Jalan-jalan Copenhagen: Day 1

31 Mei 2015-1 Juni 2015. Liburan singkat yang penuh cinta dan cerita. Liburan pertama nenek, anak, dan cucu bersama-sama.

Dari Gothenburg Centralstation, Swedia, kami naik SJ Train pukul 7.40, sampai di København Centralstation pukul 11.30. Keretanya sangat tepat waktu, kereta bergerak tepat di waktu yang dijanjikan. Jadi harus waspada dan sebisa mungkin udah standby di dalem keretanya sebelum waktu yang tertera di tiket. Harga tiket berangkat sekitar 450 SEK, dan tiket pulang 230 SEK (bisa dilihat disini). Kalo mesen nomor kursi nambah 100 SEK lagi. (Nah, kalo ga pesen nomor kursi, kudu waspada kalo begitu udah duduk eh tau-tau ada yang mau duduk di kursi kita. karena kursi yang udah di reserved sama yang belum ga ada tandanya).

Moda transportasi ke Copenhagen dari Gothenburg bisa pake bus, kereta, dan tentunya pesawat. Bus memang lebih murah, tapi karena kami bawa bayi jadi kami memilih kereta biar lebih nyaman.

Keretanya sendiri bersih dan lapang. Ada kursi yang berhadap-hadapan, ada juga yang ngadep ke satu arah.

Pemandangan dari Gothenburg-Copenhagen cantiik sekali. Kebetulan kami pergi di musim semi, jadi bisa dapat pemandangan kebun bunga raps.

kebun bunga raps

Horee, sampe Copenhagen

Sampai di Copenhagen jam 11.30, kami langsung menuju hotel. Sebelumnya nanya dulu di informasi tentang kemana kaki harus melangkah, hehee, eh ternyata hotelnya deket bangeett. Kami nginep di Saga Hotel, sekitar 100 meter dari stasiun. Dalam memilih hotel pertimbangan utama kami cuma harga! wkwk. Jadi nyari hotel cuma asal murah dan deket stasiun aja. Semalemnya sekitar 700 SEK dengan spesifikasi kamar untuk 3 dewasa (1 kasur double, dan 1 kasur single), fasilitas: tv,westafel, handuk, dan shared bathroom. Positifnya deket banget dari stasiun, semua kamarnya nonsmoking, stafnya ramah. Ga enaknya karpetnya debuan euy, idung saya yang sensitip ini jadi hachim-hachim terus.

untung bawa tongsis! hehe

the sisters

Kamar hotel baru siap pukul 14.00, jadi kami cuma titip barang aja terus langsung jalan-jalan. Kami jalan kaki menuju Strøget, pusat pertokoan yang ngehits di Copenhagen. Dalam perjalanan menuju Strøget, kami melewati theme park Tivoli, numpang foto-foto di depannya (soalnya masuknya mihiil dan ga ada waktu ).

Tivoli

Pricelist Tivoli

Strøget

Di Strøget kami makan siang di Restoran New Ankara yang menawarkan buffet seharga 69 DKK (1 DKK= 2100 IDR). Restorannya ada diatas toko pizza, rasanya si standar ya, tapi berhubung perut udah laper berat rasanya laper mata. Semua diambil. Nah, ternyata saya salah strategi, menu protein ditaro diujung meja, piring saya udah keburu penuh sama karbo dan sayur, heu..

Mari kita makan!

kalap bu?

enak ga? enak!

Setelah kenyang kami lanjut ngiderin Strøget sampe akhirnya balik lagi nyari halte bus sightseeing atau bus hop on hop off. Memang sih naik bus ini relatif mihil, tapi berhubung waktu kita sangat terbatas dan biar ga remfong jadilah kita pilih naik bus ini. Enaknya bus hop on hop off ini ngelewatin titik-titik wisata, ada 16 pemberhentian. Kalo cape turun, dari dalem bis aja juga bisa terhibur liat pemandangan tempat wisatanya. Cucok banget de buat para nenek hehe, ga heran isinya ternyata banyak lansia. Waktu di Roma, malah mama dan tante saya manfaatin bus model gini untuk... bobo siang! Wkwkwk.. Kami beli tiket bus yang sepaket sama canal boat tour, total harganya jadi 245 DKK.

Pricelist Bus Hop On Hop Off

Foto dulu sama bus-nya

Oma, itu apa?

Tujuan kami berikutnya adalah naik canal boat tour di Nyhavn. Karena kami sudah beli tiketnya bareng tiket bus sightseeing jadi kami ga perlu beli tiket lagi disana (yaiyalah).. Ternyata pilihan kami tepat sekali, walopun beli tiket canal boat melalui bus sightseeing lebih mahal, boatnya ternyata ada atapnya. Kalo beli tiket biasa boatnya ga pake atap, cuma deretan kursi aja. Jendelanya juga bisa dibuka-tutup kalo sewaktu-waktu hujan. Bener aja di tengah perjalanan turun hujan dan angin superkenceng. Diantara kursinya juga ada aisle, waktu Asiyah bosen bisa diajak jalan-jalan disana.

Canal Boat Tour ini kurang lebih sejam. Pemandangannya cantiik dan keren bingita. Jauh lebih worthed dibanding canal boat tour-nya Göteborg yang jauh lebih mihil. Setelah puas nyusurin sungai dan laut, kita balik lagi ke hotel naik bus hop on hop off tercinta.

Nenek dan bunda sama narsisnya, hehe

Asiyah bosen, digendong Oma sambil nyanyi burung kakak tua

Cantik cantik cantiik..

Alhamdulillah hari ini menyenangkaan, Asiyah juga hepii.. Sampe kami kepikiran untuk nambah hari di Copenhagen lho, sayangnya tiket kereta pulang udah dibeli.

Biar kata hotelnya bintang kejora(?) yang penting hepi ya nduk..

Makasi Bunda, Asiyah diajak jalan-jalan!

Cerita hari kedua menyusul insyaAllah :)


“A journey is best measured in friends, rather than miles.” – Tim Cahill

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia