Ayam Cabe Hijau ala Koki Amatir

ceritanya, selama di Gothenburg ini, ruang kerja saya berpindah ke dapur, heheheh.. maksudnya tiada hari tanpa memasak.. alhamdulillah, ini salah satu harapan saya waktu masi berjuang (nyelesein kuliah) di bandung; masakin suami tiap hari. semoga bernilai ibadah yaah, aamiin..

bersyukur banget jadi ibu rumah tangga di era sekarang, ada internet yang memudahkan hidup.. bingung mau masak apa tinggal googling, bingung gimana cara buatnya tinggal googling juga.. tapinyaa, kalo menurut saya kita ga bisa plek2an ngikutin resep juga.. harus disesuaikan sama isi kulkas (penting nih!), waktu yang tersedia, dan tentunya memenuhi azas efektif dan efisien *halaahh..

jadi biasanya saya suka compare beberapa web untuk satu resep gitu.. lalu dianalisis langkah2nya, dan adopsi yang dirasa perlu dan improvisasi seperlunya, hehe.. tapi ada sisi jeleknya nih dari compare2 resep gitu, karena resepnya jadi ga ada yang ngikutin persis suatu web, begitu masakannya jadi dan berhasil, saya jadi bingung sendiri kalo harus bikin lagi.. tadi takaran bumbunya yang dari web A apa web B yah?? dsb dsb.. jadilah daripada saya bingung, tiap abis bikin masakan dan saya puas, saya tulis lagi resepnya mumpung inget.. nah ayam cabe hijau ini salah satunya.. enjoy!


Bahan:
Paha ayam 2 buah
Air kurang lebih 400ml
jeruk nipis
Daun salam 3 lembar
Daun jeruk 2 lembar, robek-robek
Sereh 1 buah, geprek

Bumbu, haluskan:
bawang putih 3 siung
bawang merah 4 siung
cabe hijau besar 7 buah
cabe rawit 5 buah
Kemiri 3 butir
Kunyi 1 ruas
Jahe 1 ruas
Garam 1 sdt, Gula 1/2 sdt, Lada 1 sdt (ini saya ngira-ngira aja sih sbenernnya, asal bantu ngehalusin bumbu aja)

Langkah:
1. Bersihkan dan potong ayam sesuai selera. Disini paha ayamnya gede2, jadi satu paha saya bagi 3, totalnya jadi 6 potong deh
2. Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 10-30 menit.
3. Haluskan bumbu, ga usah terlalu halus juga tapi.. *pegel nguleknyah hehe
4. Tumis bumbu, masukan daun salam, daun jeruk, sereh, sampai harum
5. Masukan ayam, aduk-aduk sebentar, lalu masukan air.
6. Tambahkan garam, gula, lada, sesuai selera..
6. Masak dengan api sedang sampai airnya habis. Kalau ayam belum matang airnya boleh ditambah lagi
7. Cicipi, udah maknyuss? Sajikan dengan nasi hangat dan sayurnya :)

ini dia penampakannya:


menurut saya si kuncinya garemnya harus terasa.. ayam cabe hijau atau ayam lado hijao (bahasa minangnya) ini mengingatkan saya sama gulai itik khas kampung saya.. huah bikin ngiler..

mangga dicoba.. semoga berhasil ya!

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia