Pohon Literasi #Day10

Hari ini Asiyah baca buku Halo Balita 'Aku Suka Buku', Prins Carl tentang potty, Bobo dan Jerapah, dan buku tentang ulang tahun kesayangan. Oiya baca iqra juga sama ayah, masi pemantapan sampai huruf za. Malam ini bobonya sambil peluk buku 'Aku Anak Berani' :))

Maryam hari ini baca buku touch and feel juga. Hari ini Ayah ulang tahun, ga ada perayaan apa-apa, cukup jadi pengingat aja usia udah jadi tiga puluh satu, hehe. Kita family time, makan di luar, di restoran turki di Angered lalu grocery shop deh abis itu. Total jalan-jalan door to door 2,5 jam, Maryam full bobo. Enak digendong pake stretchy wraps ya nak. Bunda juga enak sih ga pegel, bisa makan dengan tenang juga. Cuma nen pas abis belanja, itu juga sambil nyumput aja jadi orang-orang ga tahu. Efeknya baru kerasa malamnya, Bunda pegel haha. Tapi belum bisa bobo walopun anak-anak udah pada tidur, karena nungguin Ayah ngelab dulu, ngerjain eksperimen malam-malam sebentar biar cepet kelar. Semangatt Ayah! Efek lainnya, Maryam bobonya jadi lebih malam, jam 7 lewat 10, biasanya jam 5-6 udah tepar. Atau Maryam tahu ya sekarang weekend ada kakak dan ayah di rumah jadi pengennya main hehe. Saya perhatikan bayi usia Maryam ini punya sejumlah energi yang harus dihabiskan sebelum akhirnya bisa bobo malam. Jadi harus lebih aware nih sama jadwal tidur siang, jangan kelamaan dan kesorean. Udah bukan nuborn banget lagi yang bisa seenaknya tidur sporadis lama-lama.

Ayah masi baca paper tentunya.

Bunda lagi baca ulang buku 'Welcome to Your Chuld's Brain', suka banget buku ini. Ini buku karya ahli saraf dan otak gitu tapi penjelasannya dibuat bergaya populer. Banyak fakta-fakta menarik. Yang saya baru baca ulang tadi tentang pengenalan bahasa asing pada anak. Sebaiknya di usia dibawah tujuh tahun, biar efeknya mendekati native, ada penelitiannya gitu deh. Semakin besar usia anak, maka semakin susah mendekati level native speaker kemampuannya. Tapi saat udah bukan remaja, alias pas dewasa, usia udah ga menentukan lagi. Artinya yang belajar bahasa umur 20 sama 30 ya sama aja, ga signifikan banget pengaruh usia. Pas sih sama rencana kami ngajarin bahasa asing, yakni setelah penguasaan bahasa ibu (2 tahun pertama), dan sebelum usia SD.

Abis itu lagi baca chapter lain tentang stimulasi pada bayi. Stimulasi pendengaran dan sentuhan adalah yang paling tepat untuk bayi kecil, karena pandangan mereka belum berkembang sempurna. Seru nih chapter ini, tapi belum kelar. Lanjut baca lagi ah :D

#BundaSayang
#IIP
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#GameLevel5
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia