Koki Amatir: Ayam Kecap

Assalamualaykum!

Asa udah lama banget ga nulis jadi kaku lagi mau mulai hehe #basii.

Shortupdate, ceritanya sekarang saya lagi mengunjungi suami (lagi) ke yotebori aka Gothenburg. Apa yang berbeda dibanding tahun lalu? sampe sekarang (udah 2 minggu disini) salju belum menunjukan batang hidungnya.. haa.. berbeda sama tahun lalu yang begitu landing langsung disuguhi pemandangan yang putih-putih. tapi ga apa, kesini ga mau nyari salju toh? wkwk.. *lirik suami*

oke, mau cerita apa hari ini? sesuai judul diatas, saya mau berbagi sedikit tentang yang lagi saya makan yaitu ayam kecap. eits tapi ada intronya dulu (lhaaa yang diatas apa :p)

jadi ceritanya, tiga hari setelah saya sampe disini saya dan suami pergi ke toko asia yang baru buka di Nordstan, namanya Saigon. Toko asia ini gede, dua tingkat, dan letaknya di dalam mall terbesar di yotebori raya ini.

Sesampainya disana saya baru inget, saya ga tau mau beli dan bikin apa aja sebenernya.. Jadilah muter2 ga jelas sambil mengamati bahan-bahan makanan dari berbagai negara (yang tentunya asia pisan). Mulai dari bihun, kecap, toge, cabe, bawang merah, tahu, cumi, daun jeruk, kunyit, lengkuas, daun kemangi, sampe pare disini ada. Yang mana bahan-bahan tersebut susah banget nyarinya di supermarket sekitar (terutama yang deket rumah).

Nah di suatu rak saya nemu deretan bumbu instan. Biasanya, saya ga tertarik sama bumbu2 ini, tapi entah kenapa tangan saya malah ngambil salah satu bumbu kari ayam (impulsif mode: on). Oke. jadilah saya beli bumbu kari itu.
moral of the story: kalo belanja bikin list belanjaan dulu, kalo bisa malah udah ada gambaran minggu itu (kalo belanjanya mingguan) mau bikin apa aja.. biar ga terjebak oleh keimpulsifan, hehe

Dua minggu kemudian, mulailah saya cobain itu bumbu kari.. bentuknya kaya pasta gitu.. dibalurin di ayam dan didiemin sekitar 30 menit. Saya ikutin semua sesuai instruksi; ungkep ayamnya terus dimasukin susu atau santen.. Pas kuah karinya udah mendidih2 barulah saya khawatir; baunya kemana-mana! >.>
Wadu mana ini dapur sharing, tetangga kamar orang spanyol pasti ga biasa sama bau-bau yang nusuk hidung gini.. Jadilah saya deg-degan masaknya.. Pertama deg-degan takut rasanya ga enak (seperti mayoritas bumbu jadi), dan kedua takut ngeganggu tetangga.

Karena masaknya lama jadi saya suka tinggal ke kamar.. Eh pas saya balik lagi udah meluap kuahnya, bikin noda gosong di alas kompor (yang bikin bau hangus). Yasudah berhubung udah mateng juga akhirnya saya angkat dan sajikan..

Gimana rasanya? Mmm.. agak susah terdefinisi :)) Sebenernya ga parah-parah amat, cukup oke kalo untuk sekali makan tapi kalo besok harus makan ini lagi mikir juga saya.. Karena menurut saya makanan yang enak bisa bikin semangat, sayang mood saya kalo kudu makan yang gini lagi besok.. Sedangkan ayamnya udah sengaja dibikin banyak biar sekalian buat (makan siang) besok.. Akhirnya menjelang tidur saya mikir-mikir mau diapain ayamnya..

Maka, pagi ini, berbekal pembendaharaan resep yang masih segitu-gitu aja.. Ayam bumbu kari itu saya sulap jadi ayam kecap! Yosh.. Seperti biasa jam 7 saya udah ngendon di dapur bikin sarapan dan makan siang (karena mau dibuat bekel jadi dibikin dari pagi). Dan inilah resepnya untuk dua porsi:

Bahan
Minyak goreng
Ayam(Karena saya pake ayam kari tsb maka saya basuh dulu pake air biar bumbu karinya luntur)
Buncis
Kecap 2-3 sdm
Air
Bawang putih 2 butir
Cabe merah 1 buah
Jahe 1/4 ruas jari
Daun jeruk 2 helai
Garam dan Lada

Langkah
1. Cincang bawang putih, iris cabe, kupas pinggiran jahe, bersihkan dan potong buncis ukuran 2cm.
2. Panaskan minyak, masukan bawang putih dan cabe merah.
3. Setelah bawang putih wangi, masukan Ayam, kecap, air (asal ga kentel aja), jahe, dan daun jeruk.
4. Tambahkan garam dan lada sesuai selera.
5. Masukan buncis di menit-menit terakhir biar masih renyah.
6. Icip-icip sampe udah pas. Siap dihidangkan

Gampang banget kan? hehe.. Ini salah satu masakan yang simpel tapi nyamnyam enaak! Selain ayam bisa juga diganti yang lain, misal cumi/udang/daging sapi

Happy cooking! ^_^

--
gambarnya menyusul ya, kelupaan mau difoto, udah abis duluan >.>



Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia