregnant mommy syndrome' ya, tapi saya ngerasa dulu tuh kerasa banget bedanya justru abis lahiran. Susah mikir jernih, bawaan baper dan sensi aja. Naaah, mumpuung belum kejadian (semoga enggak), saya mau nulisin 'pesan-pesan' untuk saya di masa depan :)) Anggaplah persiapan sebelum hormon berantakan, kalo katanya anak kedokteran 'jangan mau dikerjain hormon' (iya gitu ada yg blg gitu?). Semoga sedikit catatan ini bisa berguna. Bismillah!

- Turunkan ekspektasi
Lebih baik buang aja bayangan bayi bobo cantik berjam-jam baik siang ataupun malam hari. Bayi beda-beda kan ya. Ada temen yang nubornnya sepanjang siang tidur pules, malamnya cenghar ngajak begadang. Ada juga yang siangnya bobo sebentar-sebentar, tapi malemnya ga pernah begadang. Macem-macem, dan entahlah apa udah ada prediktor tipe bayi sejak dalam kandungan, hehe.. Jadii, daripada udah ekspektasi tinggi-tinggi ternyata yang kejadian beda jauh dari khayalan, mending siapin mental bisa menghadapi apapun yang terjadi. Daripada 'sakit hati' :))

Selain soal tidur, mending turunkan juga ekspektasi tentang berapa lama bayi betah ditaro. Emang kira-kira betahnya bayi seberapa lama? Satu jam? Dua jam? Jam melek bayi nuborn itu masih singkat. Bisa melek setengah jam aja udah syukur. Jadi kalo bayinya masih mau ditaro barang 20 menit tanpa hek-hok itu udah baguuus, syukuri alhamdulillah. Terasa menderita kalo dibayangan kita bayi bakal anteng kita tinggal masak sejam dua jam. Hehehehehe. Orang dewasa dianggurin setengah jam aja udah bete ya. Apalagi bayi yang masih ga paham mereka itu dimana, dunia itu apa.

Tetep ga mau ditaro barang sekejap mata si dede? Hayoook angkut aja. Ambil gendongan yang enakeun. Mau sling kek, ergo, babywrap, apa aja boleh. Bayi nyaman di dekapan, kerjaan kita pun bisa terselesaikan. Kadang perasaan 'terbatasi' karena bayi maunya dipantengin terus bisa bikin mood jelek. Jadinya bete. Mulailah sulit menikmati hari-hari. Padahal boleh jadi masih banyaak yang bisa diakali dan disyukuri.

Jadi, lebih baik singkirkan saja ekspektasi tentang bayi 'ideal'. Karena ga ada itu bayi ideal. Semua bayi baik, mereka ga manipulatif. Mereka punya karakter bawaan masing-masing, mereka tahu apa yang mereka butuhin. Ada yang emang anaknya pulesan, cuek bebek, easy baby, maka good for you bisa ditinggal ngapa-ngapain dengan tenang. Nah buat yang sensitif, ya bagus juga, jadi kesempatan menguatkan bonding. Ga usah khawatir sama istilah bau tangan. Angkut aja sambil beraktivitas. Tentu baik diajarin mandiri seperlunya, tapi kalo emang bener-bener ga bisa yaudah ga usah baper. Percayalah, akan ada masanya anak kita akan mandiri dan malah risih dikekepin terus sama ibunya :") Yang tipe koala sekalipun.




- Pasang filter dikuping
Poin selanjutnya adalah jangan mudah baper sama apa kata orang banyak. Jangan semua omongan orang dimasukin kepikiran. Ada omongan-omongan yang emang lebih cocok untuk dialirin aja masuk kuping kiri keluar kuping kanan, heu. Bayangin kalo ada 10 orang ngasih 10 saran yang berbeda ke kita, ngasih protes yang berbeda ke kita, apa gak makin susah mikir si ibu teh?

Lebih baik, kalo ada kekhawatiran apalagi yang gak jelas atau berbau katanya, kita bilang dengan tegas dalam hati (atau boleh juga diucapkan) "InsyaAllah ada Allah yang Maha Kuasa yang bisa bikin segala kesulitan jadi mudah, segala masalah ketemu jalan keluarnya." Kalo kata orang ga mungkin, bukan berarti emang ga mungkin. Misal, "Bayi itu mending diatas tiga bulan baru dibawa keluar rumah" Panik lah kita, udahlah sumpek di rumah terus ini lagi dilarang keluar. Padahal ga ada landasan jelasnya juga kenapa komen begitu. Maka bilang aja dalam hati, "InsyaAllah gak kenapa-napa, ada Allah yang Maha Kuasa." Sambil berdoa dan usaha yang terbaik juga tentunya. Intinya jangan ragu meng-counter omongan-omongan orang. Ga harus dihadapannya atuh bisi perang, dalem hati pun gak apa yang penting diri kita ga terombang-ambing tak tentu arah.

PS: Pelajaran juga bagi yang orang di sekitarnya baru lahiran. Tahaaan lisan, kecuali emang dimintain saran. Kebanyakan info bisa bikin kewalahan, sungguh! Belum tentu juga si ibu tipikal cuek bebek. Kalo lagi baper kan berabe. Niatnya mungkin baik mau membantu, meringankan beban, tapi yang ada bikin mood makin berantakan hehe. Kalo emang udah gatel banget ada nasihat yang mau dikasih tauin, awali aja dulu dengan pertanyaan. Kamu ngerasa nyaman begitu? Kalo udah nyaman yaudah biarin aja. Namanya orang kan beda-beda. Mungkin di perspektif kita "Aduh kasian banget itu teh ditemplokin bayi mulu", tapi bisa aja awalnya si ibu itu ngerasa justru nyaman dan aman bisa mendekap bayinya terus, komentar negatif kita malah bisa bikin si ibu mikir buruk "Eh apa emang ga bener ya begini?" padahal belum tentu juga pendapat kita yang terbaik di tiap kondisi. Lebih adem begini, "Enak ya dedenya ngerasa nyaman terus deket bundanya." Eksplor aja sisi positif dari apa yang si ibu udah lakuin. Ibu jadi lebih pede, lebih bahagia, anak juga kepengaruh ngerasa tenang.

- Sleep deprivation... Stay strong!
Menurut saya tantangan terbesar bagi ibu ber-nuborn adalah urusan tidur. Percayalah, rasa kurang tidur, atau tidur berantakan itu bisa menyiksa banget. Tapi coba tanamkan, para sahabat dan shahabiyah itu tidurnya sedikit-sedikit lho. Dengan atau tanpa berbayi pun begitu. Semoga dengan ada si bayi kita jadi terlatih tidur lebih sedikit. Semoga hari-hari tetap bisa produktif. Banyak-banyak berdoa mohon keberkahan waktu. Jadi di tenaga yang lebih limited, atau waktu luang yang lebih singkat bisa selesai lebih banyak hal. Inget, balik lagi, ada Allah yang Maha Kuasa.




- YES, you can do it! And this phase shall pass..
Tanamin dalam-dalam, ingetin diri sering-sering bahwa anak adalah amanah. Bukan milik kita, bukan kuasa kita. Maka perlakukan mereka sebagaimana amanah. InsyaAllah orang tua dengan anak sudah Allah pilih-jodohkan. Ibu ini, ayah ini, sama anak ini, udah dipasang-pasangin sama Allah. Gimana tempramennya, gimana sifat bawaannya, gimana genetiknya, udah paket komplit dari Allah yang dikasih khusus untuk tiap orang. Yang bisa nanganin anak kita ya kita. Yang bisa nanganin ibu kayak kita ya anak kita, hehe. Bersandar sama Allah, minta apa-apa sama Allah. Semoga semua terasa mudah, nyaman, tenang, dan bahagia.

Segitu dulu ya, lain kali mungkin ditambah kalo ada yang keingetan :)





_untuk dibaca iie dimasa depan, insyaAllah. syukur-syukur kalo ada manfaatnya juga bagi orang lain._

Comments

  1. Nice note iie, berguna juga untuk aku yang insyaAllah 5 bulan lagi punya baby :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia