Jurnal Asiyah 25 Bulan

Ini jurnal kelamaan mengendap karena niatnya nunggu ngumpuiln foto dulu, tapi foto masih berserakan di hp belum dipindah ke laptop. Daripada makin lama dan keburu ga relevan maka di upload aja dengan foto seadanya ^^

*****

Jurnal ini mulai pertama kali ditulis saat Asiyah tepat 25 bulan, alhamdulillah.

Setelah delapan bulan saya puasa IG, akhirnya minggu lalu saya bisa buka IG lagi, dan saat liat-liat timeline saya haru banget liat gimana perubahan perkembangannya dalam kurun waktu sesingkat itu. Sekarang anak bayi itu udah gede dan makin terlihat seperti anak gadis.

Apa aja perkembangan Asiyah saat ini?

Verbal
Sedari bayi, Asiyah paling menonjol di bidang ini. Ngomong, cerita, komentar, nyanyi.. Dan lately, Asiyah juga suka ngaji. Lahaulawakuwata ilabillah.. Saat ini yang Bunda sadari Asiyah sudah bisa surat alfatihah, annas, alfalaq, al-ikhlas, ayat kursi, 10 ayat pertama alkahfi, dan beberapa surat pendek lainnya. Kisah lengkap tentang ini Bunda tulis disini: Asiyah dan Kakak Maryam

Asiyah juga sangat ekspresif. Kalau ga mau bilang, kalau ga suka maka bilang, kalau senang dan suka juga bilang. Asiyah pernah tiba-tiba meluk Bunda dan bilang, "Asiyah seneng sama Bunda". Aww.. 

Emosi
Kata artikel ini, anak yang cenderung sensitif dengan lingkungannya ga selamanya berkonontasi negatif, artinya ia punya aspek kognitif yang baik. Iya juga sih, anak bisa memproses lingkungan yang menghasilkan reaksi defensif artinya dia kan bisa mengolah data jadi suatu respon. Tinggal selanjutnya gimana memberi tahu bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan. 

Saat ini Asiyah belum berani sama suara-suara keras seperti vacuum cleaner, blender, mixer. Semakin Bunda keukeuh pengen ngajarin biar berani, yang ada malah makin mundur dan cenderung trauma. Huhuhuhuhuhu. Maaf ya nak Bunda ga sabaran. Padahal diinget-inget dulu Bunda juga ga berani sama ondel-ondel (hihi), dan tante revi sempat takut sama hujan pasca rumah kebanjiran. InsyaAllah semua akan solved nantinya ya, aamiin!

Sekolah
Asiyah saat ini sudah nyaman sekali dengan sekolah. Kalau dianterin pagi-pagi, seringnya sama Ayah, Asiyah langsung masuk dan main seolah ga ada apa-apa. Asiyah juga sudah mulai bunyi bahasa inggrisnya. Suka nyeletuk sendiri bilang, "How are you?", "I'm fine", sudah juga bisa menjawab kalo ditanya. Tahu mana pertanyaan yes/no question atau harus dijawab biasa. 


waktu winter concert di sekolah


Rutinitas
Sekarang tiap pulang sekolah kita hampir selalu ke perpustakaan kota dulu, Asiyah sukaaa sekali kesana. Bunda juga suka sih, Asiyah bisa ketemu orang-orang disana. Akhir-akhir ini Asiyah suka meluk bayi tiba-tiba heu.. 

Makan
Asiyah lagi suka banget ngemil, sampe harus dibatas-batasi. Entah itu biskuit, cookies, kue sagun (dari Indonesia), kacang mete, dsb. Waktu abis dari ulang tahun Shabrina, Asiyah dapat smarties di bingkisan hadiah, ini pertama kalinya Asiyah kenalan sama Smarties. Dan sejak itu Asiyah sukaa sama smarties, iya lah ya, anak mana yang ga suka. Tapi Asiyah cuma dapet smarties satu-satu kalo pinter abis ngelakuin sesuatu hehe. Smarties jadi reward kalo Asiyah mulai macet ngelakuin sesuatu; misal mogok ke kamar mandi, atau lama make jaketnya. Thanks, Smarties :D

Makan berat cukup lancar, bisa habis banyak, tapi dengan catatan: kalo disuapin. Kalo makan sendiri maka lancarnya cuma 5 menit pertama aja, kalo Asiyah lagi laper, begitu lapernya hilang, walaupun masih belum habis makanannya maka akan ngeloyor pergi. Heuu.. Mungkin ini juga kenapa di sekolah makannya masih sedikit terus, karena terbiasa disuapin >.>

Asiyah lagi suka ngapain?
Asiyah lagi suka main lego, udah bisa nyusun sampe lebih tinggi dari dirinya. 
Asiyah lagi sukaaa banget main boneka, dari kecil sih ini keliatan. Boneka udah kayak makhluk hidup, diperlakukan dengan penuh kasih sayang, heu. 
Obsesi saat ini adalah makein pampers ke boneka-boneka :D
Setiap malam baca buku Halo Balita. Asiyah sudah hafal semua judulnya dengan lihat covernya. Seolah kayak udah bisa baca ya, udah bisa disuruh ambil buku yang judulnya X, padahal dia menghafal dari gambarnya :D
Kalau mau tidur maunya sama Bunda, Ayah ga boleh di kamar, hehe, dielus-elus aja sambil bacain buku. Tapi kalau kebangun dini hari sukanya nyariin Ayah.


Kapan mau toilet training?
Saat ini mulai di sounding. Beberapa kali juga diajarin pupu dan pipi di pispot ataupun toilet. Pernah suatu hari, ceritanya lagi diajarin pipis di pispot, karena lama ga keluar-keluar, Bunda tinggalin dulu keluar kamar mandi. Pas Bunda ngecek lagi Asiyah udah main-main di tirai shower, eh di pispotnya ada pupu! Kyaa, itu kayak Bunda liat harta karun rasanya. Huhuhuhu anak gue bisa pupu di pispot. 

Tapi belum rutin karena Asiyah masih mager ke kamar mandi tiap sebentar, dan lagi ini masih Winter, belum cocok untuk toilet training. Rencananya Summer nanti kita lebih intensif ya nak, insyaAllah.

I love you dear sweetheart,
Semoga jadi anak yang bahagia, ceria, shalihah, dan disayang Allah.. Aamiin

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia