Diary Kehamilan: Week 38

Apa yang (calon) Bunda rasakan sejauh ini?

1. Mimpi Absurd
Beberapa hari (atau minggu ya?) belakangan sering banget mimpi absurd. Dalam semalem bisa mimpi beberapa kali dan saling ga nyambung..

Beberapa mimpi aneh yang saya inget adalah ketemu Mama Laurent(?!), dan beliau ngeramal mama saya kalo anaknya cewe semua jumlahnya 3 orang. Dalam mimpi itu saya terkagum-kagum, "Wouuww bener bangett sih!".. Pas bangun baru nyadar, lah emang anaknya mamake cuma 3 cewe semua, apanya yang spesial deh -_- Secara mama juga udah ga minat nambah bocah lagi kan, nambah cucu mungkin.. heee

Mimpi aneh berikutnya adalah saya mimpi udah melahirkan, tapi kelupaan naro bayinya di dalem lemari(?) seharian. Baru nyadar besoknya, untungnya pas di cek bayinya masi anteng-anteng aja.. Hihihi.. Semoga bunda ga setega itu ya, nak.. Masa lupa sama bocah sendiri, nyimpennya di lemari baju pula :p

Kadang kalo mimpi yang agak sedih atau super aneh, begitu bangun saya jadi bersyukur banget karena ternyata semuanya hanya mimpi.. Heuhe.. Ga tau si ada hubungannya sama kehamilan apa ga, tapi karena bukan hal yang biasa terjadi jadi asa aneh aja kok tiba2 begini.. Ga sampe tahap mengganggu si, cuma lucu aja kok bisa mimpi absurd banget :D

2. Bangun Malam Karena..
Selalu bangun malem 1-2 kali untuk ke kamar mandi. Yes, call me beser or something like that.. Tapi hasrat buang air kecil udah ga bisa ditahan walopun lagi tidur pasti kebangun.. Minimal sekali dalam semalam saya merayap-rayap (karena emang gelap semua) ke kamar mandi..

Mungkin ini ada hubungannya sama frekuensi minum saya yang udah kaya gelonggongan, atau bisa juga karena sekarang si kakak bayi udah semakin menekan kandung kemih.. Entahlah.. Sejauh ini ga merasa terganggu, enjoy aja mama!

3. Bangun Malam (lagi)
Beberapa hari belakangan suka kebangun dini hari dengan mata seger. Nah yang ini bukan karena kebelet atau apa.. Tiba-tiba "tingg" mata seger dan ga nyaman untuk dibawa tidur lagi. Apa ini persiapan untuk masa-masa pascapersalinan nanti ya? Walopun saya berdoaaa pisan semoga si bayi ga suka begadang. Sayanya ga biasa (dan ga kuat, kayanya) begadang..

4.Baby Movements
Perut bagian atas suka ada jiplakan-jiplakan dari si bayi hehe.. Entahlah itu tumit, lutut, atau apa.. Mungkin di dalem udah main sempiit jadi aja tiap gerak suka keliatan (dan tentunya berasa) banget.. Kadang kalo lagi heboh suka bikin agak sakit. Rasanya kaya kulitnya ketarik banget.. Hehe.. Tapi lucu, sensasi ini pastinya akan dirindukan nantinya :) Sehat-sehat ya nduk..

5. Prenatal Yoga
Mulai rutin prenatal yoga. Prenatal yoga ini dimulai dari week 31 kalo ga salah, tapi waktu itu masih ga rutin.. Alesannya sih karena belum nemuin video prenatal yoga yang pas di hati, hehe..

Sejak week 36 atau 37 gitu ya yoga ini mulai dirutinin (hampir) tiap hari setelah akhirnya nemu video yang enakeun. Ya kadang ga tiap hari sih, hehe.. Seminggu 4-5 kali lah.. Videonya bisa diliat di link --> ini.

Yang saya suka dari video itu adalah waktunya cukup lama (30 menit, lainnya kebanyakan 10menitan doang), gerakannya enak, dan musiknya juga bikin relaks.. Kurangnya menurut saya cuma satu, pergantian antar gerakan terlalu cepet.. Jadi saya suka nambah gerakannya lagi, misal yang harusnya cuma 4 kali saya tambahin jadi 7 kali.. Akibatnya jadi suka ketinggalan di gerakan berikutnya, heu.. Tapi karena dah mulai hafal jadi ga perlu tiap bentar nengok video lagi, asal denger instruksinya aja..

Thanks to my husband yang udah berbaik hati memfasilitasi dengan yoga mat. Ini membantu banget menurut saya.. Gerakan-gerakan yoga jadi jauh lebih nyaman.

6. Gym Ball/ Birthing Ball
Mulai rutin latihan di gym ball/birthing ball. Ini mulai minggu ke 35 atau 36 kalo ga salah.. Cara makenya tinggal tanya ke mbah yutub, hehe.. Gerakan ke depan-belakang (dari dasar perut sampe tulang belakang), gerakan kanan kiri, dan juga gerakan spiral (setelah 35 minggu katanya sebaiknya clockwise aja, ga tau juga alesannya, liat di yutub).

Penggunaan kursi juga diganti sama gym ball (halahh kayak punya kursi aja, wkwk). Selain biar bisa sambil goyang-goyang, gym ball ini juga bagus buat benerin postur tubuh ceunah.. Jadi kita kan terpaksa duduk tegak.

7. Lapar, Lapar, dan Lapar Terus
Saya udah ngurangin banget porsi nasi lho sekarang, hehe *bangga. Sekali makan paling nasinya cuma 3-4 sendok makan aja.. Tapi ya gitu, suka laperan.. Yang akhirnya saya ngemil roti deh, hahaha.. sami mawon yak.. Atulah disini ga pake USG, jadi saya ga tau seberapa berat bayi, no clue sama sekali.. Jadi weh masih suka lemah terhadap makanan.. Es krim vineta vanilla apalagi. Huhuh, setengah kotak ludes sama saya sendiri..

8. Kenaikan Berat Badan
Berat badan naik buanyakk. Sampe malu ngasi tau angka-nya, haha. Yang jelas udah lebih dari 20 kg kenaikannya (wouww).. Ini sama kaya mama saya dulu si, katanya pas hamil saya naiknya 20an kg juga.. Tapi blum pasti ibunya bengkak anaknya gendut lho, dulu saya lahir (cuma) 2,8 kg. Tapi ya balik lagi, karena disini tiap check up hamil ga pake USG, jadi saya no clue si bayi udah berapa beratnya sekarang.. Semoga sehat dan normal aja ya, dan bisa lahir dengan mudah dan nyaman, aamiin..

9. Hospital Visit
Udah hospital visit 2 hari yang lalu. Tentang ini di post lain aja kali ya hehe.. Yang jelas ini semacam information session untuk para orang tua, kita dikasi tau serba-serbi melahirkan dan juga liat-liat kamar bersalin.

10. Craving
Mauuuu banget indomi goreng, indomi rebus, dan martabak indomi.. Tapi untuk request ini saya masih harus bersabar.. Suami baru ngijinan setelah.. menyusui.. Grrrrr kejamnyaaah.. Kao keburu hamil lagi piye? *eh

11. Baby Name
Huks, maafkan kami ya, nak.. Belum nemu juga rangkaian nama yang pas.. Nama depan dan belakang si udah ada insyaAllah, tinggal nama tengah yang masih belum diputuskan.. Ada sarankah? :D

Yowess, segitu dulu update dari bumil ndud ini.. Mohon doanya semoga semua sehat dan lancar ya ^^

Gothenburg, 2 Oktober 2014,
Welcome, Autumn! :)

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia