Hari Kelima Kita; Stadbibliotek, Piknik, dan Beli Sapu

Akhirnya sampai juga di hari terakhir petualangan Asiyah dan Bunda berdua aja, tulisan ini baru dibuat esoknya karena saya kecapean malemnya, bener-bener ga kuat sekedar nulis aja. Jam 9 malam setelah maghrib (iya, isya masih jam 11 malam nanti), Bunda ikut tidur bareng Asiyah yang udah tidur duluan.

Di hari kelima itu kita ke Stadbibliotek alias Perpustakaan Kota Göteborg, kita berangkat sekitar jam 10 pagi, Asiyah main ayunan sebentar dulu di playground depan rumah. Begitu udah siap berangkat saya baru inget buku perpustakaan yang mau dibalikin malah ketinggalan di rumah, balik lagi dulu deh pulang, pake drama dikit karena salah satu bukunya nyelip entah dimana (yang akhirnya ditemukan di kolong sofa).

Sekitar jam 11 kita sampai. Diluar perkiraan, ternyata perpusnya relatif sepi. Kayaknya karena hari cerah dan hangat orang-orang jadi lebih tertarik ke taman atau beraktivitas outdoor lainnya.

Asiyah langsung ngacir kesenengan begitu sampai di children section. Perpustakaan ini memang memiliki area khusus anak-anak yang ramah bayi. Lantainya karpet dan banyak juga yang dilapisi karpet busa. Asiyah sempet ngegelundung jatuh dari tangga kecil (2 step) tapi asik-asik aja karena empuk (jangan sampe keulang lagi).

Waktu Asiyah main bebas, saya baca buku "Diary Yatim dan Petualang Cinta" tulisannya Kak Babay, mentor saya saat SMA dulu. Tentu dengan diselingi aneka interupsi dari anak bayi. 

Asiyah terlihat bahagia banget di perpus ini, dia bahkan guling-guling dan joget-joget pertanda suasana hatinya baik. Alhamdulillah.. Dengan melihatnya saja sudah cukup membuat saya turut bahagia.

Setelah jam 12 lewat, perut mulai keroncongan, kami pun beranjak dengan meminjam lima buku. Semua sistemnya udah canggih, tinggal letakan tumpukan buku diatas meja, maka otomatis semua data masuk ke komputer. Waktu pengembalian buku pun bisa dikirim via email, kalo ga salah batas waktunya selama tiga minggu. Kayaknya ga ada batas jumlah peminjaman buku deh. Mau balikin buku pun ada mesinnya, semua serba computerized. Stafnya juga ada kok kalo ga mau berhadapan sama mesin, yang super ramah dan helpful.

Sambil melangkah keluar perpustakaan, melihat birunya langit, ademnya hari, saya pun secara impulsif kepikiran piknik lagi sama Asiyah. Kebetulan saya emang udah laper berat. Asiyah sih lagi asik ngemil tempe goreng di strollernya. Asiyah memang sengaja saya bawakan bekal, walopun belum jelas agenda hari itu. Melihat ada supermarket, saya pun masuk dan beli salad dari salad bar disana. Saladnya bebas ambil sendiri dari pilihan isian yang sangaaat banyak. Jeleknya belanja pas lagi laper saya jadi kalap ambil segala rupa, mulai dari daun-daunan, pasta, keju, telur, salmon, semua yang halal dimakan lah. Lumayan shock liat harganya, nyesel banget beli salad aja kenapa sampe seharga kebab sih.. Heu..

Lalu setelah persoalan lunch selesai, saya mikir lagi sembari jalan pikniknya dimana. Haha. Bener-bener adventurous deh hari itu. Eh, ga berapa lama saya keinget ada taman deket situ; Trädgårdsföreningen. Yap, taman tempat kami piknik di hari sebelumnya sama Mbak Ninis dan Mbak Ridha. Polosnya, karena pintu masuknya di area yang beda dari kemarin, saya kira ini dua taman berbeda yang kebetulan namanya sama. Baru ngeh kalo ini taman yang sama setelah mau pulang, heu.. Bahkan spot piknik kita persis sama yang kemarin, cuma beda arah duduk aja. Benarlah, sudut pandang sangat mempengaruhi perspektif, cuma dengan memutar arah duduk sedikit saya seolah melihat taman yang sama sekali berbeda (kalimat sok keren padahal mah bilang aja buta arah, wkwk).

Asiyah lebih terlihat enjoy di piknik hari ini karena saya pun lebih lepas. Ga terburu-buru karena ke Zoo dulu seperti kemarin. Dia nemuin dua balon hadiah McD di taman, dimainin terus, kalo balonnya terbang walopun jauh ke lapak orang seberang tetap disamperin sambil bilang "Anyon.. anyon.." (baca: balon.. balon..). Asiyah bebas berlarian diatas rumput, memegang tanah, mengejar burung, merasakan semilir angin, melihat anak-anak lain yang juga sedang piknik, dsb..

Mengenai pengucapan, walopun kata Asiyah alhamdulillah sudah sangat banyak, tapi selayaknya anak batita, masih belum sempurna pengucapannya. Tapi satu hal yang patut saya syukuri banyak-banyak, keluangan waktu saya yang 24 jam mendampinginya, membuat saya cukup mampu menafsirkan kata-kata ajaibnya. Beberapa kata disebut hampir sama misalnya Kaka (bisa kakak, kura-kura, atau setrika), maka dibutuhkan kejelian mengamati konteks dan feeling seorang ibu. Saat bisa memahami kata yang dia maksud, disitu saya merasa bangga *tepuk dada.

Balik lagi ke piknik, setelah menikmati hari di taman dan makanan kami berdua sudah habis, kami pun pulang. Saya bilang ke Asiyah, "Kalo ngantuk, bobo aja ya, nak, strollernya Bunda rebahin ya.." Dan benarlah, belum juga masuk ke tram anaknya udah tertidur sambil ngemutin gagang balon. Huks, semoga ga diare ya nak ngemutin balon boleh nemu, Bunda jangan teledor dong..

Di jalan pulang, lagi-lagi saya punya ide brilian, mumpung Asiyah bobo, saya mau mampir ke Toko Asia dulu untuk beli sapu(!). Saya memang udah berencana dari lama mau beli sapu, dikhususkan untuk nyapu kamar, karena vacuum cleaner kita lagi ngambek. Jadilah, Bunda kudu nyambung bus lagi kesana. Menantang juga ya ternyata bawa-bawa sapu plus pengkinya sembari dorong stroller..

Sampe rumah saya bener-bener tepar.. Tapi tepar yang menyenangkan. Saya meniatkan, tiap langkah yang saya lakukan, adalah demi pembelajaran untuk Asiyah. Biar dia melihat dunia, mendapat stimulus baru, terlebih terbiasa dengan alam.

Tak lama Asiyah bangun, kita pun snack sore dan berlanjut rutin sampai tidur seperti hari-hari sebelumnya. Jam 11 malam mas pulang, tentunya saya ga nyadar karena udah ketiduran saking lelahnya.

Jam 2 pagi saya terbangun dan rasanya bahagia luar biasa melihat sosok berselimut abu-abu, mas sudah pulang! Alhamdulillah..


Dokumentasi

Stadbibliotek - Perpustakaan Kota








Piknik









Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia