Kisah Undangan Wisuda

Juli 2014,

Sedikit flashback.

Waktu itu saya ceritanya nyari undangan wisuda tambahan, jatah yang dikasih ITB cuma 2 sedangkan jumlah orang yang (saya) mau untuk masuk ada 3; mama, papa, dan suami. Saya ga tau kalo ternyata bisa minta tambahan undangan wisuda ke tata usaha jurusan asalkan diurus jauh-jauh hari. Ga kepikiran juga si sebenernya, mikirin sidang aja udah empot-empotan, apalagi mikirin undangan tambahan. Begitu ngeh kurang undangan, udah kadung mepet wisuda. Hiks.

Jadi niatnya mau beli aja, kalo2 ada yang ga kepake undangannya, dengan catatan harganya masih masuk akal dan kantong. Syukur2 kalo dikasih cuma-cuma.. Lalu saya pasang pengumuman di forum jual beli kampus. Ga lama, beberapa penawaran masuk, dengan harga yang sangat mencengangkan bagi saya: 600-700rb untuk 1 tiket undangan wisuda. Whaat.. big noo.. Kirain ga sampe segitunya, wong setengahnya aja saya masih mikir ribuan kali..

Saya pengen si bikin papa, mama, dan suami turut menyaksikan salah satu milestone hidup; wisuda. Tapi ga segitunya juga, mending dikirim ke palestina uangnya..

Hingga di pagi hari, H-1 wisuda, ikhtiar terakhir, menghadap humas itb untuk nanyain bisa ga minta undangan tambahan, ada lebihnya ga.. Tapi hasilnya nihil karena bu direkturnya lagi ga ditempat.. Terus nyoba juga ke tata usaha jurusan, coba ngelobi, hasilnya nihil juga dengan alesan udah mepet.. Karena udah kadung capek bolak-balik (kondisi saat itu lagi hamil 6,5 bulan), akhirnya udah pasrah aja..

Cerita ke orang rumah, responnya bikin makin haru..

"Udah, Gak apa-apa, papa nunggu diluar aja. Kan cuma wisuda, bisa lulus aja udah bagus kok." Kata papa,

"Nanti mas yang nunggu diluar aja, malah enak bisa molor di salman" Kata suami,

Heu.. Akhirnya dibawa doa aja.. "Ya Rabb, mau undangan tambahan.. Kalo emang hal itulah yang terbaik, semoga dapet undangan tambahannya.." Lalu udah, pasrah, ga mikirin lagi.. Siapa yang masuk besok gambreng ajah lah..

Tiba2.. Siang harinya, masih sehari sebelum wisuda, Riedha ngewhatsapp, katanya ada yang mau ngasih undangan gratis karena ga dipake.. Banyak yang minat, tapi beliau bersedia ngasi ke kami.. Alhamdulillaaah.. Rasanya cem di sinetron aja.. Emang kuasa Allah tuh bikin speechless..

Makasi banyak Riedha, yang udah inget temenmu ini, jadi penghubung disaat yang tepat.. Makasi juga utk empu-nya undangan tsb (Kak Dimas dari Tekim), yang bahkan saya ga kenal sebelumnya dengan beliau. Makasi udah membuat saya makin yakin akan kekuatan doa. Saya kagum pisan, beliau sangat ikhlas memberi dengan cuma2 (iya, ga pake bayar), padahal bisa aja ambil keuntungan besar dari sana.. Jazaakumullah khayran.. InsyaAllah banyak doa melangit untuk kebaikan beliau, terutama dari bumil yang kepayahan *halah, biar makin dramatis, hehe..


Karena udah merasakan indahnya ketulusan itu, saya jadi berharap akan lebih banyak yang mencontoh sang kakak. Percayalah, 600ribu, 700ribu, atau bahkan jutaan rupiah dari harga undangan yang dijual ga lebih mahal dari rasa bahagia menyenangkan orang lain. Saya bisa bilang gitu, karena saya sebagai penerima aja bahagianya luar biasa, apalagi yang memberi. Saya yakin siapa yang memberi kebahagiaan untuk orang lain, sejatinya bahagia itu adalah untuknya, bahkan besarnya berlipat-lipat..

Akhirnya jadi juga mama, papa, dan mas ei masuk Sabuga :)


Sabuga, 12 Juli 2014


---
Draft tulisan ini udah berbulan-bulan terkubur, sampe kelupaan sendiri dan akhirnya ngerasa basi untuk di post. Tapi berhubung hati ini miris liat postingan tawar-menawar undangan wisuda periode saat ini (Oktober) yang makin menggila, hati saya jadi tergerak.. Plis atulah.. Ga usah segitunya.. Coba kasih aja ke yang benar-benar membutuhkan, dan rasakan sendiri sensasinya :)

Mohon maaf kalo ada beda pandangan, semoga ga ada kata-kata yang menyakiti.

Comments

  1. keren mbak, wah jadi pengin segera wisudaa -__- #udahsemester7 mohon doanya yaa,

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum mba iie, salam kenal mau tanya ni, mba crita kn bs tuh undangan tambahan diurus jauh jauh hari. Kira2 seminggu sblmnya cukup ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaykumsalam mba, punten baru balas. ga cukup mba, kalo bisa dari beberapa minggu sebelumnya, semcakin cepat semakin baik. begitu ada kejelasan kapan bisa ikut wisuda langsung diurus aja :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia