Komunikasi Produktif Pada Anak #Day5

Adalagi nih 'kepandaian' baru Asiyah selama di Indonesia, yakniiii ngemut makanan! Di Swedia bisa dibilang makan lancar jaya aja, pernah sih sekali ngemut tapi cuma sekali doang itu pun suapan terakhir yang bisa dimaklumi dia udah kenyang. Nah inim baru juga satu-dua suap, udah mulai deh luamaa banget ga ditelan-telan. Masa satu suap bisa lebih dari sepuluh menit sendiri. Huhu.

Mencoba ga langsung reaktif sama 'gejala' atau symtomps yang tampak yakni ngemut makanan, kami mencoba menangkan pesannya lebih mendalam. Dari bahasa tubuhnya keliatan, kalo disodorin nasi maka dia ga tertarik. Padahaal tahu banget dia laper. Hmm.. Perasaan Bunda mengatakan bahwa Asiyah bosan sama menunya. Karena memang selama di Cibubur ini mostly dikasihnya ayam goreng terus. Lalu digantilah sop ayam. Mulai mau makan, tapi tetep ga sesemangat biasanya. Hmmm... Sampai suatu malam salah satu ponakan bikin mi, Bunda bikinin Asiyah mie juga tapi ga pake bumbu, makannya sama tahu goreng. Ternyataaaa lahap banget, tanpa disuapin. Besok malemnya kita beli bakmi GM, dan lagi-lagi abis 3/4 porsi dewasa dengan makan sendiri. Pas disuapin malah ogah-ogahan makannya. Voila!! Asiyah ternyata bosan sama nasi ya naak. Dan maunya makan sendiri.. Emang sih ya, makan sendiri itu lebih khusyuk, kalo disuapin kan biasanya anaknya nyambi juga tuh sambil ngapa-ngapain, nah bisa ga fokus makannya. Biarin deeh kotor juga, tinggal cuci-cuci kalo perlu dimandiin. Yang penting makan semangat lagi.

Terus kemarin kita buka puasa di resto jepang, Asiyah dipesenin Udon. Lagi-lagi, alhamdulillah, semangat banget makannya. Pas udah abis, minta lagi, "mau spageti lagiii, ayah." berkali-kali.. Hehe, buat Asiyah mie atau spageti atau udon atau apapun itu namanya ya spageti :D

Nah jadi pelajaran deh buat Bunda. Sekaligus tantangan sih. Soalnya mudik begini kan nomaden ya, kadang di Cibubur kadang di Jakarta. Makin tricky mikirin makanan untuk Asiyah, apalagi yang sehat bergizi ya. Bismillah dehh.. Bunda mikir dulu, hari ini makan apa yaa..

Semoga makannya lancar terus ya nak :)


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Catatan Toilet Training Asiyah