Pesan Mama

Biar lebih mudah diinget. Mari kita tuliskan aneka petuah Mama terkait ngasuh bocah lebih dari satu. Mama punya pengalaman yang langka dimiliki orang lain, yakni punya anak dengan jarak umur 11 bulan! Iya, artinya saat saya umur 2 bulan, Mama udah hamil lagi. Katanya sih dulu ke RS buat pasang KB, eh iseng-iseng tes darah dulu takutnya lagi hamil, dan ternyata beneran positif, hihi.

Dulu katanya Mama sempet galau, karena kasian saya yang masih merah banget. Masi kecil udah harus berbagi perhatian sama adik, gitu. Tapi Oma dan Papa menguatkan, insyaAllah bisa kok ngegedeinnya, insyaAllah jadi anak berguna nantinya. Hebatnya, walaupun katanya sempet khawatir begitu, tapi Mama bisa perform dan cool banget ga keliatan serpih-serpih galaunya dalam mendidik, setidaknya di kacamata saya. I had a happy and lucky childhood, my childhood memories are full of love, I have looootss of things to be grateful of. Yes it means, My Mom and Dad made it!

Suatu waktu di Indonesia, saat kami lagi sedang diperjalanan dalam mobil berdua, Asiyah lagi tidur di carseat belakang. Kami pun mengobrol tentang tema persiapan menyambut dede bayi,

"Sejak tahu lagi hamil adek, Mama dan Papa langsung susun strategi. Kita nyiapin gimana biar Iie ga ngerasa kurang perhatian. Kalo Mama lagi sama adek, Papa otomatis akan ngajak Iie main, atau Oma. Lebih-lebih kesadarannya, karena ini spesial, kakaknya masih kecil.. Mungkin kalo jarak usia Iie dan Adek ga terlalu dekat, Mama dan Papa ga extra mempersiapkannya, karena mikirnya 'ah punya adik ya hal biasa', tapi karena ini spesial, jadi lebih-lebih usahanya. Kita ga mau Iie ngerasa kurang perhatian."

"Tapi walau segimana pun Papa berusaha merhatiin Iie, segimana pun Oma bantu ngurusin kalian, akan ada masanya anak-anak maunya nempel sama Ibunya. Itu hal biasa, hal wajar. Jangan di marahin. Biasanya ada aja masanya kita lagi capek, atau sejenisnya, tapi anak-anak dua-duanya ga mau sama yang lain. Jangan dimarahin, emang begitu." Hihi, kayak tahu aja saya butuh penguatan buat kontrol esmosi dalam kondisi tidak ideal begituh.. Semoga saya bisa sekuat Mamake..

Memang sih, jarak usia Asiyah dan calon adiknya ga sedekat Saya dan adik saya, tapi insyaAllah intinya sama. Bahkan saat perkiraan adiknya lahir nanti Asiyah juga belum tiga tahun, masih periode batita yang istimewa. Kalo Bu Elly Risman malah 'nyuruh'nya dalam satu rumah ga ada dua balita (iya, lima tahun). Tapi tentu tiap keluarga punya pertimbangan tersendiri, dan tentu ada takdir dan rencana Allah yang ga pernah meleset.

Bismillah, semoga Allah beri kemudahan dalam prosesnya. Semoga anggota baru dalam keluarga memberikan keberkahan, kebaikan yang bertambah-tambah bagi kami semua. Dan semoga tiap-tiap kami bisa menjadi penyejuk mata bagi satu sama lainnya. Aamiin..


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia