Lessons Learned; Persiapan Menyambut Buah Hati

Waktu hamil dulu rasanya semangat banget baca-baca segala hal tentang pertumbuhan janin dan terutama persalinan. Mulai dari nontonin yutub, baca buku, sampe baca blog orang-orang. Kalo lagi bersemangat saya emang suka rada lebay hehee.. Saya itungin banget tu pertumbuhan kantung janin (waktu hamil muda) sampe beratnya apakah termasuk normal atau ga. Sayangnya saya cuma belajar tentang hal-hal yang menarik bagi saya aja, tanpa mempertimbangkan ilmu apa aja yang sebenarnya perlu dipersiapkan sebelum menjadi orang tua. Nyatanya setelah kurang lebih enam bulan jadi orang tua beneran, saya ngerasa masih banyak yang seharusnya saya siapkan. Ini ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan sebelum bayi lahir.

1. Menyusui/ASI
Dulu, waktu hamil, saya sama sekali ga tertarik belajar tentang ASI. Saya pikir hal ini alamiah aja, ga perlu pake belajar segala. Wong 'kucing aja bisa'. Ternyata saya salah. Salah banget.

Apa sih hal utama yang dibutuhin bayi terutama newborn? Makan dan tidur. Makanan mereka adalah ASI, cairan istimewa yang diciptakan Allah khusus buat mereka. Masa untuk hal sekrusial ini ga dipersiapkan ilmunya. Apa aja sih yang perlu dipelajari tentang menyusui?

- Setelah bayi lahir, plis plis banget TIDUR selama kamu bisa. Setelah bayi lahir dan IMD usai, manfaatin waktu sebaik-baiknya untuk istirahat. Karena di hari pertama ini umumnya bayi masih tidur terus dan belum ngerasa laper. Ini godaan banget karena bahagia pasca lahiran itu begitu menggebu-gebu jadi rasanya pengen ngabarin ke seluruh dunia kalo kita baru aja berojolan. Rasa kantuk setelah 24 jam ga tidur karena menikmati kontraksi dan ngeden langsung sirna setelah lihat bayinya. Waktu bayi tidur saya malah asik bales-balesin whatsapp, walhasil hari pertama cuma tidur bentar. Besoknya mulailah episode begadang dimulai, nyusuin tiap bentar, dan rasanya gempor jiwa raga.

- Posisi Menyusui dan Pelekatan
Kalo posisi menyusuinya ga pas yang ada badan sakit semua. Saya sempet ngerasain nyusuin sambil meringis-ringis karena sakit punggung. Mana Asiyah waktu newborn nenennya bisa luamaa.. Setelah udah ga kuat banget sama sakit punggung itu, saya akhirnya kepikiran untuk cari yutub tentang gimana cara nyusuin. it's a very basic thing, but i knew it 2 weeks after labor.

Gimana sih cara menyusui dan pelekatan yang benar?
Bisa cek di video ini: How to Breastfeed Deep Latch Technique
dan artikel AIMI ini: Posisi Menentukan PrestASI
Kalo posisi dan pelekatan menyusui udah sempurna, maka ASI yang keluar jadi optimal. Bayi lebih kenyang, pabriknya lebih terstimulus untuk produksi lebih banyak. Penting juga untuk belajar nyusuin sambil tiduran, saya baru bisa pas bayinya hampir 3 bulan, berguna banget kalo ibu lagi cape terutama begitu bayi udah beraaat.

Let me tell you a secret. Ini hal penting yang saya ga tahu sebelumnya, dan sekarang jadi momok banget. Jangan biasakan bayi tidur (selalu) dengan dinenenin dulu. Kalo bayi tertidur setelah dinenenin, gapapa, ga usah dibangunin. Tapi, kalo dia ga tidur setelah nenen dan kenyang, jangan dipaksa nenen lagi sampe tertidur. Nantinya si bayi bisa mengasosiasikan tidur dengan nenen. Hal ini bisa berabe karena bayi, terutama setelah 4 bulan, akan sering bangun setelah tuntas 1 siklus tidur (30-45 menit). Nah, kalo yang bisa bikin dia merem cuma nenen, emaknya bisa ikut kebangun terus deh.

- Ikut kelas edukASI dari AIMI
Ribet baca poin-poin sebelum ini? Udah langsung aja ikut kelas edukasi menyusui dari AIMI, dikupas tuntas segala yang butuh diketahui tentang menyusui. Cek jadwalnya di webnya jauh-jauh hari, karena ga tiap saat ada kelasnya. Sejak trimester 2 atau 3 kali ya ikutnya, dari awal si gapapa asal ga kelupaan aja hehe.. Kalo trimester 2 atau 3 pas da kayanya, soalnya ada beberapa persiapan yg sebaiknya dilakukan sejak hamil.

Saya dulu udah pengeeen banget ikut kelas ini, tapi jadwalnya ga ada yang pas. Padahal saya rela nyamperin sampe bandung atau bogor juga demi ini..

- Persiapan Fisik
Persiapkan fisik itu mulai bersihkan areola dengan tiap hari, pake kasa yang dibubuhkan baby oil/minyak zaitun. Treatment ini bisa membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat puting jadi aliran ASI makin lancarrr.. Bisa mulai dilakuin sejak trimester 3.

- Barang-barang yang Diperlukan
Barang-barang apa aja yang diperlukan untuk menunjang menyusui? Kalo versi saya:
--> Baju menyusui
Kemeja cukup sih, atau kalo untuk keluar rumah pake gamis yang busui friendly. Saya lebih suka yang bukaannya besar daripada yang minimalis, terutama untuk pergi-pergi, karena baju yang bukaannya ribet malah bisa bikin bencana. Beberapa detik itu berguna untuk mencegah bayi tantrum karena kelamaan nunggu mau nyusu. Kalo di rumah saya suka kemejaan, praktis ga perlu beli-beli lagi dan bukaannya bisa lebar.

--> Breastpad
Saya baru tahu setelah nyusuin bahwa kalo lagi let down reflex (ldr), asi bisa netes-netes atau bahkan muncrat yang bikin baju basah kuyup.. Lebih baik sedia breastpad atau bisa juga milk collection shell kalo sayang kebuang. Dulu awal-awal waktu nyimpen asip saya pake shell dari medela bentuknya kaya begini:

Edisi 'Karena tiap tetes begitu berharga'. Gambar dari sini

--> Pompa ASI
Apakah ibu rumah tangga perlu pompa ASI/breastpump? Menurut saya perlu tapi ga wajib, dan bukan berarti harus beli juga. Saya sendiri make breastpump ini cuma dua bulan pertama aja. Di hari-hari awal menyusui, pompa ini berguna untuk meningkatkan produksi asi maupun ngeluarin ASI kalo payudara penuh. Prinsip ASI itu supply-demand, jadi makin sering payudara dikosongkan maka produksi akan semakin banyak. Di hari-hari awal biasanya supply dari payudara ibu dan demand bayi belum klop, entah supply-nya yang kebanyakan atau sebaliknya. Nah pompa ini cucok banget untuk menyeimbangkan. Kalo rencana nyimpen asi perah (ASIP) juga tentunya perlu pompa. Tapi kalo bisa perah pake tangan malah lebih bagus lho, pegel aja sih hehe.

Pompa ASI juga penting untuk ibu yang berencana beraktivitas diluar rumah tanpa membawa bayi. Perlengkapan penunjangnya: botol/plastik penyimpan ASIP, sterilizer, soft cup feeder/botol susu (bergantung media pemberian ASIP yang dipilih) dan cooler box.


2. Sugesti Positif Setiap Saat
Saya pernah baca tentang hypnobirthing, tapi karena kerempongan nyiapin sidang jadi ga sempet ikut kelasnya.. Cuma baca bukunya aja, dan secara ga sengaja ternyata saya udah ngelakuin sugesti dari sebelum kehamilan malah.. Saya punya satu doa default yang diucap tiap ada kesempatan, entah lagi bengong atau lagi keinget aja;
"Ya Allah, anugerahkanlah kehamilan dan persalinan yang mudah, nyaman, lancar, menyenangkan, dan membahagiakan.. aamiin"

Tiap ada rasa ga enak dihati karena kuatir ini itu, langsung ucap 'mantra' tersebut langsung adem deh hati. Kalo mulai mual juga, saya baca doa itu, langsung ilang. Dan percayalah Ia Maha Pengabul doa. Nah kalo bisa si ditambah lagi doanya; kehamilan, persalinan, dan pascapersalinan (termasuk menyusui dan parenting), hehe, panjang yah..

3. Stretch Mark Itu Nyata
Sampe kehamilan sekitar 6 bulan, stretch mark belum tampak sehingga saya kepedean kalo emang ga bakal kena. Jadilah saya males-malesan pake krim pencegah stretch mark. Ternyata setelah bulan keenam negara api menyerang, stretch mark datang, arghh.. Tubuh yang membesar secara eksponensial membuat kulit menciptakan tato alami alias stretch mark. Beberapa bagian yang rawan kena adalah perut sampai betis.. Waktu hamil si santai aja, wong perubahan apapun karena kehamilan terlihat indah. Begitu bayi lahir dan si 'tato' ga ilang-ilang, mulai deh rempong. Percayalah ngilanginnya butuh waktu sangaaat lamaa, jadi lebih baik dihindari. Pake aja krim pencegahnya atau minyak zaitun secara RUTIN di bagian2 yang membesar.

4. Ilmu Parenting
Penting nih untuk tahu hal-hal dasar seperti gimana cara menidurkan bayi yang baik dan benar, gimana cara mandiin bayi, cara makein popok, dsb. Jangan kaget kalo nemuin buanyak versi di internet. Si anu bilang cara A yang terbaik, si anu bilang cara B yang terbaik. Kalo kata temen saya si, kuncinya percaya kata hati, hehe. Mom knows best :D.

Zaman sekarang juga ada begitu banyak label parenting, terutama dari sumber-sumber barat sana. Saya sempet pusing tujuh keliling nentuin aliran mana yang harus diikutin (maklum sindrom mamah muda). Udah cape-cape baca tentang parenting jenis A, eh begitu baca parenting jenis B langsung galau. Tiap style ada pro kontra-nya, hadeuh bikin bingung. Sampe akhirnya saya sadar, sebagai muslim harusnya ga bingung, islamic parenting yang harusnya saya pelajari terus. Alquran dan hadits udah menjelaskan, penjabarannya ada dimana-mana. Dalam surat Luqman, dalam kisah nabi Yaqub, dan masih banyak yang lainnya, tersirat tuntunan bagi kita. Salah satu sumber yang saya suka dengerin itu penjabaran dari Nouman Ali Khan, pembahasannya mendalam tapi ga ngebosenin. Kadang satu ayat 'aja' bisa luar biasa penjabarannya. Silakan klik bayyinah.com atau yutub masing-masing, hehe.

Sementara yang keingetan itu dulu si. Sekian postingan yang dikerjakan disela-sela ngurus bayi (seorang diri berdua dengan suami). Semoga bermanfaat ya! :)

Comments

  1. Makasih ya udah berbagi, bunda iie cantiik :)) bermanfaat banget :D
    Semoga perjuangan selanjutnya semakin terasa menyenangkan yaa :)
    Terus berbagi ya, diantos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi teh hajah udah berkenan mampir kemari. alhamdulilah klo ada manfaatnya. alhamdulillah skrg terasa niiqqmaat :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia