Kecerdasan Anak #Day6

Ditulis saat Maryam bobo dan Asiyah lagi main sama tante revi.. :)

Kemarin saya mencoba menulis agenda kegiatan untuk beberapa hari ke depan, untuk Asiyah dan beberapa stimulus (yang masih seragam sih) untuk Maryam. Langsung dipraktekin malamnya. Kegiatan untuk hari itu adalah berjalan mundur, sesuai tahapan perkembangan usianya. Ternyata kurang menantang wkwk. Jadilah ditambah lompat satu kaki juga. Ini butuh konsentrasi, keseimbangan, dan mussle power juga (halah, ribet amat mak bahasanya). Bunda pernah nyebut sekali duluuu, dan ternyata diam-diam anaknya suka latihan sendiri wkwk. Udah cukup lancar. Alhamdulillah..

Dari kedua aktivitas itu tampak modalitas kinestetik.

Sedangkan untuk Maryam, beberapa hari ini mulai saya tidurin tengkurap di siang hari. Ini setelah diskusi dan cari saran dari seorang teteh, dan setelah saya cari info lebih lanjut di internet banyak manfaatnya juga untuk bayi. Diantaranya menguatkan otot leher, menanggulangi refleks moro jadi tidur lebih nyenyak, baik bagi pernapasan, mencegah kepala peyang, dsb. Terlihat juga perkembangannya, kepala Maryam bisa dibilang sudah cukup kuat, kalo digendong dipunggung(?) udah tegak kepalanya walaupun tetap harus jaga-jaga disangga.

Kemarin 22 September juga check up rutin mingguan Maryam (sebulan pertama check up dilakukan mingguan di klinik, selanjutnya sebulan sekali sampai usia setahun, diatas setahun lebih jarang lagi intervalnya). Berat Maryam udah 4.5kg tabarakallah, naik 1.3kg dalam sebulan. Lingkar kepala dan panjangnya juga meningkat baik. Kepala diperiksa dan tidak ada tanda flat head (peyang). Alhamdulillah. Pekan depan check up dengan dokter anak untuk mengecek perkembangan. Jadi kalo cek pertumbuhan (cerat, tinggi, lingkar kepala) sama nurse anak, kalo perkembangan sama dokter anak. Semua jadwal udah diaturin sama mereka, ceknya di klinik dekat rumah dan tentunya gratis semua, alhamdulillaah. Begitu juga dengan imunisasi, semua jadwal dan appointment sudah diatur.

#IIP
#Level4
#BundaSayang

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia