14 Facts in 11 Weeks

Diary Kehamilan
Minggu 11
Bandung, 29 Maret 2014.

-----
14 hal yang dirangkum disini hanya untuk dokumentasi dan iseng-iseng aja :) sama sekali bukan keluhan atau ungkapan ga senang. tiap detik masa kehamilan ini sangat berharga dan patut disyukuri banyak-banyak.. kenapa 14? ga kenapa-kenapa, hehe, kebetulan yang keingetan sekarang segitu aja.. dan ini dia 14 hal yang terjadi selama 11 minggu kehamilan:

1. menjadi gelonggongan.

hihi.. dulu, saya suka lupa minum #hadeh.. tapi sekarang, sehari bisa 4 botol minum 600 ml yang setara dengan 2,4 L. itu minimal.. biasanya masih suka minum lagi.. aus banget sih ga, cuma rasanya enak aja minum.. seger2 menyegarkan :"D


2. udah naik 4..err..hampir 5kg..

kalo ketemu orang, kata2 "gemukan ya sekarang?" atau "makin tembem aja" adalah hal biasa.. alhamdulillaah :)) asal jangan makanannya semua ke bunda aja ya nak.. seraplah yang baik-baik yang kamu butuhkan :) bunda sisanya aja..


3. mual dan sakit kepala terjadi (hanya) kalau... lapar..

yak, luar biasa, dan lapar ini bisa terjadi sekitar 3 jam sekali.. alhasil saya makan mulu.. minggu-minggu awal tiap laper selalu makan nasi atau yang berat-berat.. akhirnya bb meningkat drastis.. setelah konsul sama dokter, naik kebanyakan juga kurang baik.. jadi sekarang mulai diatur kalo lapar di bukan jam makan (pagi-siang-malam) diakalin makan roti gandum atau pisang atau susu atau cornflakes.. kadang tetep laper si dan berakhir pada beli nasi padang!

minggu ke 7 dan 10 adalah yang paling sering kerasa mualnya.. tp patut disyukuri juga mualnya ga bikin muntah.. alhamdulillah pisan.. karena saya kan seringnya sendiri.. jadi sangat terbantu.. kan, pas banget suami jauh disana, ada aja kemudahan.. Allah yang menjaga :D everything is possible


4. udah dua kali radang+demam dalam (hampir) tiga bulan ini.

keduanya terjadi tepat setelah makan pizza dan teman2nya (chicken wing yang super yummy, dsb). katanya emang daya tahan tubuh selama kehamilan itu menurun. dan mungkin juga saya kurang kuat utk makan pizza.. entah kenapa.. baiklah.. mari sebisa mungkin kita hindari :D kecuali pizza merek lain mereun yak, atau organic pizza? (ada gak yaa?)


5. hasrat memasak menurun drastis.

semester lalu, tiap hari saya ngebekel ke kampus. everyday is masak day.. apa yang masuk ke tubuh saya tau komposisinya. ga lain ga bukan dalam rangka mempersiapkan diri juga kalo suatu saat jadi ibu. tapi pas hamidun ini, hiks, maapkan bunda nak, frekuensi masak memasak berkurang drastis.. kalo dipikir-pikir alesannya selain kemalasan adalah sekarang ga kuat belanja banyak-banyak. ga kuat nentengnya! jadi aja belanjanya dikit2. paling seminggu 3-4 kali masak aja.. semoga makin hari makin rajin dan urusan belanja ini bisa disiasati! dengan belanja dikit-dikit tapi lebih sering kali ya..


6. banyaaak pisan yang bantuin.

emang bener yang bisa menolong kita ya cuma Allah.. ga mesti suami, orang tua, atau temen.. semuanya manusia, punya kekurangan dan keterbatasan. sedangkan Allah, kehendakNya mudah saja terjadi. perantaranya bisa semua orang yang bahkan ga kita duga.

ada kisah mengharukan, di suatu sore yang mulai hujan, ada whatsapp yang masuk:

aul: iie lagi apa? sama siapa? dimana? kangen aku gak?

*iie-nya bangun tidur, masih mengumpulkan kesadaran*

iie: aku pengen sate ayam

*yak, jawaban random yang ga nyambung sama sekali*

aul: haah.. bentar

aul: *ngirim link* itu aku abis googling tempat sate ayam enak di bandung

iie: iya, tapi kepalanya pusing, haha.. ga kuat nyetir.. biarlah dalam bayangan saja, ehehe..


beberapa detik kemudian..

tya: iie, tunggu yaa sate ayamnya.. nanti setelah hujan mereda aku meluncur

*tya dan aul se-kos, mereka memang suka berkomplot membuat saya terharu dan keenakan*

iie: huaa gak usah.. udah malem..

akhir cerita, bada isya, setelah hujan yang ternyata membadai itu mereda, ada sesosok wanita yang ngetuk2 pintu rumah, siapakah gerangan? yak! saudari tya dengan sate ayam digenggamannya.. ia dateng dianter pak dedy, tukang ojek langganan yang nungguin di bawah..

tya: tadinya mau beliin di taman sari aja deket kosan, tapi pas cerita ke pak dedy, langsung diajak ke tukang sate yang katanya paling enak se-bandung.. aku juga ga ngerti itu daerah mana..

-_______-" oke nambah jumlah orang yang direpotin...


---

edisi lain, tau2 ada paket dari tiza
pas dibuka isinya buku nutrisi selama kehamilan yang isinya scientific gitu, dari peneliti harvard.. huaa ini buku dateng pas banget saya lagi super galau karena daya tarik indomi rebus soto pake rawit.. kebetulan saat itu lagi ujan rintik2, klop banget deh sama indomi.. baca buku itu ada quotes yang bikin saya merinding "Apa yang Anda makan membentuk kesehatan bayi Anda seumur hidup." huwaa langsung ilang de bayangan indomie rebus soto pake cabe rawit.. dan langsung merasa bersalah dua hari lalu makan kfc >.> ya Rabb semoga yang baik-baik sajalah yang mengalir padanya.. plasenta, bekerja dengan baik ya!

---

see.. pertolongan Allah luar biasa.. dan juga syukur tak hingga punya sahabat2 berhati tulus seperti mereka.. priceless..


7. pernah baru masuk ruang dokter untuk kontrol jam 12 malam.

yak, dan setelah saya masih ada sekitar 4-5 ibu-ibu yang nunggu giliran. hari itu kebetulan bu dokter abis ada tindakan, jadi yang jadwalnya jam 6 sore jadi baru mulai jam 10 malam.. untungnya kliniknya deket sama rumah.. jadi abis ambil nomer antrian (dibuka ambil nomer antrian jam 5 sore, saya dateng jam 5 sore lebih semenit dapet antrian ke 14), saya pulang dulu dan tidur.. pas udah jam 10 susternya sms bilang dokter udah datang. oke, baru deh capcus.. dan nunggu 2 jam dulu sebelum akhirnya masuk ruangan..

tapi, semua terbayaar begitu ketemu dokter yang super semangat walopun keliatan banget dari matanya kalo beliau cape. namanya dokter widyastuti di kimia farma. suaranya juga masih cetar membahana.. bikin mata jadi jreng lagi..

selain itu, pada pertemuan kontrol kedua sama dokter wid ini, tepatnya waktu usia kandungan 7-8 minggu, dedek udah keliatan jelas, panjangnya 1,51cm waktu itu.. dengan detak jantung 144 bpm.. Allahu Akbar.. semoga Allah menjaga kita selalu


8. udah makan 3 potong ayam kfc, 2 kali pizza hut, dan 0 indomie.

oke yang pertama memang bikin nyesel. kfc pertama karena terpaksa ga ada pilihan lagi untuk ngemil(?) di rest area.. yang bisa drive thru cuma ini.. dan nebeng pula jadi ngikut aja makan apa.. hiks maafin bunda ya nak,, sekali-sekali gpp kok insyaAllah :D

niat cuma sekali makan kfc sirna setelah sekitar di minggu ke 10 kehamilan. waktu itu lagi ga napsu apa-apa, kebayangnya kfc aja.. akhirnya pulang ngampus sempet-sempetin mampir ke kfc dago buat bungkus 2 potong ayam.. 1 dimakan malam itu juga, 1 lagi besok paginya.. heu


9. seneng banget buah tapi seret banget makan sayur.

tiap hari harus ada buah walopun cuma sebiji pisang/jeruk/pepaya/semangka/apel/buah naga.. sebenernya agak ke kompensasi karena kurang selera makan sayur.. hiks.. sayur yang lumayan sering dimakan paling buncis aja.. sama kacang ijo.. kacang ijo sayur bukan si? :))
ada vitamin dari dokter juga diminum tiap hari, tapi baiknya tetep harus makan sayur beneran ya.. ini pr nih, bismillah dulu dahh


10. tiap mulai rajin minum susu berat badan langsung meroket.

awal kehamilan sekitar minggu ke 5 sampe minggu ke 8, saya sangat rajin minum susu hamil 2 kali sehari. tapi karena langsung naik 4 kg dari berat awal saya jadi ragu. saya teh berat naik bukan takut jelek krn gendut, bukan.. tapi justru saya takut bisa nimbulin penyakit yang ga baik semacam diabetes gestasional (eh bener gak sih?). sempet 2 minggu ga minum susu hamil lagi, minumnya ultra aja.. tapi tapi kok asa ada yang kurang, dan takut juga nutrisi kurang (karena suka makan di luar yang ga paham cara masak/komposisinya), jadi sekarang ambil jalan tengah yakni minum susu sekali sehari.. hehe.. mumpung stok masih ada juga..


11. bawaan kangeeeeen berlipat2 sama suami.

sampe wallpaper dan lockscreen hp pake foto berdua yang jelas.. dan suka senyum2 sendiri tiap liat hp -_- tiap mau tidur juga bayangin ayahnya dedek dulu, bayangin ada di samping #eaaa.. terdengar menyedihkan yak.. ga juga ko, masih hepi2 aja.. selama yang jauh disana terus perhatian dan mendoakan juga :)


12. seneng banget makan pempek 10 ulu di jalan veteran.

ini udah 2 hari berturut2 kesana.. minggu lalu juga 2 kali kesana.. seringnya si random aja tau2 pengen, akhirnya pergi sendiri kesana..

pernah juga pulangnya jalan kaki lho sekitar 20 menit sampe rumah.. sebenernya itu karena udah mendung dan ga bawa payung, sedangkan kalo naik angkot lebih muter lagi :))


13. senang menyendiri.

hehe.. entah kenapa suka ada masa-masa saya pengen diem aja sendiri.. ga napsu ngomong(?). tetep bersosialisasi ko.. kadang2.. hee


14. jam 8-9 malam saya udah teler.

kadang malah abis isya udah 5 watt matanya.. tapi enaknya jadi sebelum subuh udah bisa bangun, dan bisa ga tidur lagi sampe pagi.. walopun kalo capek banget tetep si tidur juga dikit, hehe.. sekarang udah mendingan, kalo pas awal2, sekitar minggu ke 4-6 saya siang mesti tidur lagi juga.. dan itu bisa 2-3 jam.. untungnya udah ga ada kuliah, alhamdulillah..


kurang lebihnya itu dulu.. adakah yang samaan? :D #caritemen..

bila Allah mengkehendaki ia lahir dan tumbuh di dunia ini, semoga Ia beri kemudahan dan keberkahan dalam tiap prosesnya.. minta doanya ya semua :) dan mohon maaf bila ada salah2 kata, hhee..

..mensyukuri tiap detik pertumbuhanmu..

Comments

  1. Tentang sayur bener tuh ka, harus coba dikreasikan biar doyan. Ntar kaya saya jadi ga doyan makan sayur gara2 ibu ga doyan pas hamil, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia