Nastar and Me

Nastar adalah kue wajib menjelang lebaran bagi saya. Jangankan lebaran, hari biasa aja suka tiba-tiba kepengen. Pertama kali buat sendiri waktu hamil Asiyah dua tahun yang lalu, rasanya bahagia tapi sayang makannya. Tentu ga secantik kue beli dari ahlinya, tapi sudah cukup memuaskan rasa rindu dan masuk standar saya.

Nastar yang saya suka itu adalah yang kulitnya lumer, aroma butter, komposisi nanasnya dan manisnya pas, ga asem juga. Dulu, waktu kecil, saya dan adik saya bersimbiosis mutualisme kalo makan nastar, saya suka kulitnya sedangkan adik saya isiannya. Maka saya gerogotin kulitnya dan isinya dihibahkan ke adik, haha, untuk doi ga protes ^^. Solutif dan kreatif!

Tahun lalu karena dilanda kemageran yang teramat sangat, maka saya mengurungkan niat mulia membuat cookies. Tapi tahun ini entah semangat darimana, segala cookies dicobain satu-satu. Mulai dari putri salju, volcano cookies, kastengel, dan akhirnya nastar. Tadinya udah mau skip aja nastarnya, tapi bombardir gambar-gambar cantik di timeline FB mendorong saya untuk ikut turun tangan. Apalagi rumah yang deket toko buah rasanya bikin ga ada alesan untuk males-malesan.


on progress


hasilnya



batch dua
perbandingan mentega:margarin 150:100gram

hasil batch dua


Masih setia sama resepnya Mbak Endang JTT (Nastar lembut, lumer dimulut), tapi kali ini pake perbandingan mentega:margarin 200:50gram, susu bubuk dibanyakin, dan pake tepung maizena juga seperti tips beliau. Ternyata bener-bener lumer, sampe terlalu meleber menurut saya. Kata temen si emang butter sini beda sama di Indo. Baiklah, rencananya batch selanjutnya mau kurangin takaran butter jadi 150:100gram aja, semoga lebih kokoh mbuletnya.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari proses membuat cookies terutama nastar(?) ini adalah prosesnya ga mudah yaa buatnya. Bahan-bahannya si ga seberapa, tapi stepnya banyak dan memakan waktu lama. Belum bersihin nanasnya, buangin matanya, marutnya, nyaringnya, bikin selainya, bikin adonannya, bulet-buletin isian nanasnya, bulet-buletin adonannya, bikin olesannya, dan nungguin matengnya. Saya sendiri start jam 4 sore baru kelar jam 8, disambi bikin lontong, ayam ungkep goreng, dan iklan-iklan lainnya juga sih. Panteees banget harga-harga cookies tuh dilihat-lihat mahal banget, bisa 80-100rb setoples. Effortnya itu lho, kalo marginnya kecil kok ya ga seimbang, mending istirahat aja atau nemenin anak main :))

Ya untuk setahun sekali (atau beberapa kali) masih oke lah, atau mungkin bisa coba bentuk tarlets yang isiannya diluar gitu, ga pe-er mbulet-buletinnya (dan sakit hati saat selesai dipanggang jadi melar).

Apapun warna-warninya dinikmati saja, alhamdulillah bisa ngerasain suasana lebaran sedikit di rumah. Saya bikin cookies emang ga langsungan, selain karena ga sanggup bikin sekaligus, karena yang makan juga cuma berdua dan masih puasa. Jadi bikinnya semacem-semacem begitu mau abis baru bikin lagi. Berhubung udah mau lebaran, mariii kita buat lagi cookies lainnya.

Semangat, mommies! Mari hadirkan keistimewaan Ramadhan dan Hari Raya di rumah kita, agar anak pun merasakan keriaannya. (Walopun sebelumnya mohon maaf emak jadi lebih sering di dapur ya, nak).

Semoga kita dijumpakan dengan Ramadhan di tahun selanjutnya, dan semoga Ramadhan ini membawa perubahan baik dalam diri kita. Aamiin..

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia