Jurnal Asiyah 23 Bulan



Anak Bunda sudah besaarr, makin terasa bukan bayinya. Beberapa hari lalu Bunda dan Aya abis jenguk Tante Anggi yang baru melahirkan dek Lila, ga nyangka dulu Asiyah juga sekecil itu, masyaAllah.. 

Asiyah apa kabarnya? Alhamdulillaah Asiyah sehat.

Hampir dua bulan dari terakhir Bunda update tentang jurnal Asiyah. Lama banget ya, huhu. Dua bulan ini luar biasaaa. Ada empat hal besar yang Asiyah hadapi bersamaan;
1. Asiyah mulai sekolah beneran di International Pre-School (per 15 Agustus) 
2. Sapih alias selesai menyusui (yang Bunda tulis disini), lulus menyusui di tanggal 19 Agustus
3. Bunda kuliah lagi (per 29 Agustus)
4. Bunda dan Ayah pergi haji yang artinya Asiyah ditinggal sama Oma dan Aya di rumah selama dua minggu (4 September-16 September)

Awalnya Bunda ngerasa ga tega Asiyah harus ngalamin semua dalam waktu yang bersamaan, tapi gimana lagi waktunya kebetulan semua berentengan(?). InsyaAllah udah Allah atur yang terbaik untuk kita semua, dan nyatanya memang terasa begitu. Alhamdulillah.

Hal yang paling membuat Bunda kepikiran sebelum haji adalah gimana Asiyah bisa tidur malam sama selain Bunda karena selama ini Asiyah sangat bergantung untuk bobo sama Bunda.  Ternyata, memang bagi Allah ga ada yang ga mungkin, seminggu sebelum Bunda dan Ayah berangkat haji Asiyah kita biasakan bobo sama Oma dan Aya dengan alasan 'Bunda dan Ayah mau latihan lihat ka'bah', dan MasyaAllah Asiyah bisa bobo dengan mudah. Rasanya Bunda terharu banget itu pertama kalinya Asiyah bobo malem tanpa Bunda :"(

Semoga ya nak, kedekatan kita tetap terus terjaga sekalipun Asiyah udah ga menyusu lagi dan udah makin mandiri bobonya.

Selama haji juga Asiyah begitu tenang, bahkan jarang nanyain Ayah dan Bunda. Kalo nanyain cukup dibilang Bunda dan Ayah lagi lihat ka'bah maka Asiyah akan puas dengan jawabannya. Oma sampe bilang mau bawa Asiyah ke Indonesia aja, heu..



Sekolahnya gimana?
Setelah sebelumnya dari usia 11 bulan 'sekolah' di open-preschool dekat rumah, dimana Bunda juga ikut nemenin alias ibarat playdate terfasilitasi, sekarang Asiyah masuk sekolah beneran yang artinya Bunda/Ayah ga ikut di kelas. Selama masa adaptasi selalu Ayah yang antar-jemput, karena kalo Bunda dikhawatirkan bakal ada adegan mewek berjamaah karena ga tega.. Hari pertama Ayah masih ikut ke kelas, hari itu cuma setengah jam jadwalnya. Hari kedua Asiyah langsung ditinggal 45 menit, hari ketiga 45 menit-1 jam. Asiyah menangis hebat setiap ditinggal. Kalo anak lain biasanya nangis cuma diawal pas ditinggal dan pas dijemput ngelihat orang tuanya aja, Asiyah bisa kuat sejam nangis di sekolah. Bunda sempat galau banget dan nyaris membatalkan rencananya nyekolahin Asiyah. Bunda ga mau Asiyah ga happy disana. Sampai detik-detik mau berangkat haji pun Asiyah masih belum nyaman di sekolah. 

Di depan ka'bah Bunda berdoa gini saking desperadonya,
"Ya Rabb, kalo emang sekolah  baik untuk Asiyah semoga Asiyah ga nangis lagi di sekolah."
Ayah same ngetawain dan bilang "Doa itu yang realitis. Kalo dia nangis pasti sekolah ga baik gitu?" Tapi Bunda tetep doa dengan redaksi begitu dan berharap aja, bagi Allah ga ada yang ga mungkin, untuk urusan apapun. 

Dan beberapa hari kemudian, tiga hari sebelum Bunda dan Ayah kembali ke Swedia, Aya kasih kabar kalo Asiyah hari itu ga nangis selama di sekolah, begitupun saat diantar dan dijemput. Bunda seneeeng banget dan takjub akhirnya hari itu datang juga. Dan alhamdulillah berlanjut terus sampai hari ini. Terhitung lima minggu waktu yang Asiyah perlukan untuk beradaptasi. Jauh lebih cepat dibanding prediksi Aya yang satu semester, heuu.. *jitak Aya *jitak ala Asiyah cumam di uyel-uyel jidatnya

Asiyah udah nyaman di sekolah, bahkan gurunya bilang Asiyah bener-bener enjoy di sekolah ga nangis sama sekali dan antusias ngikutin kegiatan. Tiap akhir pekan orang tua dikirim email foto/video kegiatan seminggu itu. Lucu rasanya liat gimana Asiyah disekolah. Pernah cabut kentang bareng, cuci kentangnya, main basket, dan tentunya outdoor play setiap hari. Sekarang Asiyah sekolah dua jam sehari Senin-Jumat. Biasanya dianter Ayah, dijemput Bunda :)


video wawancara sepulang sekolah


Asiyah di sekolah

entrance sekolah Asiyah


Asiyah udah bisa apa?
Motorik kasarnya udah bisa lompat dua kaki, bisa senam sehat gembira full dari awal sampe akhir, bisa joget (ajaran Aya), dan tentunya larinya makin kenceng.

Motorik halus lagi seneng mainin masuk-masukin balok aneka bentuk ke lubang sesuai bentunya, ngelupasin bungkus krayon *hee, mungutin dan ngemutin kerikil, dsb.

Karena di sekolah pake bahasa inggris sekarang juga udah mulai keluar dikit-dikit keminggrisnya. Udah ngerti kalo ditanya pake bahasa inggris logatnya langsung berubah. Dan yang namanya anak-anak itu luar biasa penyerapannya, mereka menyerap dengan sangat detil. Pernah Oma bilang warna cokelat dengan pronunciation 'Bron', lalu Asiyah bilang, "Bukan 'Bron', Oma.. 'Brawnn'" Bisa-bisa Bunda dibalap nih. 

Urusan verbal, Asiyah sekarang akif sekali berbicara, udah persis kaya orang gede lengkap dengan aneka imbuhan, kata sapaan, kata tambahan ('ya?', 'kok', 'kan'). 
--> "Apa tu, Bunda? Kok ada daunnya, ya? Kok bisa ya?" Saat liat jendela-jendela di gedung yang melihara pohon kecil di dalamnya. Iya, ini anak belum dua tahun udah begini gayanya, heeuuu..
--> "Ayah botak seperti tuyul dan mbak yul." Ini ajaran ayahnya yang jadi senjata makan tuan, niatnnya ngajarin 'tuyul dan mbak yul' biar lucu-lucuan ternyata anaknya ngulang-ngulangin kalimat itu terus tiap pulang kantor :))

Asiyah juga hobi melesetin kata-kata, contohnya,
Bunda -- Bundida
Ayah -- Ayah Apiyah
Asiyah - Apatsah
Oma- Omama

Kalo lagu jangan ditanya, mulai dari lagu Ost. Hamtaro, burung hantu, naik kereta api, sampe Bolo-bolo juga udah fasih. 

di mesjid raya Gothenburg


Ngajinya gimana nak?
Alfatihah udah hafal 4 ayat pertama 80%, dulu Asiyah bisa akhir2 katanya aja paling banter 2-3 suku kata, sekarang 4 ayat pertama bisa ngucapin sendiri paling Bunda bantu nge-hint 1-2 suku kata aja di tiap ayat. Surat favorit Asiyah alfalaq lalu annas. Sekarang kita lagi suka mantengin "AlquranWithMaryam" di Youtube channel nya 'Maryam Masud', anak dari US yang udah hafizah di usia muda masyaAllah.. semoga ya nak..



foto hari batik Oktober 2016

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia