Happy news

Hari ini video call sama salah satu teman lama, yang sudah balik for good ke Indonesia. Rasanya seneeng, kangen banget. Selalu nyaman ngobrol sama beliau, adem hati rasanya. Dulu saya sering banget main ke rumahnya, atau beliau yang ke rumah. Ah, rasanya kalo ada beliau maka ga akan kesepian. Friendly, Sisterly(?), dan tuluus banget. Saya sangat merasa kehilangan saat beliau pulang ke tanah air.

Tapi.. ada bahagia lain, saat beliau mengabarkan sedang dalam jalan hijrah, memperbaiki diri dengan kesadaran dan percepatan. Beliau menceritakan kisah hijrahnya sambil menitikan air mata bahagia, ya, saya bisa melihat ketulusan itu, sekali lagi, di matanya.

Saya jadi iri. Iri banget. Gimana beliau bisa merasakan lebih mendalam terhadap apa-apa yang selama ini saya taken for granted. Ya Rabb... Saya iri, sama bagaimana ia dapat dengan mudah meneteskan air mata saat mengingat-Nya.. Saya iri, sama bagaimana ia menghargai tiap ilmu yang baru ia dapatkan, dan bersegera mengimplementasikannya. Saya iri.. sama semangat itu, ghirah itu..

Dan anak-anaknya, masyaAllah, gadis kecil yang tak bisa diam dan selalu punya kemauan sendiri itu, kini begitu patuh dan memiliki semangat tersendiri dalam mempelajari islam. Bahkan dengan luwes ia menasihati tantenya ini, masyaAllah.. Tak lupa hijab kecil yang kini selalu ia kenakan kemana-mana, atas permintaannya sendiri..

Ada lagi rasa lain yang tersisa setelah video call itu,

"Aku baru tahu ie, urusan make up, ya ampun selama ini aku tabaruj. Sekarang gini aja aku kemana-mana ie (lalu teringat wajah beliau dulu yang selalu tersapu make up segar, tak berlebihan, tapi ada). Awalnya ngerasa sayang (saya tahu produk make up beliau bagus-bagus), tapi bismillah ajalah.. Celana-celana jins, baju-baju yang ga sesuai sekarang udah aku singkirin. Sedih aku, ie, kemana aja selama ini, udah tua gini baru tahu, baru sadar." 

Dan air matanya menetes, lagi..

Ya Rabb.. Menohok. banget. Bukan, bukan karena saya kesindir, tapi justru karena saya udah tahu hukum hal-hal tersebut sedari dulu, sedari masih berhubungan dekat dengan beliau. Saya kehilangan sense bahwa boleh jadi orang-orang disekitar kita itu murni ga tahu tentang hukum sesuatu, murni ga paham. Saya berasumsi orang-orang tahu apa yang saya tahu, saya kira kita punya informasi yang sama. Saya jadi ngerasa jahat. Kamu tahu ie ilmu itu, tapi kenapa kamu tahan? Ternyata ada kan, ternyata dekat aja kan, orang yang tulus murni mau belajar. Saya selama ini udah suuzon, saya kira banyak orang yang udah tahu tapi enggan aja untuk mengaplikasikannya. Atau mungkin bukan suuzon, tapi saya terlalu takut, terlalu malu untuk ngasih tahu, banyak khawatir nanti gimana hubungan selanjutnya, nanti ga enak, dan aneka bisikan setan lainnya. Astaghfirullah..

Ya Rabb.. hamba iri... 
Sungguh, Engkau memilih siapa-siapa yang pantas mendapat hidayah-Mu..
Ya Rabb, pantaskanlah juga diri ini..

Tunjukanlah dan istiqomahkanlah kami dalam jalan yang Engkau ridhai, 
Kuatkanlah tali ukhuwah kami, 
Izinkanlah kami berkumpul kembali kelak di surga-Mu.. 
Aamiin..




gambar dari sini

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia