Welcome to Your Child's Brain Chapter 23 #OWOC

Judul buku: Welcome to Your Child's Brain
Penulis: Sandra Aamodt & Sam Wang
Judul Bab: Chapter 23- Take It from the Top: Music

Fakta Menarik
--> Apakah mengajarkan musik ke anak sedari dini memberikan manfaat nyata? Berdasarkan penelitian, jawabannya adalah ya dan tidak. Mendengarkan musik tidak membuat anak lebih cerdas, tapi hal tersebut dapat meningkatkan mood mereka yang berdampak ke manfaat sampingan lain (secondary benefits). Di lain pihak, ada beberapa bukti nyata manfaat kognitif yang diberikan dari belajar memainkan instrumen. Dalam kedua hal tersebut, literatur penelitian yang dijadikan dasar tidak bisa diambil sepenuhnya (In both cases, though, the research literature has to be taken with a grain of salt)
--> Mitos Mozart: Banyak yang percaya bahwa pengalaman di masa lalu dapat meningkatkan kinerja otak, salah satunya adalah mendengarkan musik klasik pada bayi dapat meningkatkan kecerdasan mereka. Nyatanya, tidak ada bukti ilmiah terhadap hal ini, tapi penjual musik klasik untuk anak akan menyokong kepercayaan ini di berbagai kesempatan. 
Mitos ini berawal dari paper di journal Nature tahun 1993 tentang 'Mendengarkan Mozart sonata sedini mungkin meningkatkan kinerja mahasiswa dalam complex spatial reasoning task'. Dalam kesimpulannya efeknya setara denagn delapan sampai sembilan poin IQ dengan skala Stanford-Binet. Jurnalis tidak tertarik pada penemuan ini pada awalnya. Turning point-nya adalah saat publikasi 'The Mozart Effect' by Don Campbell yang menjadi international bestseller. Sejak saat itu sampai Gubernur Georgia-US mendukung ide ini sampai mengalokasikan dana seratus ribu dollar untuk mendistribusikan CD musik klasik ke seluruh orang tua baru di daerahnya. Setelah puluhan tahun, ide ini diulang terus menerus dan menjadi populer di seantero dunia. Beberapa jurnalis mengasumsikan bahwa percobaan ke mahasiswa dapat ditarik juga kepada bayi, tapi banyak juga yang tidak peduli dengan penelitian awalnya.  

Hal yang Dipelajari
Ternyata mendengarkan musik klasik membuat cerdas hanyalah mitos.

Opini
Karena saya sendiri tidak pandai dan kurang minat pada bidang musik jadi tidak banyak yang saya ambil pada bab ini selain bahwa ternyata harus lebih hati-hati dalam aneka promosi maupun iklan sekalipun menggunakan istilah-istilah ilmiah.

Ide Utama
Efek musik terhadap otak.

Ringkasan 5W1H
What: Dampak musik terhadap otak
Who: Anak
When: Sedari kecil
Where: Dimana saja
Why: Agar tahu stimulus apa yang ingin diberikan
How: Manfaat drama atau role play lebih luas ketimbang musik.

Pertanyaan yang Muncul Setelah Membaca
-

Kosakata Unik atau Penting
Consonance: notes that go together
Dissonance: is used for effect in music but also occurs in abundance when your child bangs a fist on piano.

Gambaran Visual


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia