Mengajarkan Anak Cerdas Finansial #Day6

Asiyah di usia 3 tahun 3 bulan ini (tentunya) belum ngeh sama uang. Sebatas tahu kalo mau beli-beli pake uang. Tapi belum ada hasrat banget mau beli sesuatu jadi perlu uang/nabung. Jadi kegiatan menabung itu motivasinya belum untuk konsep ''biar uangnya banyak untuk bebelian", tapi karena dia suka aja masuk-masukin koin (atau apapun yang muat) ke dalam celengan.

"Asiyah, kita bikin celengan yuk."

*Asiyah menatap dengan bengong beberapa detik*

"Biar bisa nabung, nanti kita masukin koin ke dalemnya."

Tiba-tiba anaknya antusias banget, langsung beranjak dari kursinya dan lompat-lompat kegirangan siap memulai aktivitas.

Yes! Alhamdulillah. Kalo anaknya udah 'engage' begini baru nendang, ga perlu dianggurin  padahal-emak-udah-siapin-prakarya.

Nah, kali ini kami bikin celengan dari toples bening bekas astor aja. Bolongin atasnya pake pisau.

"Yeeay! Asiyah senang main sama Bunda. Asiyah main sama Bunda." Kata Asiyah sambil dilagukan, tanda suasana hatinya riang.

Setelah celengan artistik(?) itu rampung, ia pun mengisinya dengan antusias.. pake.. mainan boardgame :))

Asiyah manjat rak buku untuk ambil kantong beads dan kartu kecilnya boardgame 'carcassone' punya Ayah, dan sepenuh hati mau masukin mainan itu ke dalam toplesnya.

Hahaha, duitnya mah ga penting ya naak. Yang penting bisa nyemplung-nyemplungin mainan. Baiklahh, anggap saja latihan motorik halus :))

Sambil Bunda sisip-sisipkan melalui dialog konsep menabung (yang anaknya belom tertarik, da belom banyak butuh/tertarik sama benda-benda). Ke toko mainan aja masih bisa lempeng ga ngarep apa-apa. Malah kita yang nawar-nawarin mainan (buat memastikan kalo dibeliin bakal dimainin). Dia lebih fokus sama mainin apa yang ada disana, belom terlalu peduli sana konsep bisa dibeli dan dibawa pulang. Kalo ada benda yang Asiyah pengenin banget itu adalah.... es krim! :")

Nanemin konsep nabung ke anak 3 tahun aja begini, apalagi ke 5 bulan yha.. hehehe. Dede Maryam masih edisi menikmati dulu aja rezeki yang Allah beri melalui menyusui dan pengasuhan ya naak..

Alhamdulillah 'ala kulli hal..

Barakallahu fiik..




#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia