Kambakam

Ceritanya lagi berselancar ke salah satu blog favorit saya, disini, dan menemukan 'harta karun' alias aneka daftar kurikulum anak di UK. Sebenernya saya si organik aja ya ngasuh anak teh, cuma kadang memang butuh suatu acuan yang terukur mengenai perkembangan anak. Syukur-syukur kalo ada penjelasan stimulasi yang bisa dilakukan, bisa jadi bahan pembelajaran tersendiri. Pada dasarnya kami mencoba berada di tengah-tengah, ga berlebihan untuk textbook banget, tapi ga menutup mata juga untuk belajar. 

Nah, salah satu poin menarik dalam tulisan disini (Kurikulum Pemerintah Inggris untuk Batita 8-20 Bulan) adalah sebagai berikut:

Target pada kemampuan berbicara (Speaking)
– Ketika bermain, aku bisa menirukan bunyi mainan yang kumainkan, misalnya bunyi, ‘brmm’ untuk mobil-mobilan.
– Aku bisa menggunakan kata tunggal yang penting  seperti, ‘mama’ atau ‘maem’.
– Aku akan meniru suara dan kata-kata baru yang kudengar yang engkau gunakan ketika bermain denganku
– Aku suka menggunakan kata-kata baru seperti, ‘lagi’ untuk menyatakan bahwa aku mau ‘maem lagi’.
– Aku akan melihat kepada benda yang kuinginkan untuk menunjukkan kepadamu bahwa aku menginginkan benda tersebut.
– Aku akan bermain kata dan membentuk kata-kata buatanku sendiri, misalnya ‘buca’ untuk ‘bunda’.
Membaca poin terakhir dalam target kemampuan bicara, saya jadi teringat kebiasaan Asiyah saat ini. Asiyah senang sekali menciptakan kata-kata ajaib karangannya sendiri. Misalnya begini,
Akar kata: Bunda (Anda), Turunan kata: Dambeda, Dambida, Dambudu, Dambidi..
Akar kata: Panda (Anda), Turunan kata: Pandada..
Akar kata: Kucing (Icin), Turunan kata: Cindicim..
Akar kata: Kelinci (Kinci), Turunan kata: Cindici..
Akar kata: Beruang (Aweung), Turunan kata: Weungawengaweung..
Akar kata: Sami'AllahulimanHamidah, Turunan kata: Hameda hameda..
Akar kata: (masih misteri), Turunan kata: Kambakambakambakam.. Pampeyom peyam peyom..

Akar kata: enggak, Turunan kata: Indiak (ekuivalen dengan BIG NO)

Akar kata: setrika (Kaka) , Turunan kata: Kapaka..

Akar kata: Nenen, Turunan kata: Nemenem..

dan sebagainya..
Sering banget ngulang kata-kata karangannya sendiri, jadi hiburan tersendiri buat emak babenya, hehe. Gemeeyy.. 
Semoga Asiyah tumbuh dan berkembang dengan sehat, takwa, cerdas, dan bahagia, ya, nak.. Aamiin! Terima kasih udah membuat hari-hari Bunda dan Ayah jadi makin berwarna dan menyenangkan. Yuk, kita belajar lagi! :)




exploring the world


Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia