Kuliah Online Asyik di Almaghrib Institute #Day7

Ceritanya hampir setahun terakhir saya cuti kuliah. Setelah sekian bulan barulah saya kepikiran, "Eh, kenapa gak ambil kuliah online aja ya?"

Alhamdullilah sekonyong-konyong(?) ada email masuk menginfokan lagi dibuka kelas online di Almaghrib Institute, waktu itu kelas tentang penyucian jiwa alias 'Tazkiyatun Nafs' oleh Syekh Omar Suleiman. Websitenya di almaghrib.online, nama kelasnya 'Behind The Scene'. Kebetulan saya emang lagi nyari bahasan tentang tema itu, kok ya bisa pas banget huhu. Akhirnya saya pun daftar, biayanya sekitar 42 euro.

Almaghrib Institute ini adalah situs kuliah online terbesar untuk islamic studies di western world. Pengajarnya ada banyak, ada Omar Suleiman, Yasmin Mogahed, Yasir Qadhi, dll. Sesinya dibuka per batch gitu, jadi ga tiap saat available. Dia bisa kasih reminder kok kapan buka kelas baru, cek aja webnya itu.

Kelas 'Behind The Scene' terdirid ari empat modul yang berisi total 35 video lecture. Kita akan diberi akun yang bisa mengakses berbagai video perkuliahan, ada lebih dari 3x live session, dan tentunya bisa bertanya. Ada ujian di akhir juga tapi saya belum ikut. Saya rutin dengerin minimal satu lecture sehari (sekitar 20 menit per video), dan tuntas dalam waktu sekitar sebulanan apa ya.

Kesan saya pas pertama kali liat video lecturenya adalah, "wow jernih banget videonya, soundnya juga jelas". Seneng deh, kaya nonton kajian yutub tapi versi udah terstruktur dan kualitas video terjamin.

Saya ngerasain banyak banget manfaat dari kelas ini. Syaratnya, kita harus serius mendengarkan, kasi sesi waktu khusus anggep lagi kuliah beneran. Jangan mentang-mentang online maka disambi-sambi, nanti ga optimal belajarnya. Saya biasanya dengernya malem setelah anak-anak bobo. Cukup 1-2 video aja, tapi rutin. Karena udah kebentuk pola jadi otomatis sendiri aja. Terlebih lagi bahasannya juga emang asa perlu sih, jadi antusias aja ngikutinnya. Kadang malah saya harus nahan-nahan diri dari nontonin sekali banyak, saking ngerasa penasaran sama kelanjutan lecturenya, tapi ga boleh biar ga begadang.

Selain itu yang ga kalah penting adalah... Catet! Siapin buku khusus dan catat info pentingnya. Jadi mudah kalo mau review lagi, dan berasa ada output nyata dari kuliahnya. Selain itu, tentu usahakan di praktikan (ini yang masi berusaha terus, semangaat, bismilaaah!)

Kalo ada yang perlu saya sampein lagi adalah, untuk ikut kuliah online begini, kita perlu bangun dulu rasa butuhnya, kita perlu sadar dulu sama 'why' nya, biar ga putus ditengah jalan.

Sekarang saya lagi ikut lagi untuk subject lainnya, dari ustadza Yasmin Mogahed tentang internal change. Mohon doanya ya! Yuk kuliah online :)





#IbuProfesional
#BundaSayang
#Level12
#Tantangan10Hari

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia