Kangen Makanan Apa di Indonesia? (Catatan persiapan mudik yang masih entah kapan)

gambar dari sini

Seharusnya sekarang ngerampungin tugas pertama IIP (Institut Ibu Profesional) alias Nice Home Work #1. Tapii, entah kenapa lagi kebayang-bayang sesuatu yang pengen diabadikan disini, yaknii makanan yang pengen dimakan kalau mudik nanti, hihihi (insyaAllah).. Biar gak lupa mari kita tulis listnya..

- Mi goreng kubang
Ini restoran padang non-nasi-padang(?) yang paling juara di hati. Mi gorengnya, martabak kubangnya, mi rebusnya juga endeus. Paling favorit sih tentunya mi goreng pedes kesat dengan telor ceplok cantik diatasnya. Martabaknya juga enak, cuma biasanya perut udah penuh abis makan mi gorengnya, minimal jeda dua jam dulu sebelum bisa mencicipi kenikmatan martabak telor-daging-gurih-tebel itu setelahnya, hehehe.

Padahal restonya sih sederhana aja, ga yang fancy atau kinclong bak di mall pusat kota. Tapi kualitas makanan ga usah ditanya, duhh jadi pengen banget deh hehe. Papa seriing banget nawarin makanan dari resto ini tiap beliau kesana, dan tentunya ga pernah saya lewatkan :D

- Nasi Padang
Basically nasi padang mana aja, cuma kalo bisa sih pengen juga yang ada di seberang apartemen panghegar bandung. Lauknya pake limpa dan terong balado. Cancang juga boleh, otak juga deh, tunjang juga boleh, ayam bakar juga, cumi juga, telor gulai juga.. Aaaaa banyak deh :D Kalau di sederhana mau juga ayam pop tentunya :D

- Cwie Mie Malang, Cibubur
Biar kata ada ratusan bakulan mie ayam di Indonesia, cwie mie ati ampela (yang kayaknya udah ga ada sih) atau cwie miw pangsit rebus pake bakso, akan selalu di hati. Ada memori tersendiri tiap makan ini. Teringat masa-masa SD-SMP-SMA yang sering minta mampir kesini tiap pulang sekolah. Ceritanya karena perjalanan dari sekolah ke rumah yang jauhnya ga usah ditanya, rasanya perut udah kelaperan padahal tinggal beberapa langkah aja dari rumah, hehe. (Alasan! Padahal emang doyan :D).

Mienya khas banget, keriting berisi gitu, terus suwiran ayam atau tepatnya serutan atau serbuk(?)an ayamnya juga unik. Ga kayak suwiran ayam biasa, dia dihancurin gitu dan warnanya pucat jadi kesannya bersih. Pangsitnya gurihnya pas, baksonya standar sih tapi cocok banget untuk pelengkap.

- Sushi Ya, Tebet
Tadinya mau mention nama menunya, tapi sayangnya saya lupa. Sumo Maki apa ya? Ini jenis sushi gulung rumput laut isi salmon dan keju yang digoreng tepung lalu dibanjur mayones manis. Makannya tetap dicocol ke cuka sushi (namanya apa ya) dan wasabi. Dimakan hangat-hangat, endeuss, masyaAllah! Satuannya gede-gedee, ga muat sekali suap. Ada juga yang versi kecilan, tapi ga pake keju kalo ga salah, tetap enaak.. Salad kepiting disini juga suka.

Lokasinya di TIS Square, Tebet.Pertama kali kenal tempat ini waktu SMA, karena lokasinya yang sama-sama di Tebet. Ga heran, jadi salah satu tempat makan favorit anak 8, hehe. Harganya seingat saya cukup ramah di kantong untuk ukuran resto sushi.

- Ketoprak Keliling di Puri Sriwedari
Dulu, jaman masih kecil, abang yang jual tiap lewat depan rumah suka manggilin ade saya yang bungsu yang emang paling beken di komplek, heu. Ketopraknya juara, belum pernah ngerasain ketoprak yang lebih enak dari ini. Manisnya, gurihnya, pedesnya, paaasss... Bumbunya ditumbuk fresh depan mata, di assembly sesuai yang kita mau, dan taraaa.. siap disantap!

Tapi karena abangnya keliling terus, jadi ya bergantung takdir ketemunya. Bangg, ketopraknya satu yaaa!

- Sate Pak Amir
Ini masih di daerah komplek tercinta, Pak Amir mangkalnya di samping pos satpam, persis depan pintu masuk kolam renang. Ini lagi-lagi, produk kebanggan Cibubur yang sampe sekarang saya belum pernah ngerasain sate ayam yang lebih enak atau bahkan sebanding sama bikinannya Pak Amir. Wets, jangan salah, biarpun jualannya di gerobak, pesenannya udah kemana-mana. Pak Amir udah langganan untuk jadi supplier aneka hajatan penduduk sekitar. Waktu saya nikah pun kalo gak salah panggil Pak Amir deh, hehe..

- Pempek 10 Ulu, Jalan Veteran, Bandung
Ini langganan saya jaman hamil Asiyah dulu. Seminggu bisa tiga kali kesini. Lagi demam, mepet kudu ngasisten ke kampus, teteeep dijabanin makan dulu disini. Gurihnya, kenyalnya, variasinya, juaraaa.. Saya suka pempek lenjer kecil, kapal selam, pempek adaan, pempek kulitnya, ehh semuanya itu ya? Hehe. Ga lupa serbuk ebinya.. Lengkaap! Lagi-lagi, so far ini restoran pempek terenak yang pernah saya cobain.

-Bubur Ayam Grace
Lagi-lagi kuliner Cibubur hehe. Biasanya bubur ayam grace mangkal pake mobil di pinggir jalan alernatif cibubur, deket cibubur point. Buburnya gurih, suwiran ayamnya apik dan cantik(?), kerupuk pangsitnya juga unik.

- Nasi goreng yang suka mangkal di depan NF Mampang
Ini sebenarnya nasi goreng yang aneh(?) karena bumbunya pake kacang, tapi entah saya yang tiap makan itu selalu dalam keadaan kelaparan atau emang beneran enak aja, saya suka kepengen. Tentunya telornya 2 hehe, satu dicampurin satu lagi didadarin atau di ceplok diatasnya. Mantab!

- Egg Chiken Roll, Ekado, Ayam sayap(?) Hoka-hoka Bento
Ini mah nyium wanginya aja udah bikin lafaar.. Tipe makanan yang harus eling kapan musti berhenti, beresiko kekenyangan apalagi kalo ordernya dua porsi hihihi..

- Bubur Ayam Mcd
Hihi, nostalgiaa.. Kalo uang pas-pasan tapi tetep pengen makan yang enak-praktis-cepet, maka saya suka pesen bubur ayam Mcd. Kriuk-kriuknya itu lho unik! Masih dijual gak ya? Hehe

Masih banyaaak list yang lainnya, diantaranya: iga penyet leko, chuka idakko, ayam bakar resto sunda, mi ayam janda depan salman, batagor kuah dipatiukur, bebek di tubagus atau boromeus, bakso arip- Bandung, kantin salman (terutama sambel goreng atinya), otak-otak depan salman, mi ayam kantin bengkok, sayur bunga pepaya di resto Ikan Tude dekat rumah, nasi uduk cibubur, bubur ayam mang oyo, daaannn lainnyaaa :D Cukup merakyat kan selera sayah hihiihi..

Belum lagi kalo masakan Mbak Ros (biar inget nanti mau minta request, hehe): cumi kuah bening asem seger (pake belimbing wuluh), lidah bakar (empuuk, bumbunya menyerap sempurna), ayam ungkep kuning penuh darai-darai (sejenis serundeng hasil dari gorengan bumbunya), bakso kuah segar (pakai belimbing wuluh juga), dsb

Gimana, udah kegambar belum kalo saya lagi super kangen berat sama (makanan) Indonesia? Cukup deskriptif ga penjelasannya? Hehe.

Sementara segini dulu, sangat mungkiin nantinya ditambah..

Kalo kamu, sukanya apa? :D

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia