Tentang Kehadirannya

Bismillah..

sekedar berbagi, karena saya yakin ada banyak wanita diluar sana yang pernah merasakan hal yang sama.. tentang menanti buah hati :)

saya menikah saat 3 bulan menjelang usia 20 tahun, tepatnya pada Juli 2012. saat itu saya baru saja selesai melewati tingkat 2 kuliah. kata sebagian besar orang (di lingkungan saya) itu muda banget. walopun kalo menurut saya mah ga luar biasa juga si, banyak temen yang nikahnya lebih muda dari itu. menjelang pernikahan, saya merencanakan kalo punya anaknya setelah lulus aja. ga kebayang kalo harus hamil sambil heboh kuliah. apalagi tugas-tugasnya suka minta perhatian lebih. dan suami (masih calon waktu itu), setuju juga.. walaupun beliau ngelobi, hamilnya pas tingkat akhir deh, kelamaan kalo lulus dulu (yang mana artinya 2 tahun setelah nikah). hmm, saya ga nge-iya-in tapi ga nolak juga, masih oke lah, dengan harapan di semester akhir udah tinggal tugas akhir. sebenernya bukannya kami sok2an nunda atau gimana, tapi semata-mata untuk calon anak juga, kami ingin kondisi yang 'ideal' utk dia bertumbuh..

kenyataannya gimana? hee.. entah ini godaan apa saya yang emang superlabil.. tepat setelah nikah, malah jadi mupeng pengen punya anak. kayaknya luar biasa aja gitu dari dua orang yang berbeda bisa hadir manusia baru(?). masalahnya, ternyata diluar rencana, kami musti ldr-an! ga tanggung2, ketemunya bakal 4 sampai 6 bulan sekali.. jadilah waktu pertemuan yang cuma sebulan setelah nikah, sebelum harus ldr, dipake ngelobi suami; mau punya anaakk :)) hihihi.. tapi ya Allah berkata lain, belum saatnya, sayanya juga ternyata belum siap.. begitu masuk kuliah langsung keder sama 23 sks..

empat bulan kemudian kami ketemu lagi, tepatnya Januari 2013.. saya masih kekeuh mau punya anaak.. suami masi stay cool.. tapi ternyata beliau ngasi saya hadiah buku judulnya "now you are a mother". whoa happy sangat.. artinya beliau merestui(?) utk ikhtiar menjadi org tua.. namun apakah di pertemuan kedua setelah nikah itu saya langsung mblendung? tidak sodara2, ternyata belum saatnya juga kata Allah. hmm walopun baru 'bertemu' 2 kali saya udah cukup ga sabaran, karena artinya saya harus nunggu 6 bulan untuk ketemu lagi.. waktu2 ldr itu saya manfaatin semaksimal mungkin untuk menyalurkan 'esmosi jiwa' yakni dengan ngebabat sks kuliah semaksimal mungkin.. setelah nikah saya selalu ambil sks maksimal biar cepet kelar deh, dah ga sabar cepet lulus dan berumah tangga beneran hehe..

sambil menanti pertemuan ketiga kami, yakni di bulan juli 2013, saya malah jadi rungsing sendiri. kepikiran mulu pengen hamil teh, akhirnya sering banget baca-baca tentang persiapan kehamilan, pregnancy blog, dsb.. dan mungkin hasrat ini udah ke tahap akut sampe siklus bulanan saya malah jadi keganggu, wadaww! pas jadwalnya ketemu suami saya ga haid aja dong 1,5 bulan, siklus terlama selama ini.. pertemuan ketiga pun usai, saya mulai pasrah, yaudalah ini mah semakin dipikirin semakin ga sehat jadinya..

saya mulai bawa santai dan merubah mind set. saya buka lagi buku 'kuantum ikhlas' -nya Erbe Sentanu yang isinya tentang gimana mengelola positive feeling dan belajar menyerahkan semuanya sama Allah.. beberapa perubahan saya lakukan, yang tadinya 'menyalahkan' kondisi ldr, jadi berdamai aja.. saya tanamkan dipikiran; kalo Allah berkehendak, kalo Allah berkata'jadi', maka jadilah.. mau ketemunya sebulan sekali kek, enam bulan sekali, setahun sekali, kalo kata Allah hamil ya hamil aja.. wong yang pake kb aja klo Allah berkehendak ia untuk hamil lagi ya hamil ajah.. terus saya juga mengubah sudut pandang, kalo ini bukan tentang 'menunggu kapan dia datang' tapi tentang 'mempersiapkan kehadirannya dengan sebaik-baiknya'. apa bedanya? kalo mikirnya 'menunggu kapan dia datang' maka fokusnya ke 'ketidakhadirannya' saat ini, sedangkan kalo mikirnya 'mempersiapkan kehadirannya' fokusnya adalah ke diri saya sendiri, gimana menyiapkan seluruh aspek (fisik, mental, rohani) dengan maksimal sehingga saya siap saat tiba masanya dia hadir. saya juga jadi lebih bisa mengambil hikmah, untung juga belum dikasih hamil waktu itu sehingga sks kuliah yang diambil bisa lebih banyak, bisa ikut rekrutasi asisten lab yang menguras tenaga, dsb.. bahkan saya juga udah mepersiapkan rencana lain kalo di pertemuan selanjutnya ternyata belum hamil juga, ada rencana untuk naik haji di tahun itu.. intinya mah plong aja gitu, semua terasa indah dan tenang..

metode 'ikhlas' atau 'positive feeling' ini pernah saya post sebelumnya disini, waktu itu si berkaitan sama anxiety masa2 uas, tapi mirip2 lah ga enaknya.. setelah pake metode tersebut bener aja rasanya plooong pisan.. ga ada lagi tu, rungsing klo ditanyain 'udah isi belum?', atau ga ada lagi mupeng kalo liat berita2 kehamilan orang lain. karena ya yakin aja, Allah Maha Kuasa, gampang aja bagi-Nya mengabulkan permohonan kita, tinggal gimana kita memanfaatkan waktu yang diberikan Allah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sehingga lebih siap saat ia datang.

Dan pada pertemuan kami yang ke empat, Januari 2014 di Gothenburg, saya rasanya jadi jauh lebih bahagia menghabiskan detik2 sama suami. ga ada pikiran 'bakal jadi gak yah ini?' seperti pertemuan sebelumnya.. santai ajah gitu.. saya nikmatin aja masa-masa jadi istri sepenuhnya, bisa masakin suami, nyiapin kebutuhannya, traveling dengan hati riang, dsb.. lalu sekitar 3 hari sebelum waktunya saya pulang lagi ke Indonesia suami ngasi hadiah.. pas saya buka eh ternyata isinya testpack digital, heuu.. saya sempet nolak, "ga usah, simpen disini aja, paling ga kepake.. sayang ini kan mahal..". tapi suami tetep nyuruh bawa pulang ke indo, katanya "ya gpp, ntar kan bisa beli lagi disini.." oke baiklah.. dibawalah itu testpack digital merek clear blue yang saya ga pernah liat di indonesia..

eh panjang banget ya ceritanya hehe.. singkat cerita, saya balik ke indonesia.. di pesawat saya mulai curiga, karena kok ada bercak darah padahal ini bukan waktunya haid. menurut perhitungan saya, itu baru beberapa hari setelah perkiraan ovulasi. saya agak curiga apakah itu yang dinamakan implantation bleeding? karena memang saya pernah berdoa kalo emang dikasih hamil semoga dikasih tanda yang namanya implantation bleeding ini, biar saya tahu kapan tepatnya embrio melekat pada rahim. tapi saya ga mau ke-ge-er-an juga, toh masi terlalu dini untuk tahu semuanya.

sampe indo, lusanya langsung ngurus resident permit karena kalo semua sesuai rencana maka saya akan lulus tengah tahun dan bakal ngikut suami ke swedia.. di kedutaan saya ngerasain perut agak kram yang beda sama kram kaya mau haid. kalo mau haid saya perhatiin kramnya tuh agak di bagian bawah, nah tapi ini di bagian rahim, bertambahlah kecurigaan saya. tapi lagi-lagi menurut saya ini masih terlalu dini untuk tahu apakah bener ada calon manusia yang sedang bertumbuh dirahim saya. beres dari kedutaan buat apply resident permit, saya langsung ke bandung untuk mulai menggempur tugas akhir #eaa..

setelah sekitar seminggu ada di bandung, mulailah rasa penasaran saya tak terbendung lagi.. saya beranikan diri untuk tes kehamilan pake testpack.. belum bilang2 ke suami krn ceritanya ya nothing to loose aja.. pertama ngetes pake testpact murah dulu, krn sayang make testpack digital klo hasilnya negatif hhe.. eh ternyata hasilnya dua gariss, cuma garis satunya tipiiis banget.. saya masih ga yakin, akhirnya besoknya saya coba tes lagi. garisnya tetep dua dan lebih jelas dikit.. akhirnya saya beranikan diri cerita ke suami.. suami masih kurang yakin, saya disuruh test pake yang digital biar hasilnya lebih jelas.. akhirnya besoknya saya coba lagi dan alhamdulillah layar testpack menunjukkan tanda + yang artinya ada embrio yang lagi bertumbuh di rahim saya.. gimana reaksi saya waktu itu? apakah mewek histeris krn bahagia atau loncat-loncat kegirangan cem di film-film? nope.. saya cuma senyum2 dengan perasaan tenaaang banget.. bersyukur, bukan semata karena saya hamil, tapi karena saya bahagia mendapat bukti lagi tentang kuasa Allah, tentang kekuatan doa dan positive feeling. alhamdulillah..

semoga ada manfaatnya pengalaman diatas ya :)


Rabbi Habli min ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka sami’ud du’a..
Wahai Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia