Jalan-jalan di Gothenburg; Universeum!

Rabu, 27 Januari 2016, alhamdulillah satu milestone keluarga ini terlewati, yakni ayah berhasil menyelesaikan tesis dan sidang licenciate. Licenciate ini ibarat mini disertasi, dilakukan di setengah perjalanan S3, pertanda setengah perjuangan telah selesai. Setelah persiapan berbulan-bulan, yang tetap disambi dengan project-project lainnya, alhamdulillah berjalan dengan lancar. Pak penguji bahkan bilang, tesisnya ayah sebenernya udah cukup untuk jadi disertasi S3. Barakallah, Ayah!

Nah, seperti biasa, budaya di divisi ayah, kalau ada anggotanya yang baru mencapai sesuatu akan dikasih hadiah. Apakah hadiah licenciate ini?

2 tiket free pass Universeum untuk setahun, yeay!! Alhamdulillah..

Universeum ini seperti indoor zoo+sea world+science center, kabarnya sih terbesar se-scandinavia. Harga tiket normalnya 235 SEK (380K IDR) di peak season, dan 175 SEK (280K IDR) di low season. Lumayan pisan ya pengiritan, bisa tiap bulan kesana mereun, heheh..

Hari Minggu tanggal 31 Januari 2016, kami pergilah kesana, sekalian aktivasi tiketnya. Kami di foto dan beberapa data dimasukan ke kartunya.

Rencana kami kunjungan kali ini utamanya mau ke area seaworld-nya untuk liat ikan hiu. Sisanya bonus aja. Dieman-eman liatnya biar ga bosen duluan kalo kesini lagi di waktu mendatang.

Jam 11 pagi kami sampai, dan ternyata ga terlalu rame. Terakhir kesini itu waktu juli 2015 lalu, lagi peak season, ruame banget. Stroller jadi harus diparkir di bawah biar ga berdesakan di dalam. Berbeda dengan sekarang, bahkan area parkir stroller-nya ga ada. Bebas aja bawa stroller ke dalem. Lebih nyaman ternyata dateng winter begini. Dan walopun lagi winter, suhu hari itu ga terlalu dingin, berkisar 5 dc. Masih bisa ke area outdoor tanpa pasang jaket tebel. Beda halnya kalo cuaca seperti minggu-minggu kemarin yang sampai minus belasan dc, wih, mungkin super sepi tempatnya.

Kami langsung meluncur ke area 'Sea World'. Disini kita liat aneka ikan air laut mulai dari hiu, pari, bintang laut, dan sebagainya. Reaksi Asiyah pertama kali liat ikan-ikan jumbo ini adalah sangat excited, nyengir lebar sambil merhatiin dan nunjuk-nunjuk. Asiyah emang udah pernah dikenalin sama ikan sebelumnya, tapi ikan sill-nya bunda yang mau digoreng hehe.

(silakan klik gambar untuk memperbesar)

ikan warna-warni, aneka tanaman, siapa yang menciptakan? Allah!

nah, kalo yang ini foto jepretan ayah

kata Asiyah, "Gigii.. Gigii.."

Saya sendiri takjub ngeliat aneka ikan ini. Terlebih waktu petugasnya ngasih makan, ikan-ikan yang berebut seperti menari di air, berkelap-kelip memantulkan cahaya. MasyaAllah.. Ini baru di akuarium, gimana yang asli di laut sana. Semoga dengan melihat ciptaan Allah ini hati kami jadi semakin tertunduk, mengagumi kuasa-Nya, ga sekedar terhibur lantas selesai.

Setelah puas liat aneka ikan, kita lanjut ke area Ice Age untuk liat Mammoth dan kawan-kawannya. Ini area outdoor, jadi lumayan dingin. Ada mainan Mammoth dan Harimau Purba yang bisa gerak-gerak dan bersuara secara otomatis kalau dinaikin.

naik Mammoth joget

Terakhir, kita ke area science center. Ada exhibition tentang luar angkasa dan juga arena bermain anak. Di arena bermain anak disediakan tempat bermain balok-balok besar dan juga craft corner, anak-anak bebas menggambar dan sebagainya.

surganya (kreativitas) anak-anak

Setelah puas bermain kita pun pulang. Berhubung Bunda males masak seharian jalan, kita makan siang pake kebab ayam dulu dari restoran dekat rumah. Sebenernya ada Restoran Thailand enak dan halal dekat sini, namanya Bai Kraprao, tapi Sabtu dan Minggu ternyata tutup.

Semoga perjalanan ini berkah ya. Jadi stimulasi positif untuk Asiyah, quality time keluarga, sekaligus menjadi memori yang indah dikenang di kemudian hari. Aamiin..

Alhamdulillah, terima kasih Allah atas segala nikmat..

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia