Menghargai Karakter Anak

Hari ini saya belajar banyak. Rasanya bikin pengen melukin Asiyah kenceng-kenceng sambil minta maaf. Saya sadar, banyak hal yang saya keluhkan yang penyebabnya adalah dari diri saya sendiri. Asiyah ga salah, sayanya yang kurang sabar dan perlu lebih banyak lagi belajar.

Sejak usia 11 bulan, Asiyah udah aktif ikut open preschool dekat rumah. Awalnya cuma sekali seminggu, lama-lama meningkat jadi sekarang 3-4 kali seminggu dengan durasi 2-3 jam. Kegiatannya cuma main-main bebas aja dan circle time nyanyi bersama. Niatan saya ngajakin Asiyah kesini biar bersosialisasi dan memperkaya stimulus.

Semua damai sentosa sampai saya tiba-tiba jadi mulai membanding-bandingkan. Ngelihat anak-anak lain begitu mudah beradaptasi dan main sendiri cukup bikin saya kepikiran. Disaat anak-anak lain dengan santainya bermain sendiri jauh dari ibunya, Asiyah masih suka lengket sama saya. Maunya kemana-mana ditemenin, emaknya ngobrol kelamaan langsung cari perhatian akut instead of nyari hiburan sendiri dari segambreng mainan yang tersedia, dan apalagi kalo ada anak lain nyamperin langsung panik minta perlindungan ke emaknya.

Sementara temen lainnya, Fatima, kalemnya kebangetan, hobinya nyamperin kita kalo lagi baca buku, bahkan minta dipangku juga. Ada juga Amira, anak yang kalo ada orang baru datang langsung dipelukin. Pernah 2 kali Asiyah dipeluk dan sukses bocahnya kejer, hahaha.

Tapi perlahan-lahan, saya bisa lihat Asiyah makin terbuka, apalagi kalo kondisi sekolah lagi ga terlalu ramai. Gurunya, Kerstin, pun bilang "Saya bisa lihat Asiyah sangat menikmati sekolah ya."

Nah, beberapa hari ini rasanya saya pengen mengakselerasi proses mandirinya Asiyah. Sering banget saya dorong dia untuk main sendiri, saya tinggalin saat dia lagi main, dan sebagainya. Tapi anehnya, semakin saya 'paksa' kok ya anaknya malah tambah lengket sama emaknya. Padahal dulu sebelum saya 'melatih' dia mandiri, anaknya bisa ujug-ujug ninggalin saya untuk main sendiri.

Sampai puncaknya tadi dia 3 kali nangis selama di sekolah, 2 pertama nangis bentar , dan yang terakhir nangis kejeerrr. Pertama, dia lagi duduk di kursi eh tau-tau ada anak tak dikenal nyamperin, Asiyah kaget dan nangis. Kedua, saat Amira nyamperin mau meluk dan ngasih boneka, heu.. Kebetulan emang dia posisinya lagi dipojokan jadi mungkin merasa terintimidasi. Nah yang ketiga, ini gongnya, dan sedikit banyak salah saya sih. Udah tau anaknya lagi badmood karena dua nangis kecil sebelumnya, eh malah saya ajakin main di bagian yang sempit dan rame bocah. Waktu anaknya lagi main mobil-mobilan, ada anak lain nyamperin dan naik mobil kosong di sebelahnya, langsung kejer lah doi. Fiuh.. Akhirnya saya ajak dia ke section main puzzle yang relatif sepi. Anaknya maunya jadi dipangku padahal biasanya selalu mau duduk sendiri. Huks. Niat ngelatih mandiri malah jadi begini toh..

Pas udah bubaran kelas, saya makein Asiyah jaket sambil ngobrol sama Kerstin. Saya ceritain kegundahan saya.
"Saya ngerasa Asiyah udah banyak progress, tapi dia masih suka takut kalo disamperin orang lain yang dia belum kenal."
Kerstin, guru dengan pengalaman hampir 30 tahun ini bilang,
"Ya, saya bisa lihat itu. Tapi kita harus menghargai personality anak. Semua butuh waktu dan proses. Ini udah sangat baik yang saya lihat, kalo dia udah kenal dia akan nyaman kayak ke para guru. Yang penting kita jangan memaksa. Beri mereka kesempatan untuk belajar sendiri dengan nyaman." Kurang lebih begitu. Intinya, si emak yang harus take it easy, hargain pembawaan anak, dan jangan pernah maksa.

Huaa.. Maafin Bunda yang kurang sabar ya, nak. Maafin bunda yang kurang apresiasi dan bersyukur. Bisa jadi karena Bundanya yang ga nyantai, Asiyah jadi ngerasa insecure. Padahal banyaaak hal lainnya yang sangat membahagiakan. Asiyah selalu anteng saat circle time, Asiyah begitu mudah memahami aneka instruksi, Asiyah juga begitu penyayang dan riang menyapa siapa pun, dan sebagainya.

Saya juga jadi kepikiran, sifat perasa Asiyah ini boleh jadi malah adalah kelebihan. Terutama sebagai seorang wanita, boleh jadi malah membuat dia jadi lebih terjaga. Asiyah bukannya takut sama orang, dia cuma ga nyaman kalo dideketin atau disentuh yang ga dia kenal. Dan ini udah sedari kecil lho, sejak usia 5 bulan. Saya dulu suka bercandainnya, Asiyah teh boneka india, "boleh dilirik, ga boleh dipegang, heuhe". Tapi kalo dia udah kenal sih mau, apalagi sama keluarga seperti oma, opa, tante, dsb. Semoga terjaga sampai besar ya, orang lain ga boleh sentuh selain mereka yang memang diperbolehkan Allah :)

Dan tangisannya yang stereo itu juga bisa saja malah keuntungan. Kalo ada orang yang mengancam, bisa-bisa pas denger tangisannya ikut panik dia, heuhe. Juga sifatnya yang ga begitu suka keramaian, boleh jadi itu anugerah yang menjaga dia dari tempat-tempat ga baik nantinya.

Kadang orang tua teh terperangkap paradigma pengen segala yang instan, pengen bayinya sempurna padahal bisa aja dibalik 'kesusahan' sekarang itu hikmahnya dikemudian hari sangat besar. Misalnya, banyak orang tua mendamba anak bisa tidur sendiri di crib sampai pagi, padahal bisa jadi bonding yang dibangun dari ngelonin itu ga ternilai harganya ketimbang kepuasan bisa tidur tanpa interupsi. *eh kok curcol

Baiklah, besok-besok Bunda ga mau dengerin was-was setan lagi. Tiap anak unik dan orang tua harus menghargai karakter mereka. Tentunya boleh mengarahkan anak biar lebih baik lagi tapi ga dengan buru-buru.

Take your time, sweetheart. I love you..

Update: 
Seketika setelah Bunda ga maksa, ga ninggal-ninggalin diem-diem, Asiyah balik seperti biasa lagi (1 hari setelah ngepost postingan diatas). Bisa main sendiri, mulai berani explore tanpa harus deket-deket Bunda, begitu keinget Bunda baru deh nyamperin bentar terus main lagi. Asiyah juga udah tenang deketan sama anak lain. 

Awalnya keliatan banget Asiyah berusaha menjalankan nasihat Bunda, bener deh nak, Bunda ngerasa Asiyah itu cepat sekali memahami perkataan. Bunda bilang, 'Asiyah, nanti main sama temen-temen ya, ga usah takut, temen-temen (sebutin nama-namanya) baik kok.' Ga lama, Asiyah disamperin Amira mau dipeluk, dan Asiyah kayak meremin mata sambil nahan diri berdiri di tempat kayak orang memberanikan diri gitu. Bunda jadi takjub dan terharu, huks.

Besokannya, pagi hari pas baru sampe sekolah, Asiyah langsung disamperin Fatima terus dipeluk, dan... Asiyah bales meluk. Haduh rasanya mengharukan banget. Dua anak bayi berpelukan itu lebih dari menggemaskan. Fatima emang keliatan sayang banget sama Asiyah, kemana Asiyah pergi selalu diikutin, hehe. Atau sayang sama Bunda ya? Bunda kan berusaha jadi 'ibu' juga untuk semua temen Asiyah :D

Dan Bunda jadi tahu rahasianya, kuncinya Asiyah harus fit saat sekolah, ga ngantuk, ga kelaperan, ga kepanasan (bajunya gak lebay). Asiyah nyaman, sekolah lancar. Kalo ngantuk, ini nih yang bikin moodnya gampang jelek. Maafin Bunda yang suka ga peka ya nak, InsyaAllah kedepannya jadi pelajaran buat Bunda. 

Semoga Asiyah selalu dekat dengan teman-teman yang membawa kebaikan ya. Pandai-pandai memilih teman, karena gimana kita sangat dipengaruhi dengan siapa kita mengambil teman dekat. 

8 Maret 2016

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia