koki amatir: somay 'ala' kadarnya


hari ini kuliah selesai lebih cepat dari seharusnya. tiba2 terlintas keinginan utk menghabiskan hari dengan eksperimen di dapur. mampirlah saya ke super*indo, kebetulan stok makanan juga dah menipis. main ambil aja bahan2 makanan2 yang pengen dimakan; somay, martabak, puding roti, sampe bubur kacang ijo. tinggal meringis pas bayar sama ngangkutnya ke kamar *beraat. pelajaran hari ini: hati-hati belanja pas lagi laper.

jadi dulu waktu di gothenburg saya diajarin cara buat somay sama teman2 perantau indo disana hhe (thanks to mba riana, mba rina, & nyai). cuma waktu itu masih bantu2 aja, ga bener2 bikin dari awal sampe akhir. nah dikasi tau mba riana resep lengkapnya disini. tapi saya bikinya ga persis banget karna keterbatasan bahan hehe. pas beli bahan tadi saya pake feeling aja soalnya, baru liat resep lengkapnya di rumah :p

dan inilah penampakannya:
tak ada kulit pangsit, dibuletin aja pun jadi


bahan2 yang dibutuhkan:
udang besar 200 gram; kupas kulitnya.
ikan tenggiri 200 gram; buang kulit&tulangnya, kalo ada fillet lebih bagus.
dada ayam; tapi saya ga pake ini, mau nyobain tanpa ayam enak2 aja apa ga hhe.
bawang putih 3 siung
bawang merah 3-5 siung (atau bisa juga diganti bwg bombay 1/2)
tepung sagu; sekitar 150 gram
minyak wijen 2 sdm; saya ga punya ini, aakk..
minyak ikan 2 sdm; ga punya ini juga, akk.. (akhirnya saya ganti pake kecap asin ajah haha, ya beda2 tipis lah ya *seenaknya*)
garam
gula
merica

caranya:
- haluskan udang, ikan, bawang, dan bumbu2.
- pindahkan ke wadah, campurkan dengan tepung sagu.
- didihkan air, masukan adonan yang dibentuk bola dengan sendok.
- tunggu sampai matang, hidangkan :)

sederhana kaan :D cuma cucian 'piring and friends'-nya yang ga sederhana, haha

untuk saos kacangnya saya pake cara cepat, hihi. sambel pecel dikasi air panas, tinggal ditambah daun jeruk dan perasan jeruk nipis sesukanya. sebenernya saya udah nyiapin bahan2 untuk bikin saos manual, tapi ngeliat blender yang udah di cuci bersih jadi ga tega untuk mengotorinya lagi *halasan

kalo mau lengkapnya mah harusnya diisiin ke tahu, terus juga dibungkus pake kulit pangsit, dikasi telur rebus, kentang, pare, dsb dkk dll. sayangnya saya terlalu malas masak teman2 pelengkapnya. oiya di goreng jadi batagor juga enak :)

duh jadi laper lagi.. semoga bermanfaat ya ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia